News & Event

Tips Mengatasi Saat Mobil Mogok Dalam Perjalanan

Saat dalam peerjalanan dan tiba-tiba saja mobil yang anda kendarai mendadak mogok. Nah, Apa yang seharusnya Anda lakukan jika dalam kondisi seperti ini?..Kali ini kiosban.com akan memberikan beberapa tips untuk anda simak berikut ini :

  • Usahakan pinggirkan Kendaraan lalu parkir pada tempat yang aman dan datar.
  • Beri tanda atau nyalakan Lampu Hazard.
  • Pasang tanda seperti Segitiga Pengaman.
  • Tunggu sampai Temperatur Mesin dingin, lalu periksa Kendaraan dari beberapa gejala kerusakan sebagai berikut :

1. Mesin Panas (Overheat).

Periksalah kemungkinan penyebabnya adalah Air Radiator kurang/habis, Tali Kipas kendur/putus dan Motor Kipas (Radiator/AC) tidak berfungsi.Apabila Air Radiator berkurang/habis, periksa gejala kebocoran pada Radiator, Selang Radiator dan Sistim Pendingin lainnya pada Mesin.

2. Lampu Indikator Oli Menyala.

Periksalah kemungkinan penyebabnya adalah Oli Mesin yang berkurang. Tarik Stick Oli Mesin dan periksa atau tambahkan Oli hingga mencapai diantara Tanda Full & Low.

3. Lampu Indikator Aki Menyala.

Periksalah kemungkinan penyebabnya adalah Tali Kipas kendur/putus, Sikring putus, Kabel Aki kendur, Alternator/Aki rusak.

4. Kopling Aus/Slip.

Jika gejala yang timbul biasanya Kendaraan tidak dapat berjalan cepat atau kondisi menanjak tidak kuat yang disertai dengan adanya bau tidak enak (Kopling hangus).

5. Rem Macet.

Jika gejala yang timbul biasanya Kendaraan terasa berat/tidak bisa berjalan, Tromol dan Velg Roda panas. Rem macet bisa juga mengakibatkan Kopling Aus/Slip.

Saran : Persiapkan dengan baik kondisi Anda sekeluarga dan siapkan keperluan lainnya seperti Kotak P3K, Lampu Senter, Tambang, Sikring, Minyak Rem & Oli Mesin Cadangan, dan sebagainya. Pastikan untuk membawa Daftar Pos dan Bengkel Siaga 24 Jam. Demikianlah tips dari kami dan semoga bermanfaat. (suk.042)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.