News & Event

Tips Aman Mengemudi Saat Turun Hujan

Pada musim hujan saat ini, kita memang dituntut untuk lebih berhati-hati pada saat mengemudikan kendaraan ditengah derasnya guyuran hujan. Sebab dalam kondisi jalan yang licin dan jarak pandang pun menjadi terganggu akibat dari curahan air hujan. Berikut ini kiosban.com ada bebrapa tips yang berguna untuk Anda saat mengemudi dalam kondisi hujan :

1. Jagalah jarak mobil Anda dengan kendaraan yang lainnya untuk keperluan pengereman.

2. Jika pada saat hujan baru mulai turun, akan terjadi hydroplaning (hilangnya daya lekat permukaan ban dengan permukaan jalan) yang disebabkan oleh terbentuknya lapisan film. Hal ini akan menyulitkan pengendalian setir dan pengereman kendaraan. Untuk mencegah hal tersebut turunkan kecepatan kendaraan Anda saat permukaan jalan mulai licin.

3. Dalam kondisi jalan yang telah basah atau licin, kecepatan kendaraan harus diperlambat untuk menghindari slip saat rem diinjak.

4. Usahakan untuk mengatur kecepatan kendaraan dan jangan melakukan akselerasi yang berlebihan, pengereman tiba-tiba atau membelokkan stir secara tajam (membanting setir).

5. Dalam kondisi jalan yang telah basah atau licin, gunakan tenaga pengereman mesin (engine brake) dengan cara memindahkan gigi tinggi ke gigi yang lebih rendah, hindari pengereman secara mendadak.

6.Hindari perjalanan apabila permukaan air telah sampai pada batas lubang knalpot, dan terlebih lagi jika permukaan air telah sampai pada lantai bodi.

7. Karena pada kondisi hujan fungsi rem tidak seperti pada kondisi tidak hujan, kurangi kecepatan kendaraan dan gunakan transmisi pada gigi max 4, untuk memperoleh engine brake. (suk.054)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.