News & Event

Mengganti Velg Yang Cocok Dengan Mobil Anda

Dalam proses mengganti sebuah velg, kita haruslah tahu dahulu ukuran ataupun kriteria-kriteria velg yang kita pakai sebelum mengganti dengan velg yang baru. Salah satunya :

1. PCD
PCD merupakan Pitch Circle Diameter dan ada pula yang menyebutnya Pitch Centre Diameter, namun intinya sama, karena PCD itu adalah jarak antara lubang baut satu dengan yang lain pada satu garis lurus dari diameter lingkaran tengah lubang baut velg. Seperti biasanya ukuran PCD dituliskan pada spesifikasi velg yang digabung dengan jumlah baut, seperti :

4×100 yang berarti velg dengan 4 lubang baut dengan PCD 100 atau,

5×114,3 yang berarti 5 lubang baut dengan PCD 114,3. Ukuran PCD sangat bermacam-macam, tergantung dari pabrikan tiap mobil, walaupun ada juga antara beberapa merk mobil yang memiliki ukuran yang sama.

2. Offset

Offset merupakan jarak bagian dalam tengah velg dengan permukaan mounting velg pada kaki-kaki mobil. “Secara umumnya, offset itu merupakan ukuran keluar atau masuknya velg dari fender mobil.” Nilai atau ukuran offset memang menentukan jarak keluar atau masuknya bagian depan velg dari fender mobil, ini dipengaruhi ketebalan lingkaran tengah pada bagian dalam velg yang akan bersinggungan dengan permukaan mounting pada kaki-kaki mobil.Semakin kecil nilai offset maka bagian depan velg semakin ‘nongol’ dari fender, sebaliknya nilai offset semakin besar berarti bagian depan velg akan semakin kedalam dari fender.Ukuran offset biasanya tertera pada spesifikasi velg dengan angka yang disertai tanda minus (-) atau plus (+).

Misalnya pada velg tertuliskan angka Off +40, berarti velg akan semakin berada didalam fender mobil, sebaliknya jika tertulis angka yang lebih kecil dari itu terlebih jika pada angkanya terdapat tanda minus (-), berarti posisi velg akan semakin keluar dari fender mobil.

Ukuran Lebar Dan Diameter

selain dilihat dari ukuran PCD dan offset velg tadi, kita juga harus melihat ukuran lebar dan diameter velg yang akan kita pilih. Karena tiap mobil memiliki ukuran diameter dan lebar velg berbeda. Oleh karena itu ingin melakukan up size velg dengan aman, maksimal memakai ukuran 3 tingkat lebih besar dari standarnya atau bisa disebut up size +3. Begitu juga dengan lebar velg harus disesuaikan dengan batas maksimal mobil, untuk itu sebaiknya tanyakan dengan si penjual velg karena mereka pasti lebih mengetahui batas maksimal yang aman pada mobil Anda.

 

 (rdo04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.