Artikel, Info Otomotif

Penyebab Mobil Susah Di Starter

Apakah kamu pernah mengalami mobil susah distarter dan dinyalakan?

Saat dinyalakan, mobil seharusnya langsung hidup. Namun, mungkin saja hal sebaliknya yang terjadi.

Mobil terkadang bisa sulit dihidupkan. Terlebih lagi saat kondisi mesin masih dingin. Mungkin saja terdapat gangguan di komponen mobil sehingga sukar dinyalakan.

Ingin tahu apa saja itu? Simak pemaparan berikut agar tahu cara mengantisipasinya supaya mobil tidak susah dihidupkan.

Masalah Aki

Gangguan pada aki sering menjadi penyebab mobil susah dihidupkan yang paling sering. Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh aki yang mulai melemah.

Pelemahan aki akan mengganggu sistem kelistrikan pada mobil. Jika hal tersebut terjadi, maka besaran daya yang diperlukan untuk menghantarkan listrik tidak akan tercapai. Akibatnya mobil akan susah sekali dihidupkan meski distarter berkali-kali.

Untuk menghindarinya, pengecekan kondisi aki perlu dilakukan secara rutin. Disarankan untuk mengeceknya dengan memakai voltmeter. Nanti akan terlihat jelas kondisi aki masih normal atau tidak.

Jika memang sudah lemah, untuk aki kering disarankan untuk segera diganti. Namun, untuk aki basah, penambahan air aki masih bisa dilakukan.

Gangguan Pada Busi

Masalah yang terjadi pada busi dapat membuat mobil susah dihidupkan. Ini mungkin sekali dialami ketika kendaraan dalam kondisi dingin. Sama seperti komponen yang lain, kemampuan busi bisa menurun karena kotor atau masa pakainya habis.

Jika memang kotor, busi harus dibersihkan. Gunakan kawat atau amplas halus untuk membersihkannya. Kotoran akan menghambat kinerja busi. Kalau memang banyak kotoran di sana, mobil akan sulit dihidupkan.

Namun, jika memang masa pakai busi sudah habis, lebih baik segera diganti. Kondisi busi biasanya akan menurun setelah 20 ribu km. Namun, busi iridium bisa lebih kuat hingga di kisaran 100 ribu km.

Tidak ada salahnya untuk mengecek kelonggaran busi dengan menggunakan kaliper. Pastikan busi terpasang dengan baik pada dudukannya. Jangan terlalu longgar atau rapat karena bisa membuat mobil sulit distarter.

Kerusakan Dinamo Ampere

Sering disebut sebagai dinamo starter, kondisi dinamo ampere yang memburuk juga dapat mempersulit penyalaan mesin mobil. Hal itu dikarenakan kelistrikan mobil pasti terpengaruh.

Jika dinamo ampere tidak berfungsi dengan baik, baterai tidak terisi secara maksimal meskipun kondisi aki masih bagus. Tidak heran, mobil akan susah dihidupkan karena aki tidak optimal.

Oleh sebab itu, ketika mobil susah dinyalakan, perlu dilakukan juga pengecekan di dinamo ampere. Namun disarankan untuk membawa kendaraan ke bengkel.

Penanganan kerusakan dinamo ampere membutuhkan keahlian khusus. Selain itu, letak dinamo ampere cukup jauh di dalam mesin sehingga rentan mengganggu komponen lain. Oleh sebab itu, perbaikan harus dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman.

Pompa Bahan Bakar Bermasalah

Kemungkinan penyebab lain mobil susah dihidupkan bisa berawal dari masalah pada pompa bahan bakar. Seharusnya komponen ini menyuplai bahan bakar ke karburator dengan baik. Dengan begitu pembakaran bisa berjalan baik.

Namun, jika pompa bensin bermasalah, maka aliran bahan bakar ke karburator akan terganggu. Tidak ada bahan bakar yang akan dibakar sehingga mobil susah dinyalakan.

Ketika mengalami kerusakan pompa bahan bakar, segera bawa kendaraan ke bengkel. Serahkan penanganannya ke teknisi karena kerusakannya bisa menjalar ke komponen lain jika tidak ditangani dengan tepat.

Suhu Radiator Tidak Normal

Ketika mobil susah dihidupkan, suhu radiator juga perlu diperiksa. Seharusnya suhunya sesuai standar. Namun, jika terlalu panas, maka berarti mesin mengalami overheat. Hal ini berbahaya karena tidak hanya membuat mesin mati namun dapat memicu kebakaran.

Meski begitu, jika suhu radiator terlalu dingin juga tidak bagus. Mobil tetap akan sulit dinyalakan. Hal ini dikarenakan sistem injeksi tidak bisa berfungsi normal.

Maka, cek kondisi suhu radiator. Periksalah dengan melihat indikator water temperature sensor (WTS) atau engine coolant temperature. Periksa apakah ada peringatan bahwa suhu radiator terlalu panas atau terlalu dingin.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab mobil susah dihidupkan. Cek saja mana yang mungkin dialami oleh mobil Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *