News & Event

Rem Mobil dan Permasalahannya

Rem Mobil dan Permasalahannya

Rem Mobil dan Permasalahannya

Rem mobil adalah bagian terpenting dari komponen keselamatan pada kendaraan anada. Anda tidak akan tahu kapan berhadapan dengan masalah, bisa sangat membahayakan nyawa jika di tengah berkendara tiba-tiba anda gagal menempatkan fungsi rem pada saaatnya. Tidak ada salahnya lebih mengenali sistem kerja dan permasalahan yang mungkin dihadapi oleh rem anda.

Cara kerja rem pada umumnya adalah berupa sebuah sistem drum yang memanfaatkan tekanan hidrolik untuk menekan sebuah pedal pada drum rem sehingga memperlambat kecepatan kendaraan anda. Beberapa gejala masalah yang sering ditemui dengan sistem rem mobil seperti ini antara lain adalah pada lampu rem, jika menyala menandakan bahwa cairan rem telah habis. Kemudian jika mulai terdengar suara berdecit ketika pedal rem ditekan, hal ini menandakan beberapa hal. Kemungkinan pertama adalah cairan peluamas rem yang mulai menipis, cobalah untuk menambahkannya. Jika mulai terdengar seperti gesekan antara dua logam, periksa bantalan dan mungkin bagian rotornya, dan gantilah.

Masalah lain adalah seringkali ketika mengerem, mobil tertarik ke satu sisi. Hal ini menandakan bahwa tidak ada tekanan hidrolik yang cukup pada satu sisi mesin. Kemudian jika tercium bau sesuatu zat kimia terbakar pada saat pengereman, atasi dengan mengganti cairan rem, jika masih terus tercium mungkin harus diatasi dengan menganti rotor rem mobil.

Rem mobil yang terkunci juga merupakan masalah serius, hal ini bisa menyebabkan kendaraan menikung tajam dan tergelincir. Sumber maslaahnya bisa dilihat pada bantalan roda, kaliper disk atau puing-puing bantalan pada rem.  Perbaikilah dengan mengganti minyak rem, mengganti bantalan atau mengganti kaliper disk, tergantung mana sumber yang signifikan menyebabkan masalah tersebut. Mengingat semua masalah yang mungkin timbul, sebaiknya anda segera mempelajari tentang mobil dan permasalahannya secepatnya setelah anda membeli sebuah mobil.

Rem Mobil dan Permasalahannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.