Artikel

Tips Tetap Aman Menaikan Ukuran Velg Honda Brio

jual velg mobil honda brio

Velg mobil Honda Brio – Memodifikasi mobil merupaka hobi yang terbilang cukup dapat menguras isi dompet sangat dalam. Namun jika kita tahu aturan dan juga kualitas dari komponen – komponen yang akan kita ganti atau modif pastinya sedikit banyak akan membantu anda mengurangi beban biaya untuk hobi yang satu ini. Memodifikasi mobil memang memerlukan anggaran atau biaya yang cukup banyak, namun setelah anda memodifikasi pastinya semua itu terbayarkan dengan tampilan yang sangat sporty dari mobil anda.

Velg Torsion

Mengganti velg mobil merupakan salah satu modifikasi paling simple dan tidak terlalu banyak membeli komponen – komponen tambahan. Dengan hanya mengganti velg original dengan velg racing pasti tampilan atau visual luar mobil anda semakin bagus dan sporty.

Honda Brio Kalahkan Avanza

Kali ini Om James akan membahas salah satu mobil mini city car milik Honda, yang tidak hanya memiliki tampilan eksterior cukup stylish namun juga dengan body nya yang mini, mobil ini cocok sekali dipakai untuk mejeng di beberapa tempat hits di kota – kota besar seperti jakarta.

Yap benar sekali, Honda Brio. Seperti yang Om James bilang di atas, Honda Brio sendiri merupakan salah satu mobil mini city car yang paling banyak di pilih oleh remaja – remaja masa kini, yang pastinya memiliki rasa gengsi yang cukup tinggi. Tidak hanya karena tampilan mobilnya yang sudah bisa di bilang cukup stylish, namun mobil ini juga sangat gampang untuk “di ajak gaul”.

Iklan: Toko Online Otomotif Murah dan Terpercaya hubungi 0857-7070-8699 E-mail: sales@kiosban.com

Bagaimana caranya ? caranya cukup mudah, untuk seukuran mobil mini citycar, Honda Brio memang sudah memiliki tampang yang sylish, namun .. Masih ada namunnya disini hehe, untuk Honda Brio sendiri, mobil ini masih menggunakan velg yang “biasa saja”. Kenapa Om James menyebutkan seperti itu, karena tidak sedikit rekan – rekan Om James yang bertanya “ada ga sih promo untuk Velg Honda Brio” , “min saya ingin ganti velg Honda Brio saya dong, ada ga ?” dan sebagainya. Pertanyaan – pertanyaan seperti ini sering datang ke Om James dan setelah melakukan pergantian, mereka semua terlihat lega dan puas dengan hasilnya. Untuk agan – agan yang ingin mengganti velg standard Honda Brionya seperti rekan – rekan Om James yang sebelumnya, berikut tips dari Om James.

Velg Dengan Harga Terbaik

Untuk velg mobil Honda Brio, ukuran standart dari velg ini sendiri yaitu 14 inci dengan PCD 4×100 dengan ukuran ban standart nya yaitu 175/65 R14. Banyak pengendara mobil Honda brio kurang puas dengan ukuran velg standart yang di berikan oleh Honda ini. Jadi banyak juga pengendara yang langsung memutuskan untuk mengganti velg original equipment manufacturer nya dengan velg racing.

Om James sangat menyarankan anda untuk tidak hanya mengikuti tren, namun anda juga diharuskan menyesuaikan dengan ukuran original nya agar tidak mentok ketika bermanufer. Banyak juga pengendara brio yang menggunakan velg aftermarket ataupun velg racing berbagai ukuran dari 15 sampai 18 inci. Dan ukuran ban yang digunakan mulai dari 195/45 hingga 215/35.

Om James menyarankan untuk mengganti velg dengan ukuran yang standart saja. Jika anda ingin menaikan ukuran velg mobil anda, Om James sarankan untuk tidak menaikan jauh dari ukuran originalnya. Maksimal untuk mobil Honda brio ini menggunakan velg ukuran 15 sampai 17 inci. Ukuran ini merupakan ukuran yang Om James rasa pas dan tidak mentok saat ingin bermanufer.

Harga Ban Mobil Terbaru

Jika anda memaksakan untuk mengganti velg dengan ukuran 18 inci anda akan merasakan sendiri bagaimana kekurangan nya. Memang ukuran velg 18 inci ini tidak mentok saat menikung, tetapi bantingan terasa mentok pada kecepatan di atas 120 km/jam. Dan ini akan lebih bahaya lagi ketika anda melewati jalan yang berlubang atau tidak rata.

Jadi, sekali lagi, untuk anda yang ingin merubah tampilan Honda Brionya menjadi lebih baik lagi, Om James sarankan untuk merubah tampilan visual velg Honda Brio anda, dari yang satandard (OEM) ke velg mobil yang lebih memiliki nilai visual lebih tinggi. Om James ingatkan sekali lagi, pada saat pergantian velg, ikuti saja aturan main dari rekan – rekan yang sudah melanglang buana di dunia otomotif hehe .

Om James ulang ya , untuk Honda Brio, ukuran standard Velg nya yaitu R14, nah dari sini kita sudah bisa punya pegangan bahwa maksimal ukuran yang bisa digunakan untuk Honda Brio yakni 15 atau 16 inc (maksimal). Lebih dari itu, Om James bisa bilang, tidak safety dan sangat – sangat tidak recommended. Kenapa ? jelas, ukuran tersebut akan sangat mengganggu sistem handling dari mobil, bukan hanya itu, masih banyak lagi resiko – resiko yang berbahaya jika hal ini benar – benar agan terapkan .

Segitu dulu Tips dari Om James, salah – salah kata mohon di comment di bawah. Karena Om James hanya OM OM biasa yang punya banyak salah 😀

Baca Juga :

70 thoughts on “Tips Tetap Aman Menaikan Ukuran Velg Honda Brio

  1. Iskandar berkata:

    Om …saya punya brio rs 2021.
    Kalo bannya di ganti dari 185/55 r15 jadi 185/65 r15 masih nyaman nggak ya.terima kasih

    1. Selamat sore, takutnya mentok aja pak dan nanti agak bulat

  2. rian berkata:

    Selamat pagi ijin bertanya, kalau all new honda brio paka velg kaleng mobilio R15 ukuran 185/65 itu masih aman?

    1. Hai, Selamat Pagi Pak Rian! Untuk Mobilio Sendiri Ukuran Ban OEMnya adalah 185/65 R15 Jadi aman ya kak…

  3. Dodon berkata:

    Pagi om.. brio satya2017 saya mau pakai ring 15 pcd 4 lebar velg nya 6,5 pakai ban 185/60 masih bisa gak ya?? Tujuannya agar tidak gasruk dan ceper aja ..trims

    1. isga berkata:

      tidak disarankan gan, gunakan ring yang ukuran 14 inci saja ya

  4. Zainal berkata:

    Maaf mau tanya Om. Klu Brio Satya e cvt mau ganti velg Yaris heykers R16 195 / 50 saat penumpang 5 orang mentok gak ya om. Mohon pencerahannya. Terimakasih

  5. Faisal berkata:

    mau tanya untuk brio satya, velg ring 15 cck tdk yah klu pakai ukran ban 195/55 ? t

    1. isga berkata:

      Bisa juga karena itu satu paket

  6. A. Pandi berkata:

    Selamat pagi, jika brio ingin pakai R16 bisa menggunakan ban Honda Jazz gan ???? Untuk lebar velgnya bisa pakai (7 – 7.5 inch) dan lebar ban atau ukuran bannya bisa pakai 185/55r16. Ini. apakah band sirapnya masuk di tempat bagasinya. Trims,

    1. isga berkata:

      Hai Ka, untuk brio bisa menggunakan velg jazz 185/55r16

  7. Fahdina berkata:

    Mau tya om agar honda brio lbh tinggi selain dari ganti velg apalagi y om? Trm ksh

    1. Guruh Ediana berkata:

      Salah satu pilihan yang bisa bapak pakai yaitu menggunakan spring buffer. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi cs kami di 0857 – 1111 – 1475

  8. Rian berkata:

    Brio all new type satya,kira kira klu upgrade velg 16,ukuran dan dan lebar velg cocok untuk muatan full penumpang biar ngga mentok,apa ya?????????

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, untuk Brio pakai R16 kami sarankan pakai ukurannya honda jazz rs pak. 185/55r16 itu masih bisa masuk dan aman.

  9. Denni Dwi Pangestu berkata:

    Om mau tanya, kalo brio satya pake velg jaz ring 16 itu kalo muatan full 5 orang dengan bagasi penuh gasruk gak ya ke fender, mohon pencerahannya om ????

    1. Guruh Ediana berkata:

      Harusnya sih masih engga ya pak, bannya pakai ukuran jazz RS juga kan ya? 185/55r16

  10. Bintang berkata:

    Kalo velg r15 et38 dengan ban uk 185/60 masih aman gak, soalnya sudah terlanjur beli

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi pak, jika ingin rubah ukuran bisa pakai ukuran honda brio rs yaitu 185/55r15.

  11. Jaka berkata:

    Mas kalo brio satya pake velg oem freed pake ban bawaannya 185/65 R15. . Apakah masih aman??

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, kalo mau pakai ban brio rs pak ukurannya 185/55r15 🙂

  12. Bambang berkata:

    Velg standart brio satya R14 dan ukuran ban 175/65 apa bisa diganti ban yang lebih lebar misal 185/60. Terima kasih

    1. Guruh Ediana berkata:

      Kalo mau pakai ban standar Brio RS pak di 185/55r15

    2. Tri wijayanto berkata:

      Bisa dan nyaman, sy pake ukuran itu

  13. Muhammad Desiansyah berkata:

    Hallo om, mau tanya” om..
    Untuk spek yg ccok velg r16 beserta offsetnya dan ban yg ccok untuk all new brio 2019 gimna yaa om, msih bingung soalnha..mna pndatang bru di duina otomotif..

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, saran dari kami, jika brionya ingin di up ke ring 16 ukuran bannya bisa pakai 185/55r16 pakai punya honda jazz RS. Untuk velgnya bisa pilih yang lebarnya 6-6.5 inch.

      1. Ade ferdian berkata:

        Kalau kira2 lebar 7 gimna om?
        Apa ada efek nya

        1. Guruh Ediana berkata:

          Jika menggunakan lebar 7inch kami khawatir mentok pak. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi cs kami di 0857 – 1111 – 1475

  14. Atmoko berkata:

    Mau tanya donk kalau Brio 2012 yang awal nya 175/65 R14 saya ganti velg dan ban Jazz dengan ukuran 190/50 R16 masih aman dan tidak mentok kan?

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, kami belum bisa pastikan jika pakai 195. Jika ingin pakai ban Jazz, bisa pakai ukuran standarnya jazz 185/55r16.

  15. Sendy berkata:

    Om kalo ganti velg pake R15 pake ban orsinil dari hondanya masuk ga om?

    1. Guruh Ediana berkata:

      Sudah pasti tidak gan. Karena beda ukuran

  16. pelpel berkata:

    Mau tanya mas..brio pakai velg 14 ORI Honda Jazz RS yang ukurannya 185/55 R16, untuk perjalanan jauh (isi 4 orang dalam mbl) apakah safety??thx sebelumnya

    1. Guruh Ediana berkata:

      Hallo, bisa banget gan. Masih aman juga (asalkan kondisi kaki – kaki masih bagus). Kalo mau lebih aman lagi, kami sarankan pakai spring buffer, agar tidak gasruk. Kebetulan kami lagi ada promo, untuk tanya – tanya bisa langsung whatsapp ke 0857 – 1111 – 1475.

      1. Meriato berkata:

        Mau tanya bisa kita ganti ban mobil brio dgn ban mobil avanza , apakah ada efek sampingnya ngya nga… Tks

        1. Guruh Ediana berkata:

          Selamat pagi, bisa asalkan kaki – kakinya masih normal dan belum ada kerusakan.

  17. Rudee Prahara berkata:

    selamat siang…mo nnya om, sama dg beberapa pertanyaan terkait GC brio satya…punya saya krn pake bemper depan mobilio facelift jadi’y masuk garasi nggasruk (krn sudut garasi saya cukup tinggi)…jadi mohon saran lebih baik ganti ban 185/55 R15 atau memakai spring buffer?terimakasih

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, seperti jawaban – jawaban kami sebelumnya. Mengganti ukuran ban mobil dengan maksud menambah GC mobil itu kurang efektif. Apalagi jika ganti ke ukuran profile yang lebih tipis (185/55r15). Solusi dari kami seperti yang agan bilang, bisa menggunakan spring buffer. Kebetulan kami sedang ada promo untuk spring buffer. Untuk mengetahui promonya apa, silahkan menghubungi cs kami di 0857 – 1111 – 1475

  18. Rizal berkata:

    Agar posisi vleg blakang aga keluar pake center ring brp yah..
    Posisi velg jazz vtek r15..ban 185/55.

    1. Guruh Ediana berkata:

      Mohon maaf untuk hal tersebut kami belum bisa bantu jawab, karena kami belum memiliki pengetahuan dan pengalam di bidang tersebut 🙂

  19. Ary berkata:

    Om…mau naxa..klau brio satya pake ukuran ban 195/50 velg ring 15 Dengan ukuran tapak 7 inci..cocok gak om..gmana safetyx.mohon infox om.trima kasih.

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, untuk ukuran tersebut kami tidak menyarankan ya gan, karena beberapa kali coba ternyata nyangkut ke vender. Solusinya sih bisa pakai ban brio RS yaitu 185/55r15 dengan lebar velg 7″ harusnya masih aman.

      1. Adi berkata:

        Klu r15 185/60 nyaman g y
        Krn klu 185/55,,,jadi keras klu jalan berlubang

  20. Yudi berkata:

    Kalau velg racing r14 di pake ban 185 60 kira kira nyaman yg mana ya om…sama 175 65…di honda brio

    1. Guruh Ediana berkata:

      Hallo, untuk honda brio jika ingin di naikan masih bisa pakai 185/70r14 ko gan 🙂 Dengan syarat kaki – kakinya masih dalam kondisi yang baik.

  21. Herman berkata:

    Oom Kios Ban, Brio 2013 mau diganti velg Brio RS dengan ban 185/65/15 bisa Oom ???

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi Om Herman, jika ingin diganti menggunakan velg Brio RS kami sarankan bannya juga disamakan dengan Brio RS saja ya. Jadi pakai ukuran 185/55r15 🙂

  22. Diky berkata:

    Mau tanya nih kalo untuk mobil brio satya 2015 velg r14 dikasih ban 185/65 masih masuk ga yah? San apakah aman dan nyaman? Kelebihan dan kekurangannya apa ya? Soalnya sudah terlanjur membeli. Terimakasih

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, masih bisa masuk ko gan, masih aman. Pakai ukuran 185/70r14 juga masih bisa 🙂

  23. Daniel Nicola berkata:

    Maaf mau tanya, kalau upgrade ke R15, rekomendasi ban yang sesuai atau stndar di ukuran berapa ya?

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, bisa menggunakan ukuran 185/55r15 gan, bawaan Honda Brio RS. Pilihan bannya ada :

      1. Bridgestone Techno Tecaz 185/55R15 602.000/pcs
      2. Bridgestone Turanza T005A 185/55R15 889.000/pcs

      Harga tersebut per september 2019

      1. Rizal berkata:

        Klo pake r15 185/55 pake center ring brp untuk yg ban blakang agar tidak terlalu masuk ke dalam..

        1. Guruh Ediana berkata:

          Mohon maaf untuk hal tersebut kami belum bisa bantu jawab, karena kami belum memiliki pengetahuan dan pengalam di bidang tersebut ????

  24. Aswar berkata:

    Ukuran velg dan ban yg pas untuk brio cbu agar sedikit lebih tinggi untuk sdikit mngurangi gasruk.. mohon infonya bang ????

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, biasanya sih kami lebih merekomendasikan menggunakan spring buffer dibandingkan harus mengganti ukuran ban mobil. Kenapa? Karena kalaupun menggunakan ukuran yang lebih tinggi, misalkan pakai ban avanza (185/70r14), itu takan merubah banyak ketinggian mobil.

      1. Raiarga berkata:

        Kalau pakai spring buffer baiknya dipasang depan dan belakang atau cukup salah satunya kak?

        1. Selamat siang, lebih baik dua-duanya ya kak

  25. Umar alfauzi berkata:

    Om kalo pake velg R16. Lebar 7/8,5. Pcd 4×100-114
    Ukuran ban 195/50 Aman ga ya om.
    Mohon sarannya om ????

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, untuk ukuran 195, kami belum pernah coba dan sepertinya mentok gan. Kemungkinan untuk amannya, agan bisa pakai velg dari Honda Jazz RS yang ukurannya 185/55r16. Ini kami sudah pernah pasang, dan masih sangat aman.

  26. safa berkata:

    halo om.. ijinkan saya bertanya..
    jika velg brio satya di ganti velg brio rs apa masih perubahan yang harus dilakukan ? apa bisa pnp

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, bisa gan. Yang penting ban yang di brio satyanya juga diganti ke ban brio rs.

  27. Riedo Manroe berkata:

    Kalo pake r16 195/50 et 30 belang 7.5-8.5 aman gak om? Rencana Brio sy mau diganti sepatunya pake UK itu. Thanks.

    1. Guruh Ediana berkata:

      Hallo gan, lebar 7.5 – 8.5 itu untuk brio cukup besar. Memang benar ukuran bannya jadi 195 tapi, dikhawatirkan mentok. Kami sarankan cari velg yang lebarnya itu 6.0 – 7.0 inch saja. Mentok – mentok di 7.5inch.

      Atau, jika ingin pakai velg r16 bisa contek ukurannya Jazz RS standar. Ukuran bannya 185/55r16.

  28. Ziemam dante berkata:

    Bang bisa gak klo misal velg brio standart diganti velg racing ring 15 bekas mobil livina??

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, kalo boleh tau velg racing r15nya lubang berapa?

  29. Eko berkata:

    Mohon info jika brio mau pake ring 16, berapa lebar velg dan lebar ban yang paling nyaman dan safety tentunya. Trims

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, jika brio ingin pakai R16 bisa menggunakan ban Honda Jazz gan 🙂 Untuk lebar velgnya bisa pakai (7 – 7.5 inch) dan lebar ban atau ukuran bannya bisa pakai 185/55r16. Ini sudah safety dan standard comfort.

  30. Tedder Lesmana berkata:

    Maaf om sy justru pgn brio keliatan memiliki ground clearance tinggi, standarnya kan utk tipe E Satya 175 65 R14 kira2 diganti jadi 185 70 R14 atau 185 75 R14 masih dalam batas normal enggak? Thx om

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi,
      Yang pertama, ban ukuran 185/75 itu tidak ada.

      Yang kedua, jika dipasangkan ukuran 185/70r14 masih bisa. Namun balik lagi, apakah sistem suspensi Bapak masih bagus atau tidak? Kemudian apakah mobil sering membawa penumpang dengan jumlah yang banyak atau tidak? Karena, jika suspensi atau mobil sering terisi full, dikhawatirkan mentok.

      Yang ketiga, jika alasan menaikan ukuran ban untuk mendapatkan ground clearance yang tinggi itu tidak akan berdampak signifikan.

      Begitu kira – kira masukan yang bisa kita kasih untuk Bapak.

      Alasan Bapak menaikan ground clearance Brio apa ya?

      1. Tedder Lesmana berkata:

        Trims pak Guruh masukannya, sy pengen dapet ground clearance agak tinggi itu biar mobil gak gampang gasruk gituh lho pak, mohon masukannya, trims

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *