News & Event

Solusi Hemat BBM, Rawat Tiga Komponen

Banyak faktor penyebab kenaikan bahan bakar minyak  atau BBM yang harus kita respon dengan melakukan improvement di banyak hal. Untuk itu kita harus mencari cara bagaimana supaya mobil yang sentaiasa menemani kita dalam perjalanan menjadi lebih hemat dalam mengkonsumsi BBM. Tentunya dengan lebih memfokuskan perawatan pada komponen yang mempengaruhi konsumsi BBM. Dengan memperhatikan ke3 komponen penting bagi sistem pembakaran yaitu: busi, saringan udara dan saringan bahan bakar.

Komponen-komponen tersebut haruslah dirawat dan harus selalu dalam kondisi prima. Busi harus bekerja dengan baik dalam  memercikkan bunga api. Sedangkan saringan udara maupun saringan bahan bakar juga harus selalu dibersihkan. Terutama jika di musim panas yang akan membuat saringan udara menjadi lebih cepat kotor akibat terkena debu-debu yang terhisap. Begitu pula dengan saringan bahan bakar, kotoran juga mudah menempel pada saringan bahan bakar sebab saringan ini berfungsi untuk mencegah kotoran-kotoran yang tercampur di bahan bakar agar tidak sampai masuk ke ruang bakar.

Apabila ketiga komponen tersebut tidak dapat bekerja dengan baik atau dalam kondisi kotor, maka terjadilah kondisi yang biasa disebut pembakaran tidak sempurna. Bahan bakar yang masuk ke ruang bakar tidak seluruhnya terbakar habis. Sehingga, tenaga yang dihasilkan mesin tidak seimbang dengan bahan bakar yang keluar.

Nah, maka itulah sebabnya jika kondisi ketiga komponen tersebut tidak OKE pada akhirnya akan menyebabkan konsumsi BBM menjadi lebih boros. Tidak hanya itu saja, BBM yang tidak terbakar tadi akan ikut terbuang bersama gas buang. Jika mobil dengan kondisi mesin seperti ini diuji emisi, gas buangnya pasti sangat tidak baik. Bisa saja, emisinya melebihi ambang batas yang telah ditentukan dan pada akhirnya berdampak buruk bagi kualitas udara.

Solusi termudah menjaga ketiga komponen ini adalah dengan selalu melakukan servis secara rutin. Mekanik pada bengkel akan memeriksa dan membersihkan atau mengganti ketiga komponen yang jika memang sudah harus diganti. Pemeriksaan juga sebaiknya dilakukan apabila muncul gejala mesin yang tersendat-sendat. Mesin yang tersendat menandakan pasokan BBM ke ruang bakar tidak lancar yang kemungkinan besar dipicu oleh saringan BBM yang kotor. Mungkin juga karena salah satu busi rusak atau telah mati. Semoga bermanfaat. (suk.034)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.