News & Event

Penggunaan Pelumas Yang Tepat Dapat Mempengaruhi Efisiensi Pemakaian BBM

Penggunaan pelumas yang tepat pada kendaraan dapat mempengaruhi efisiensi pemakaian bahan bakar. Walau tidak berpengaruh secara signifikan, tapi pemakaian pelumas yang tepat dan berkualitas dapat membantu mengurangi beban pada mesin saat bekerja menempuh perjalanan dan membawa beban.

Hal ini disebabkan oleh fungsi pelumas yang tujuannya adalah untuk melapisi komponen internal mesin yang saling bergesekan. Sehingga, dapat membantu untuk mengurangi friksi antara komponen, sekaligus membantu untuk menyalurkan panas mesin.

Hasilnya adalah, membuat kerja mesin semakin ringan dan secara tidak langsung menghemat konsumsi bahan bakar pada kendaraan. Tapi, tentunya pelumas yang tepat dan berkualitas adalah pelumas yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil anda. Penggantian pelumas secara berkala akan mempengaruhi tingkat efisien mesin. Penggantiannya melewati batas waktu, maka akan memengaruhi kerja komponen internal mesin.

Penggantian pelumas yang tepat idealnya setiap 5-10 ribu km. Jika melewat dari jangka waktu tersebut, jumlah pelumas pada mesin akan berkurang akibat suhu panas di mesin dan mengental. Sehingga, kerja mesin semakin berat, secara otomatis, akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros akibat beban mesin yang lebih berat. (suk.047)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.