News & Event

Tips dan Trik Mengganti Ban Bocor Saat Berpergian

Menjelang akhir pekan biasanya refreshing dengan cara berpergian mengunjungi tempat-tempat tertentu telah menjadi solusi utama bagi sebagian masyarakat untuk melepas penat dari kehidupan monoton yang terkadang melelahkan. Akan tetapi, sejumlah halangan atau situasi yang tidak dinginkan saat berpergian tentu saja menunggu kita di jalanan, diantaranya ban mobil bocor diengah jalan.

Nah, untuk itu ada baiknya bagi pengendara untuk mengetahui bagai mana cara menangani situasi ‘wajib’ tersebut dan supaya rencana berlibur anda tetap berjalan lancar dan mengembirakan. Sebenarnya situasi dalam menangani ban bocor ditengah jalan ini sudah dibeberkan dalam ‘buku manual pemilik kendaraan,baik itu langkah-langkahnya, alat yang diperlukan hingga posisi tempat dongkrak serta posisi dimana harus mendongkrak. Berikut ini kangkah-langkah mendalaminya,

1. Cari tempat. apabila ban bocor anda sebenarnya masih bisa mengemudikan mobil, tidak harus langsung menepi. Jadi masih bisa untuk mencari tempat yang aman untuk mengganti ban. Yang pertama adalah pastikan tempatnya datar, bukan di tanjakan/turunan. Kedua ada ruang yang cukup untuk kerja dan aman dari resiko tertabrak kendaraan lain.

Setelah anda menepikan mobil, pasang rem parkir. Apabila menggunakan transmisi matik, posisikan tuas di P. Jika transmisi manual, posisikan di R. Jangan lupa pasang segitiga pengaman dalam jarak 10 – 15 meter dari mobil serta lampu hazard. Ini untuk memberi peringatan bagi pengendara mobil lain. Jika perlu, ganjal roda-roda lain dengan batu, khususnya roda dengan posisi diagonal.

2. Siapkan alat-alat. Selain alat-alat dan dongkrak, juga ban cadangan. Pastikan semua alat yang dibutuhkan tersedia .

3. Longarkan baut. Sebelum pasang dongkrak, mulailah dengan melonggarkan baut-baut roda. Putar berlawanan arah jarum jam. Jika perlu gunakan kaki untuk melonggarkan baut. Longgarkan tapi jangan sampai lepas.

4. Dongkrak mobil. Setelah baut-baut longgar, mulai mendongkrak mobil. Posisikan dongkrak di tempat yag telah ditentukan di buku manual. Jika tidak, bisa merusak mobil. Dongkrak mobil hingga ban menggantung.

5. Lepas ban. Lepas baut dengan tangan dan letakkan di tempat yang aman, kalau perlu dikantong. Lalu lepaskan roda.

6. Pasang ban cadangan. Pasang ban cadangan, lalu pasang baut-bautnya dan keraskan dengan tangan. Putar baut searah jarum jam. Urutan baut yang dikencangkan bersilangan. Jangan berurutan.

7. Lepas dongkrak. Setelah ban terpasang, turunkan dongkrak dan kencangkan lagi baut, jika perlu dengan kaki. Setelah mengemasi peralatan dan meyimpan ban yang bocor, anda bisa melanjutkan perjalanan. Segera ke bengkel langganan untuk memeriksa ban dan menambal ban yang bocor. (suk.017)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.