News & Event

Sedikit Usaha Tambal Ban

Ban bocor memang merupak suatu permasalahan yang sangat menyulitkan bagi para pengendara kendaraan bermotor, terutama mobil. Terkadang di Saat kita tengah menikmati suatu perjalanan, tiba-tiba ban kempes karena tertusuk oleh paku atau benda tajam lainnya.  Apabila ini telah terjadi maka Kita harus segera  mengganti ban yang bocor dengan ban serep kemudian menambal ban bocort tadi ke tempat tampal ban.

Ban yang tadinya bagus sekarang telah ditusuk oleh benda tajam. Ban yang tadinya bocornya hanya seujung jarum, dibuat bolong seperti mulut pipa. Wow, kiamatlah sudah nasib ban mobil kita. Maklumlah, karena yang ditambal adalah ban berjenis tubeless alias tanpa ban dalam.

Setelah dilubangi, tali serabut disumbatkan ke lubang ban dengan regangan yang cukup potensial untuk semakin merusak ban. Mulai dari bahan karetnya, anyaman benangnya sampai anyaman kawatnya dibuat sobek dan putus berantakan, hal inilah yang membuat ketahanan ban kita menjadi semakin lemah.

Untuk pertama kalinya tambalan mungkin ban  masih bisa bertahan selama beberapa minggu atau bulan. Akan tetapi jika ban tersebut bocor lagi di titik yang sama, yang pasti ban tersebut tak akan bisa lagi disumbat dengan tali serabut itu. Dan, terpaksa kita pun harus menggunakan ban dalam.

Dengan sedikit usaha dan lem karet, Anda akan bisa menghindari kerusakan yang lebih parah serta dapat  memperpanjang usia ban mobil Anda. Pompa ban mobil Anda sampai penuh udara, lalu putar perlahan sambil menyiram permukaannya dengan air. Setelah tampak gelembung udara pertanda adanya lubang, tandai  daerah yang bocor tersebut dengan cat atau sejenisnya.

Lalu kempeskan ban dan cuci hingga bersih daerah yang berada di sekitar lubang, kemudian bagian yang bocor itu dilap dengan lap kering. Setelah benar-benar kering, tetesi lubang tersebut dengan lem karet, sehingga lem dapat meresap hingga ke dalam lubang. Bantulah peresapan lem ke dalam ban dengan menusuk-nusukkan benda lancip seperti peniti atau paku kecil yang bersih ke dalam lubang, selanjutnya tunggu sampai kering,selama beberapa menit.

Langkah terakhir, setelah kering pompa ban hingga penuh udara dan siram perlahan dengan air ke lubang yang telah ditambal, untuk dapat  memastikan bahwa sanya lubang tersebut telah tertambal dengan baik. Lakukanlah proses penambalan, di mulai dari tahap awal hingga akhir dengan sangat cermat dan hati-hati, agar tidak terjadi kegagalan.(alx.11)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.