Artikel

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan Ilustrasi

Merawat mobil di musim hujan bisa dilakukan mulai dari mengganti wiper, mirror rain block untuk spion, hingga pengecekan rem

Perawatan mobil saat musim hujan berbeda ketika pada saat musim kemarau. Tingkat kelembapan udara, keadaan jalanan, dan cuaca yang berbeda membutuhkan jenis perawatan mobil yang berbeda pula. Hal pokok yang perlu diperhatikan baik saat berkendara ataupun dalam merawat mobil di musim hujan harus tetap diperhatikan oleh pengguna. Misalnya, berkendara saat hujan menyebabkan kaca spion, ban dan rem basah, juga karet pada wiper kesat, serta kaca berembun akan mengganggu perjalanan.

Untuk mengatasi masalah mobil saat musim hujan seperti kaca berembun, dapat diatasi dengan tetap menyalakan AC yang membuat suhu di dalam mobil sesuai dengan suhu di luar mobil. Jika suhu dalam mobil lebih hangat dari suhu di luar mobil, maka kaca akan berembun dan dapat menganggu pandangan pengemudi. Sementara untuk masalah pada karet wiper di kaca depan yang kesat, tentu akan mengganggu proses pembersihan air hujan dari pengemudi dan menghambat bahkan dapat membahayakan penumpang. Ganti karet wiper jika sudah tidak berfungsi dengan baik dan lakukan pengecekan secara rutin. Kaca spion basah juga akan menggagngu kinerja pengemudi. Oleh karena itu, siapkan mirror rain block atau topi spion yang menudungi kaca spion dari guyuran air hujan. Selain itu, siapkan juga lap di mobil untuk membersihkan kaca spion. Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya yaitu jalanan basah akan membuat rem tidak bekerja maksimal. Oleh karena itu, selalu pastikan mobil dalam performa yang baik dan maksimal di setiap perjalanan. Setelah mengantisipasi perjalanan di musim hujan, perawatan mobil sehari-hari saat musim hujan juga tidak kalah penting. Laman Deltalube melansir beberapa hal penting dalam merawat mobil saat musim hujan.

Rajin mencuci mobil

Jika mobil terkan air hujan, jangan biarkan air tersebut sampai mengering di mobil, karena kotoran yang menempel dapat berbekas di bodi mobil dan lama-kelamaan dapat menyebabkan kerusakan. Gunakan spons lembut dan sabun khusus untuk mobil saat membersihkan. Jika hanya terknea guyuran air hujan, cukp bilas mobil dengan air dan lap mobil hingga kering. Pada bagian kaca mobil dan karet di sela-sela kaca, semprotkan silcon spray untuk membuatnya elastis dan mencegah kebocoran kaca mobil.

Sediakan Karpet di dalam mobil

Lantai mobil akan cenderung basah di musim hujan karena penumpang masuk dengan alas kaki basah. Melapisi lantai mobil dengan karpet dapat mencegah perkembang biakkan jamur di lantai mobil. Siapkan karpet yang dapat dikeluarkan dan dicuci dengan mudah, untuk menghindari air bersentuhan langsung dengan lantai mobil.

Parkir mobil di garasi

Baik di rumah, maupun di tempat-tempat umum, usahakan mencari tempat parkir mobil di garasi atau basements, sehingga meminimalisir guyuran air hujan. Jika tidak menemukan, dan mobil ditinggal untuk waktu lama, pastikan tutupi mobil dengan cover mobil.

Aplikasikan Coating pada bodi mobil

Sebagai tambahan, lakukan coating pada cat bodi mobil dengan tujuan agar mobil lebih mudah dibershakan dan tidak mudah kotor saat terkena cipratan genangan air jalanan atau air hujan.

Editor : Dodi Agus S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *