News & Event

Perhatikan Empat Komponen Penting Sebelum Melakukan Spooring

Ada beberapa indikasi bahwa kaki-kaki mobil harus di-spooring. Indikasi itu dapat diketahui dari kestabilan kemudi. Apabila kemudi cenderung “lari” ke satu sisi, itu pertanda bahwa kita harus segera melakukan penyelarasan (spooring). Tanda lainnya adalah keausan tapak ban yang tidak rata. Keausan yang tidak rata ini akan terjadi karena sisi-sisi permukaan ban tidak mendapat beban yang sama besar akibat dari kaki-kaki yang tidak selaras atau sejajar.

Diantara komponen-komponen yang paling vital dalam menentukan keselarasan roda dan kemudi ada empat, yaitu : tierod, end tierod, balljoint dan bushing.

Komponen tierod dan end tierod berfungsi atau bertugas dalam meneruskan gaya belok dari kemudi ke roda-roda. Komponen ini secara berkala dapat aus karena pemakaian atau pengaruh usia. Begitu juga dengan balljoint, komponen dari logam yang bertugas menopang knuckle arm ini juga aus karena pemakaian yang telah melampaui batas. Sedangkan bushing yang berfungsi sebagai titik tumpu pergerakan suspensi sangat mungkin pecah karena bahan terbuat dari karet.

Jadi sebelum membawa mobil Anda ke bengkel untuk melakukan spooring, Ada baiknya anda dapat memerika kondisi keempat komponen ini terlebih dahulu. Caranya sederhana dan mudah sekali. Angkat mobil Anda dengan menggunakan dongkrak hingga ban menggantung. Lalu, pegang dua sisi ujung roda kemudian guncang-guncangkan roda tersebut. Apabila terasa oblag, dapat dipastikan bahwa telah terjadi keausan atau kerusakan pada tierod, end tierod, balljoint atau bushing pecah. Komponen-komponen ini harus diganti dengan yang baru jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa kondisinya memang sudah aus.

Pemeriksaan pada keempat komponen ini penting untuk dilakukan. Paling tidak, dari hasil pemeriksaan sederhana ini kita tau dan berguna sebagai informasi awal bahwa mekanik akan menyarankan penggantian komponen-komponen tadi sebelum mulai melakukan spooring. Karena, spooring yang dilakukan tanpa memperhatikan keausan tierod, end tierod, balljoint maupun bushing, tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Dan bukan hal yang tidak mungkin setelah jalan beberapa meter dari bengkel, gejala-gejala perlunya spooring tetap terasa. (suk.040)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.