Artikel

Tips Aman Berkendara Saat Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Tips Aman Berkendara Saat Mudik

Tips Aman Berkendara Saat Mudik Menggunakan Mobil Pribadi – Hallo, balik lagi sama Om James disini. Bagaimana kabar kalian? Apakah baik – baik saja? Bagaimana juga puasa kalian guys? Apakah aman terkendali?

Ngomong – ngomong soal bulan puasa, bulan yang satu ini merupakan salah satu bulan paling istimewa bagi masyarakat muslim. Salah satu hal yang membuat bulan ramadhan terasa sangat istimewa adalah Hari Raya Idul Fitri atau lebaran.

Pada moment special ini, biasanya banyak masyarakat yang masih memiliki sanak keluarga di kampung, melakukan satu tradisi yang tidak pernah dilewatkan. Apakah itu? Yap, benar sekali. Mudik, mudik adalah salah satu tradisi yang tidak bisa lepas dari Hari Raya Idul Fitri atau lebaran.

Persiapkan Mudik Anda

Mudik sendiri merupakan istilah yang diberikan untuk masyarakat yang melakukan pulang kampung, dari kota ke daerah masing – masing atau sebaliknya. Nah, agar tidak repot dan sampai dengan waktu yang tepat, biasanya para pemudik menggunakan alat transportasi umum seperti kereta, pesawat atau bus.

Namun, dikarenakan sangat banyaknya pemudik yang menggunakan alat transportasi umum, alhasil semua tiket transportasi umum sudah ludes. Jika sudah seperti ini, mau tidak mau kita harus berkorban menggunakan alat transportasi lain seperti, mobil pribadi.

Nah, agar terhindar dari hal – hal yang tidak di inginkan, Om James punya beberapa tips aman berkendara saat mudik menggunakan mobil pribadi. Penasaran? Simak selengkapnya disini.


Tips Aman Berkendara Menggunakan Mobil Pribadi Versi Om James

Seperti yang sudah Om James bahas di atas, mudik merupakan salah satu tradisi yang tidak bisa dihilangkan dari bulan ramadhan dan lebaran. Nah, bagi Anda yang mudik menggunakan mobil pribadi untuk melakukan mudik, persiapkan semua keperluan Anda sebelum mulai mudik. Apa saja yang harus dipersiapkan? Simak selengkapnya disini:

1. Mempersiapkan Kondisi Kendaraan

Persiapan Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Karena Anda mudik menggunakan mobil pribadi, otomatis sebelum jalan, Anda diwajibkan untuk memeriksa semua komponen pada kendaraan Anda, seperti komponen lampu – lampu, interior, ac, wiper, komponen kaki – kaki, ban mobil, shockbreaker, rem, dll. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya hal – hal yang tidak di inginkan akibat mobil yang Anda gunakan tidak dalam kondisi yang fit.

Oiya satu tips dari Om James nih, jangan sekali – kali anda menaruh Handphone atau perhiasan atau dompet diatas dashboard. Hal ini dapat memicu penjahat untuk melakukan aksi jahatnya, ketika kalian sedang dalam posisi yang lemas dan sangat cape.

Mau promonya? Klik disini


2. Jangan Menggunakan Perhiasan Mencolok

Tidak menggunakan perhiasan yang mencolok

Ketika mudik menggunakan mobil pribadi, tidak mungkin kalian tidak berhenti di salah satu rest area bukan? Walaupun itu merupakan rest area, namun tidak menutup kemungkinan ada oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan kejahatan.

Disaat anda lelah merupakan salah satu waktu yang tepat bagi oknum – oknum jahat untuk melakukan aksi. Maka dari itu, walaupun spele tapi Om James sarankan jangan terlalu menggunakan pakaian dan perhiasan yang mencolok, agar mudik anda tetap aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.


3. Jangan Terlalu Sering Memainkan Gadget

Hindari menggunakan handphone saat sedang mengemudi

Memainkan smartphone memang bisa mengurangi rasa bosan saat dalam perjalanan. Namun, aktivitas ini juga bisa membuat Anda jadi sasaran tindak kejahatan. Apalagi kalau smartphone Anda adalah smartphone keluaran terbaru berharga jutaan.

Memasang GPS memang bisa melacak keberadaan smartphone Anda. Tapi para penjahat bisa saja menemukan cara untuk menonaktifkan GPS smartphone Anda. Jadi, waspadalah – waspadalah …

Lagi pula, jika anda berkendara sambil memainkan handphone, apakah itu tidak bahaya?


4. Usahakan Jangan Menerima Minuman atau Makanan dari Orang Lain Yang Tidak Dikenal

Hindari menerima minum dari orang yang tidak dikenal

Mudik memang salah satu kegiatan yang sangat melelahkan. Dengan beristirahat sekaligus minum dan makan, pastinya mampu untuk mengembalikan kembali performa fisik yang sudah drop tadi. Eitsss tunggu dulu, jika kita hendak beristirahat dan membeli makanan serta minuman, usahakan ditempat yang memang banyak orang beli ataupun ditempat – tempat yang sudah terpercaya kualitasnya seperti di rest area atau pun mini market lainnya.

Karena, sekarang ini bukan cuma teknologi yang semakin maju, namun cara – cara penjahat melakukan aksinya pun semakin beragam.

Salah satu contohnya yaitu dengan mencampurkan obat tidur atau obat bius kedalam minuman tersebut untuk membuat korban teler dan tertidur lelap. Setelah korban teler dan tertidur lelap, selanjutnya para pelaku dengan leluasa bisa membawa barang berharga dari korban dan kemudian pergi meninggalkan.

Jadi tetap berhati – hati, ada baiknya membawa bekal dari rumah atau mampir ke mini market – mini market yang sudah banyak tersebar dimana – mana ketimbang harus membeli minuman jadi di pinggir jalan.


5. Nyalakan Navigasi Sebelum Berangkat

Nyalakan Navigasi Sebelum Melakukan Mudik

Sebelum berangkat, usahakan untuk setting maps atau navigasi terlebih dahulu. Hal ini akan mempermudah kalian untuk memudahkan memilih jalur mana yang tidak macet dan juga bisa dilalui.


6. Jaga kondisi tubuh

Olahraga

Tidurlah selama 6-7 jam sehari sebelum Anda berangkat. Jangan memaksa diri jika kondisi tubuh sedang tidak fit. Usahakan banyak minum air putih selama perjalanan.

7. Minta bantuan petugas

Malu bertanya sesat di jalan

Jangan menanyakan arah atau lokasi sebuah tempat pada sembarang orang. Bertanyalah pada polisi, petugas DLLAJ, atau petugas berseragam lain yang sedang berjaga.


Saya rasa itu cukup, jika ada kritik dan saran bisa tulis di kolom komentar. Atau jika ada pertanyaan lain seputar otomotif bisa menghubungi customer service kisban di nomor 0822 9800 2016.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.