News & Event

Velg Ukuran 18 berisiko terhadap Kinerja Mobil dan Keselamatan Pengendara?

Memodifikasi mobil kesayangan kita memang tidak salah, akan tetapi, perlu diperhatikan juga faktor kenyamanan kita dalam berkendara. Jangan sampai memodifikasi mobil, justru kita mengabaikan keselamatan anda.

Seperti halnya, dalam pemilihan pelek dan ban pada mobil anda. Sebesar ukuran apa pelek yang seharusnya dipakai di mobil agar tetap terasa nyaman?

Memang boleh-boleh saja untuk kita mengganti pelek dengan ukuran atau ring yang lebih besar, tapi kita juga harus memperhatikan juga akan kenyamanan kita dalam berkendara.

Karena sering kali kita mengganti ukuran yang tidak sesuai dengan ban sehingga sangat beresiko dan mengancam anda dalam berkendara.

Maka ada baiknya kita mengikuti cara-cara yang aman.  Menurut aturan Asosiasi Ban Indonesia, dalam mengganti pelek dan ukuran ban itu mempunyai rumusnya tersendiri.

Jadi tidak sembarangan kita harus mengganti velg pada mobil kita. Berikut aturan yang sesuai dalam penentuan penggunaaan velg pada mobil kita.yaitu ukuran pelek yang maksimal adalah 2 tingkat saja dari ukuran pelek pabrikan asli.

Sedangkan untuk ukuran ban itu mengikuti dari ukuran ring velgnya. Mesti diingat hal itu merupakan batas aman yang harus dilakukan apabila anda ingin Mengganti Velg pada mobil anda.

Contohnya, bila anda mempunyai jenis mobil Toyota Kijang Innova. Dan anda ingin mengganti velg mobil anda tersebut dengan velg ukuran yang lebih besar.

Pada awalnya Innova memiliki ukuran pelek standar yaitu 15 inci dengan menggunakan ban ukuran 65 atau 65/R15.

Akan tetapi, Jika Anda ingin memodifikasi ukuran velg maka gantilah dengan velg dengan velg yang memiliki ukuran maksimal dam masih dalam batas aman, yaitu velg ukuran 17 inci dan menggunakan ban berukuran 50 atau 50/R17.

Jadi, apabila ukuran ini yang dipakai, maka mobil anda ini masih dapat digunakan dengan nyaman dan aman,.

Akan tetapi, jika anda memaksakan menggunakan velg yang lebih besar, misalnya ukuran velg sampai 18 inci, maka siap-siap saja anda menanggung risiko dari penggunaan velg ukuran tersebut.

Maka mobil anda akan mengalami gejala seperti berkut,  mobil anda akan kurang nyaman pada starter awal atau di saat tarikan awal mobil anda akan  terasa berat.

Karena mesin akan memutar ban yang berukuran lebih besar. Selain itu juga pada speedometer mobil anda akan mengalami pengurangan dari standarnya.

Contohnya di saat mobil anda seharusnya melaju dalam kecepatan 100 km/jam, akan tetapi kenyataannya pada speedometer mobil anda hanya di bawah 100 km/jam.

Dan  juga bila seandainya anda tetap memaksakan untuk tetap menggunakan velg yang berukuran 55/R18. Maka mobil anda dipastikan seperti tidak memiliki suspensi, karena ban yang terlalu tinggi akibat ukuran velg yang terlalu besar dan dapat mengakibatkan bodi mobil menjadi tersentuh

Jadi, Anda boleh memodifikasi mobil anda asalkan tetep mengutamakan factor keselamatan dan kinerja mobil.

Tentunya, kita tidak ingin kan, kalau awalnya kita ingin membuat mobil menjadi lebih menarik. akan tetapi pada akhirnya yang didapat bukan hasil yang lebih bagus, melainkan menggangu kinerja pada mobil anda dan bahkan dapat mangancam keselamatan anda. Jangan sampai hal itu terjadi pada anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.