News & Event

Apa Itu Power Steering Kendaraan ?

Fungsi dari Power Steering

Pengertian Power Steering Kendaraan – Kemudi mobil masih terasa berat, padahal sudah mengadopsi power steering? Atau ada suara-suara aneh, seperti besi yang beradu dan masuk ke dalam kabin? Jangan remehkan kondisi tersebut sebab bisa saja komponen power steering pada kendaraan Anda bermasalah. Banyak pengguna mobil yang meremehkan sinyal-sinyal kerusakan dari kemudinya sebab memang tidak terlalu terasa jika pada saat digunakan.

Penyebab Rusaknya Power Steering Pada Kendaraan

 

Sebelum masuk kedalam pembahasan, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu power steering. Power Steering merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk meringankan system kemudi. Kerja system kemudi yang menggunakan teknologi Power Steering ini, berdasarkan mekanisme gabungan antara Hidrolik dan Mekanik. Nantinya kedua teknologi ini berfungsi untuk memberikan putaran kemudi yang ringan. Dengan begitu, kenyamanan pengemudi ketika mengemudikan kendaraan menjadi semakin nyaman dan tidak mudah lelah.

Iklan: Toko Online Otomotif Murah dan Terpercaya hubungi 0821-25555-882

Dan seperti komponen – komponen kendaraan pada umumnya, komponen ini juga bisa rusak dan kehilangan sedikit performanya seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, selalu cek kondisi power steering kendaraan anda agar kenyamanan dan keamanan anda ketika berkendara tidak berkurang sedikit pun. Adapula penyebab kerusakan pada Power Steering anda, berikut penyebab kerusakan pada kemudi power steering:

Penyebab kerusakan pada kemudi power steering memang sebagian besar dikarenakan oleh usia dan segi penggunaannya. Komponen pompa dan selang memang punya jadwal tertentu sehingga harus dicek minimal satu tahun sekali. Apabila ada bunyi besi yang beradu, berarti ada sil yang bocor dan mengakibatkan oli berkurang. Khusus untuk oli bisa lebih kurang dari setahun harus sudah diganti. Selain itu, karet penutup sil juga tidak boleh rusak atau bocor. Apabila telah rusak, otomatis debu dan air akan mudah masuk kedalamnya.

Menjaga Kondisi Power Steering Agar Tetap Prima

Selain itu, menggunakan kemudi dengan power steering juga ada triknya. Jika mau awet, kemudi jangan diputar sampai mentok jika berbelok sebab tekanan oli akan semakin besar. Apabila terlalu sering bisa mengurangi umur power steering. Nah bagi Anda yang punya mobil bongsor dengan ban yang besar pula, apalagi ditambah dengan ruang parkir yang sempit, jangan dipaksakan kemudi bekerja terlalu berat. Perhitungkan sudut parkir yang aman sehingga dapat meminimalisasi pergerakan kemudi. Selamat Mencoba.

Baca Juga :

  • Fungsi Memanaskan Mobil Sebelum Berkendara
  • Memaksimalkan Fungsi Mobil
  • Mengenal Lebih Rinci VIN (Vehicle Identification Number)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.