Artikel, Review Ban, Tips

Penyebab Ban Mobil Kamu Terkikis Tidak Rata

Ban lama kelamaan setelah dipakai sepanjang waktu, ban mobil kamu pasti akan terkikis. Harusnya tapak atau kembangan ban akan habis secara merata. Akan tetapi, ada yang tidak seperti itu sehingga harus diwaspadai. Secara, Ban merupakan komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Ketika dipakai berjalan, tapak ban bergulir terus-menerus. Saat itu, material kembangan ban bergesekan dengan jalanan tanpa henti. Hal tersebut lambat laun membuat permukaan ban terkikis habis.

Jika ban dalam kondisi baik, seharusnya areanya terkikis dengan rata. Namun, lain halnya kalau ada yang tidak beres. Ban akan terkikis tidak merata. Inilah yang harus perlu diwaspadai. Jika ban mobil kamu terkikis tidak rata, kemampuan ban dalam mencengkeram permukaan jalan sedikit banyak bakal berkurang. Akibatnya mobil akan lebih susah dikendalikan. Selain itu, risiko ban sobek atau meletus akan bertambah besar. Maka, untuk menjaga keselamatan, lebih baik mengganti ban yang terkikis tidak rata. Namun, agar tidak mengalami kondisi tersebut, perhatikan aneka penyebabnya. Cermati lalu antisipasi supaya tidak terjadi. Berikut ini adalah sebab-sebab ban mobil kamu terkikis tidak rata.

Setelan Suspensi yang Tidak Tepat

Suspensi yang tidak tegak lurus di atas permukaan tanah bisa membuat ban terkikis tidak merata. Jika miring, ban akan aus secara tidak rata. Keausan bisa terjadi di bagian dalam atau luarnya, tergantung dari kemiringan setelan suspensi. Kalau membentuk sisi bawah ban miring ke arah luar atau kerap disebut camber negatif, maka ban bagian dalam akan lebih cepat aus. Sedangkan jika sisi bawah ban miring ke arah luar atau camber positif, bagian luar ban yang lebih cepat terkikis. Solusi yang tepat adalah dengan melakukan spooring secara rutin ataupun ketika merasa setir mobil miring. Lalu, jika ban sudah terkikis tidak merata, lebih baik segera ganti dengan yang baru.

Sudut Roda yang Tidak Pas

Faktor pengaturan sudut roda yang kurang tepat bisa menjadi penyebab ban terkikis tidak rata. Ketika sudut roda tidak lurus, baik terlalu ke dalam atau menjorok ke luar, keausan ban akan terpengaruh. Ban bisa cepat aus di bagian dalam atau luar tergantung dari kemiringannya. Hal itu dikarenakan satu sisi permukaan ban ada yang lebih sering bergesekan dengan permukaan jalan dibanding sisi lainnya. Kondisi tersebut kerap terjadi ketika pengaturan toe in dan toe out tidak tepat. Jadi, pastikan semua nilainya sesuai standar agar sudut ban tepat. Lakukan spooring dan balancing untuk memastikannya.

Tekanan Ban yang Tidak Sesuai Standar Ketentuan

Tekanan ban harus selalu sesuai dengan standar rekomendasi. Jangan terlalu berlebihan atau sebaliknya malah kurang. Dua-duanya tidak baik bagi kondisi ban. Jika tekanan ban terlalu keras, maka bagian tengah akan aus lebih cepat. Sementara itu, jika tekanan ban kurang, sisi luar ban yang cenderung terkikis. Akibatnya, ban akan aus tidak merata. Maka, pastikan tekanan ban selalu pas. Nilai tekanan yang direkomendasikan bisa dilihat di mobil masing-masing. Setiap kendaraan pasti memiliki petunjuknya.

Sekarang kamu sudah paham kan penyebab ban terkikis tidak rata? Maka untuk mengantisipasi semuanya sejak dini agar tidak mengalaminya. Jika ban sudah telanjur aus secara tidak merata, segera ganti dengan yang baru demi keselamatan di perjalanan ya!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *