News & Event

Tips Darurat Ketika Kabel Kopling Sekarat

Banyak pengendara yang masih bingung ketika kabel kopling tiba-tiba putus di tengah jalan. Nah,dalam situasi seperti itu, memang sangat merepotkan bagi pengendara. Sebab peran kabel kopling sangat penting dalam menghubungkan maupun melepas putaran mesin dan persneling. Pada saat kabel kopling putus otomatis sistem penggerak tidak dapat berfungsi secara normal. Perpindahan gigi pun menjadi terhambat.

Sebab selalu dalam keadan posisi tertarik dari dua ujung yang berlawanan (pedal kopling dan garpu pembebas) kabel kopling memang sangat mungkin putus. Apalagi jika usia komponen ini sudah relatif tua. Kabel kopling dapat juga putus jika kurang pelumasan.

Oleh sebab itu dalam banyak tips biasanya pengendara disarankan (apalagi bagi Anda yang akan menempuh perjalanan mudik) untuk melengkapi kendaraan dengan kabel kopling cadangan. Jadi apabila sewaktu-waktu putus di tengah jalan, dapat segera dilakukan penggantian dengan kabel kopling cadangan.

Akan tetapi jika terlupa dan terjadi kasus yang kurang menguntungkan seperti ini kita tidak perlu panik. Berikut ini adalah cara darurat yang dapat kita lakukan ketika kabel kopling sekarat:

Matikan mesin sehingga penggerak tidak berputar.

Masukkan perseneling ke gigi percepatan 2, kemudian hidupkan mesin. (Jika gigi 1, kecepatannya akan tidak stabil atau ‘ajrut-ajrutan’)

Jalankan kendaraan selama perjalanan dengan gigi perseneling 2 tersebut.

Jalankan kendaraan pada jalur lambat dan hindari jalur dengan kendaraan sering berhenti atau macet.

Jagalah jarak aman sekitar 40-100 meter dari kendaraan di depan anda.

Tapi ingat, cara ini hanya untuk kondisi darurat saja. Hanya bisa menjadi alternatif bila jalanan relatif lengang. Segera ganti bila telah menemukan bengkel atau tempat yang memungkinkan penggantian kabel kopling. (suk.056)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.