News & Event

Periksa Kondisi Mobil Bekas Berdasarkan Usianya

Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas berusia satu tahun atau 20 ribu km (bisa dilihat di odometer) dapat dilakukan dengan banyak cara cek berikut ini. Pada umumnya kaki-kaki masih baik dan sehat kecuali jika memang dari awalnya kendaraan itu sudah bermasalah. Selanjutnya, Anda bisa periksa jadwal penggantian pelumas mesin, transmisi, gardan, saringan udara, minyak rem dan businya.

Nah untuk mobil bekas yang telah berusia tiga tahun, atau biasa dealer resmi mematoknya 60 ribu km, biasanya kondisi mobkas sudah lebih banyak yang harus dicermati. Sebut saja V-belt, coolant radiator, hingga kembangan ban. Maklum saja, tidak sedikit ruas jalan yang rusak di daerah Anda bukan? Perlu mendapatkan perhatian sebab kecelakaan akibat ban lantaran memaksakan karet bundar itu bekerja meskipun sudah tidak layak lagi. “Jika engine mounting tergantung dari pemakaian mobil dan jalan yang dilalui,” jelas Usman Adie, Service Manager Tunas Toyota.

Berikutnya adalah untuk kendaraan yang sudah berusia 10 tahun atau 200 ribu km. Kendaraan jenis ini seperti Suzuki Karimun (model kotak), Hyundai Atoz, dan Toyota Kijang (kapsul). Untuk jarak tempuh tersebut memang sebaiknya pemeriksaan secara menyeluruh. Mulai dari kaki-kaki, kelistrikan, hingga mesin. Demikianlah semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat berburu mobil bekas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.