News & Event

New Ban Off-Road

Di dalam dunia mobil off-road, kehilangan salah satu atraksi berarti telah kehilangan suatu momentum untuk dapat melintasi suatun rintangan yang berarti pula dan anda pun tidak bisa kemana-mana selain berhenti ditempat.

Karena yang melakukan kontak kebumi secara langsung ialah roda maka langsung dapat dengan mudah mengerti bahwa penggunaan ban yang tepat sangatlah menentukan nasib kita dalam menciptakan suatu atraksi yang terbaik di dalam off-road. Sekarang ini ban off-road memiliki banyak sekali type yang ditawarkan oleh banyak pabrikan ban dengan model, corak(warna) dan ukuran yang sangat beragam. Maka dari itu penentuan dalam menggunakan atau memilih ban off-road sangatlah penting. Semuanya dapat bejalan dengan seimbang apabila pemilihan ban off-road yang kita gunakan cocok dengan jenis velg dan mobil yang kita gunakan juga.

Ada beberapa merek ban off-road yang lumanyan banyak dikenal, diantaranya yaitu Simex Jungle Tracker atau Extreme Tracker, Super Swamper, Silverstone, Bridgestone Jeep Service. Terdapat tiga ciri utama yang harus di perhatikan sebelum membeli ban off-road yaitu tread pattern (coraknya), Konstruksinya dan ukuran (size).

Pada umumnya hanya ada dua type ban yakni bias dan cross ply atau radial. Ban Khusus yang biasa di gunakan untuk mobil Off-road Biasanya ban memiliki corak yang kasar dan biasanya telapaknya mampu membersihkan sendiri dari kumpulan lumpur tebal yang menempel diban. Compound ban yang lembek juga dapat memberikan atraksi yang cukup baik di dalam menjelajahi lintasan off-road dan yang paling jelas yaitu dapat digunakan secara agresive di dalammenempuh medan yang berlumpur atau pun lintasan yang berat seperti di lintasan di daerah yang berbatu. Karena memiliki compoundnya yang lunak, apabila ban ini kita gunakan di jalanan beraspal maka ban ini akan cepat habis serta tidak memiliki daya cengkram yang baik apabila digunakan dilintasan yang beraspal. Hal ini dikarenakan type ban dengan corak kembang yang berjauhan sehingga mempunyai jarak pengereman yang jauh apabila digunakan dijalan aspal sewaktu terjadinya hujan. Ban ini akan menimbulkan suara yang cukup mendengung(berisik) apabila digunakan pada kecepatan tinggi dijalan beraspal(jalan raya). Pada mobil yang menggunaka ban-offroad tidak di izinkan untuk memasuki jalan raya.(alx.06)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.