Artikel, Tips

Persiapkan Peralatan ini Didalam Mobil Kamu

Saat Berkendara dan sedang dalam perjalanan, pasti suatu saat akan ada sebab kemungkinan yang akan terjadi. Sebab tersebut akan membuat kita kesal, marah dan bingung. Untuk antisipasi sebab kemungkinan yang tidak diinginkan, ada beberapa tindakan pencegahan dan persiapan untuk mengatasi hal-hal yang tidak memungkinkan. Dikarenakan, Perjalanan yang aman dan nyaman tidak lepas dari persiapan yang baik. Salah satu yang harus dipersiapkan ialah keberadaan berbagai perkakas vital. Ada sejumlah peralatan yang harus ada di dalam mobil. Aneka peralatan tersebut sangat penting. Entah itu menunjang keamanan di jalan, membantu ketika terjadi insiden, ataupun berguna saat kendaraan sedang bermasalah. Oleh karenanya, berbagai alat itu harus terus disiapkan di dalam mobil.

Apa sajakah peralatan yang harus ada di dalam mobil? Berikut ini rekomendasinya.

Kotak P3K

Kotak P3K adalah hal yang pertama kali harus ada dan urgent. Jika suatu saat kamu, ataupun saudara/teman terkena luka serius dan harus segera diobati, jadinya gampang deh tinggal buka aja kotak p3k dan segera sembuhkan lukanya! Pastikan kotak P3K selalu ada di dalam mobil. Isi dengan kebutuhan yang krusial dalam keadaan darurat seperti perban, kapas, obat antiseptic, gunting, dan aneka jenis obat-obatan lain. Namun, sempatkan juga sesekali untuk mengecek masa kedaluwarsanya sehingga tetap bisa dipakai.

Pemecah Kaca

Jika ada tabrakan atau hal lain yang mengharuskan kamu keluar, Pemecah kaca akan sangat bermanfaat ketika harus keluar dari kendaraan tanpa bisa melalui pintu. Bisa jadi hal itu terjadi karena pintu dan jendela macet. Agar bisa ke luar, mau tak mau kaca harus dipecahkan. Dalam kondisi seperti itu, pemecah kaca akan sangat berguna. Jadi, siapkanlah selalu di mobil.

Pemadam Api

Diantara pencegahan kecelakaan lainnya, persiapkan untuk membeli pemadam kebakaran api ya guys. Masukkan pemadam api ke dalam daftar peralatan yang harus ada di dalam mobil. Alat tersebut akan sangat berguna jika terjadi kebakaran di mobil. Jangan kira potensi kebakaran di mobil kecil. Peluangnya tetap ada. Bukan hanya di mobil lama, kendaraan baru pun bisa mengalaminya kalau terjadi korslet di kelistrikan mobil. Maka, sebagai antisipasi, sediakan pemadam api di dalam mobil.

Dongkrak

Dongkrak menjadi peralatan vital yang wajib ada di dalam mobil. Keberadaan dongkrak akan sangat berguna ketika terjadi keadaan darurat. Saat memerlukan penggantian ban di perjalanan, dongkrak amat diperlukan. Begitu pula halnya ketika ada masalah di bagian bawah mobil. Dongkrak bisa digunakan. Lalu kalau mobil terperosok ke luar jalan, dongkrak akan bermanfaat.

Kunci Roda & Tool Set

Kunci roda dan tool set harus pula dimasukkan ke dalam mobil. Perkakas tersebut akan sangat membantu saat terjadi insiden. Kunci roda diperlukan untuk mengganti ban. Sedangkan aneka jenis peralatan di tool set berguna untuk ketika ingin memperbaiki kerusakan mobil.

Momen saat membutuhkannya memang tidak bisa ditentukan. Namun, justru karena itulah, kunci roda dan tool set diperlukan ketika saat-saat darurat hadir. Kabel Jumper Problem aki merupakan salah satu gangguan paling umum di mobil. Kalau aki bermasalah, mobil tidak akan bisa dihidupkan. Mau tak mau mobil harus ditinggal.

Namun, jika memiliki kabel jumper di dalam mobil, kondisinya bisa berbeda. Cukup hubungkan kabel jumper dari aki mobil dengan aki kendaraan lain. Mobil akan bisa hidup kembali. Saat itu pengemudi bisa membawanya ke bengkel untuk diperbaiki atau berkesempatan mencari aki baru ke toko terdekat.

Segitiga Pengaman

Segitiga pengaman memang didesain untuk memberi peringatan. Bahan dan warnanya mudah terlihat serta bisa memendarkan cahaya pada malam hari. Berguna sekali dalam untuk keamanan kendaraan yang berhenti darurat. Saat terjadi keadaan darurat, mobil harus menepi dan berhenti di pinggir jalan. Dalam kondisi seperti itu, segitiga pengaman harus dipasang di bagian belakang dan depan mobil. Keberadaannya menjadi penanda bagi kendaraan lain bahwa ada kendaraan bermasalah yang terparkir.

Nah jadi itu ya guys peralatan-peralatan yang kudu dan wajib harus ada didalam mobil kamu supaya kamu ngak bingung kalau suatu saat nanti ada peristiwa yang membuat kamu bingung dan ngak diinginkan sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *