News & Event

Menjaga Kualitas Wiper Kaca Supaya Tetap Nyaman Berkendara di Musim Hujan

Wiper mobil murah berkualitas denso

Menjaga kualitas wiper kaca agar tetap nyaman berkendara di musim hujan – Keberadaan wiper kaca akan menjadi sangat penting ketika dalam perjalan, ditengah guyuran hujan yang deras. Oleh sebab itu ada baiknya jika kita melakukan pemeriksaan ekstra terhadap wiper pada kaca mobil. Sebab jarak pandang kita sangat bergantung pada komponen mobil yang satu ini ketika turun hujan.

Apa Saja Komponen Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Berkendara Pada Saat Hujan ??

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah kondisi karet-karetnya. Apakah masih dalam kondisi elastis atau tidak. Waspada jika ternyata karet wiper telah mengeras karena pasti fungsinya menjadi tidak sempurna lagi saat menyapu air dari kaca depan.

Keras dan tidak fleksibel adalah ciri bahwa karet wiper yang sudah saatnya untuk diganti. Selain akan menggores kaca,bahkan hingga meninggalkan bekas yang bisa mengganggu pemandangan, karet wiper yang sudah tidak layak untuk dipakai biasanya ditandai dengan timbulnya embun pada bagian-bagian kaca yang tersapu wiper.

Jangan dianggap sepele, sebaiknya wiper dirawat dengan sebaik-baiknya. Satu hal sederhana yang bisa dilakukan dalam rangka merawat wiper adalah pentingnya merenggangkan karet wiper dari kaca saat mobil sedang diparkir ditempat yang langsung mendapat sinar terik matahari.

Iklan: Toko Online Otomotif Murah dan Terpercaya hubungi 0821-25555-882

 

Cara ini merupakan upaya sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga keawetan karet wiper. Sinar matahari yang menyengat kaca lazimnya akan membuat temperatur permukaan kaca ikut naik. Jika wiper menempel, tentu panas itu akan menyentuh bagian wiper yang terbuat dari karet tersebut. Sesuai sifat dan karakternya, kondisi panas yang berlebihan akan menimbulkan kerusakan pada karet wiper.

Pada proses awal, panas yang berlebih akan terlihat dari perubahan bentuk karet yang memuai akibat panas. Selanjutnya, karena sering mengalami perubahan cuaca dari panas ke dingin akan menjadikan karet tidak elastis lagi dan ketika dioperasikan, malah wiper akan menggores kaca.

Selain itu juga, lakukanlah pemeriksa pada air wiper secara berkala. Segera isi jika tangkinya sudah kosong. Jangan lupa untuk memberikan campuran sabun atau shampoo, sebab jika air saja tidak cukup kuat untuk membersihkan kotoran yang ada dikaca. Jangan lupa lakukan juga penyetelan pada arah semburan air wiper sebab jika arah semburan tidak tepat mengenai lintasan wiper akan mengurangi kemampuannya dalam proses pembersihan kaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *