News & Event

Mengganti Ukuran Ban Mobil

Mengganti Ukuran Ban Mobil

Ukuran Ban – Sebenarnya ukuran ban telah di tentukan oleh standar pabrikan semuanya telah diatur melalui perhitungan dan berbagai pertimbangan. Akan tetapi, mengganti ukuran ban mobil tidak selalu berakibat negatif bagi performa dan penampilan kendaraan.

Harga Ban Mobil Terbaru

Pada kendaraan, ban sering diganti dengan ukuran non-standar justru demi menaikkan penampilan atau performa. Namun sedikit dari pemilik kendaraan yang mengganti ban mobil mereka hanya untuk penampilan semata.

Terkait hal tersebut, Service Manager PT KIA Motor Indonesia, Eka Sigit, yang sehari-harinya menghadapi si karet bundar punya kiat menetapkan ukuran ban pengganti yang sesuai.

Sama dengan komponen kendaraan lainnya, ban mobil juga dibuat dengan ukuran tertentu. Ukuran ban memiliki beberapa parameter. Sesuai aturan internasional, ban memiliki diameter luar dan dalam, tinggi, serta lebar telapak. Jika salah dalam memilih satu elemen saja maka akan berakibat menurunnya kinerja mesin kendaraan.

Salah satu contohnya pada mobil sedan berukuran sedang atau hatchback atau city car seperti Hyundai Atos, atau KIA Picanto. Pada keadaan standarnya, Picanto menggunakan velg berukuran 13 inchi, lebar telapak 165mm, dan persen tinggi 70 persen. Angka-angka ini biasanya tertera pada penampang luar ban sebagai 165/70-R13.

Nah..!! masalahnya, angka 70 persen itu bukan merupakan ukuran diameter lingkar luar yang sebenarnya. Penggunaan harus menghitung sendiri besaran diameter luar ban yang akan digunakannya.

Caranya, pertamanya adalah dengan mengkonversikan diameter velg dari inci ke satuan mm dengan cara mengalikan dengan angka 25,4. Contohnya, untuk velg 13 inci akan menjadi 13 x 25,4 menjadi 330,2 mm.

Sementara itu, angka 165 pada penampang ban juga harus diartikan sebagai angka 16,5mm. Lalu, tinggi diketahui dengan mengalikan 70 persen dengan 16,5mm, maka didapat 11,55 mm. Setelah itu, dapat diketahui diameter luar atau tinggi ban yang sebenarnya yaitu, 330,2 mm + 2 (11,55 mm) menjadi 35,33 cm.

Dari perhitungan dan angka-angka tersebut, pengguna dapat memperkirakan spesifikasi ban seperti apa yang paling cocok dan serasi untuk mengganti ban standar kendaraannya.

Promo Terbaru

Pada contoh ban 13 inci tersebut, sebaiknya jika ingin diganti dengan ukuran 14 inci dengan lebar telapak 165 atau 155. Akan tetapi, ban dengan spesifikasi tersebut masih termasuk jarang di pasaran.

Mengganti ban mobil yang serasi perlu diperhatikan sebab akan memberikan kontribusi beban kerja mesin dan akhirnya berpengaruh pada performa mesin itu sendiri. Jika anda salah memilih, maka dapat menimbulkan knocking dan boros pada bahan bakar.

124 thoughts on “Mengganti Ukuran Ban Mobil

  1. Panji berkata:

    Hallo ka..
    Untuk Etios Valco velg standar jika mengganti ban ukuran 195/60 apakah performa nya lebih baik ?
    Atau tetapi lebih bagus ukuran standar .?

    1. Selamat sore bisa menghubungi whatsapp kiosban saja ya

  2. arditya berkata:

    saya mau tanya, ukuran ban saya 185/55R16 dan sekarang baru dapat hibah 2pcs ban ukuran 190/50R16. apakah kedua jenis ukuran ban tsb bisa dipasang secara bersamaan?

    1. Selamat sore tidak bisa kak

  3. Bintono Sudiatmojo berkata:

    Selamat pagi gan….
    Ertiga 2013 Velq Bawaan ukuran Ban 185/65 R15
    Klo ganti ban 195/65 atau 205/65 lebih save mana…?
    Makasih gan….

    1. Lebih save yang 195 ya kak

  4. d murti berkata:

    kalau untuk etios valco bisa pake ban 185/70 r14 ga min

    1. Selamat pagi, untuk etios valco belum bisa menggunakan ban yang ukuran 185/70 R14 kak dan nanti akan mentok. Untuk sarannya agar menggunakan ban sesuai standard pabrik saja ya kak

  5. shandy th berkata:

    grand new veloz pakai velg ring 17…..pakai ban uk.215/50……..jika ban sy up dg uk.215/55 aman dan tidak sangkut kah gan……trims

    1. Selamat pagi, masih belum bisa ya kak dan khawatirnya nanti mentok 🙂

  6. Budi Hartono berkata:

    Yaris 2013 velg r16 195/50 mau di naikan ukuran ban nya bisa tidak ya?? Kalau bisa ukuran berapa???

  7. Asmanto berkata:

    Maaf mau tanya om.mobil sigra saya.klw pake ukuran ban 195/60 R 15 aman ga ya. Mohon di balas.

    1. Selamat pagi, masih belum bisa ya kak dan khawatirnya nanti mentok 🙂 bisa menggunakan ukuran yang direkomendasikan pabrik saja ya kak

  8. Okto banusu berkata:

    Mlm bos. Ukuran ban mobil 195/65/R15. Saya mau ganti ban offroad dgn tdk ganti velek. Yg pas ban ukuran berapa. Mohon bantuan.

  9. roby berkata:

    selamat siang,, saya mau tanya kalo mazda2 2011 ban standart 185/55 mau diganti 195/65 itu bisa atau tidak ya,, sama2 velk 15 dan bagaimana pengaruhnya??

    1. Selamat siang, bisanya di 195/60 R15 kak kalo up keukuran tersebut nanti mentok ya kak

  10. Temmy berkata:

    Apakah aman jika ban bawaan 195/50 R16 mau diganti ke 195/55 R16? Mohon infonya

    1. Selamat pagi, Bisa kok kak

  11. Yossa berkata:

    Mau tanya om, kalo ban ukuran 185/60 R15 saya mau masukan ke velg lebar 8 bisa tidak ??

    1. Selamat siang, tidak bisa kak kalo untuk lebar velg 8 harusnya diukuran 215 ya kak 🙂

  12. phacenk pasaribu berkata:

    gan, boleh kasih saya sedikit masukan?
    kalau innova reborn upgrade velg R17 L9 ET42, ban mana yang lebih rekomend 235/55/17 atau 245/55/17?
    dan untuk spesifikasi di atas, aman tidak ya untuk innova reborn? apakah mentok?
    mohon pencerahan nya gan, thanks b4.

    1. Halo, untuk ukuran tersebut kami tidak menyarankan kak dan nantinya akan mentok. Untuk yang aman bisa pakai ukuran OEMnya saja kak 215/55 R17

  13. Agung berkata:

    Ban saya skrg ukuran 215/45 R18
    Nyarinya agak susah nie, kira2 kalo mau ganti ke ukuran brp ya yg masih masuk?

  14. Tasrif berkata:

    Halo, Sy pengguna Kijang Krista..
    Mau ganti Ban ke ukuran lebih besar.
    Ban standarnya adalah 185/65/R15, kemudian pernah diganti menjadi sampai skr pake 195/65/R15.
    Rencananya mau ganti pake 205/70/R15 semi offroad biar kelihatan keren dan tinggi.
    apalagi medan jalan di daerah Sulawesi agak berat.
    Adakah resikonya?? trus perlukah ganti Sokbreker??

  15. Heribertus berkata:

    Pak bos . Mobil saya brio satya ukuran ban 175/65 ring 14 saya mau naikkan ke ring 15 …profil ban yang tetap nyaman dan tidak berpengaruh dengan setelan spidometer pakai ukuran berapa ya ? 185/55 ring 15 lebar 6,5 atau 185 / 60 ring 15 lebar velg 6,5 ? Mohon sarannya . Trimakasih.

  16. Arif Hidayat berkata:

    Hallo, Malam.
    mobil saya sigra ukuran velg&ban standar 176/65 R14, mau ganti Velg R15 tpi tanpa ban serep cocok ukuran ban berapa ya? biar nanti ban serep (R14 175/65) yang lama berguna/sama tingginya.

  17. Yosa 34 berkata:

    Mobil saya agya 2017.ban standarnya 175/65 r14, kalo saya ganti ke 185/70 r14 boleh gk om …terus berpengaruh di mesin gk ? dan kaki mobil terutama di bagian depan om …?

    1. Selamat pagi, saran dari om james sih lebih baik untuk tetap diukuran 175/65 r14 ya kak, dikhawatirkan mentok kalo di up ke 185/70

  18. Fahmi berkata:

    Mobil saya innova rebon pakai velg racing ring 16,agar keliatan penuh harus ganti ukuran ban berapa ya om,terima kasih

    1. Selamat siang, kami sarankan untuk menggantinya diukuran 205/65 R16 ya kak

  19. Zaki berkata:

    Halo, saya pemilik suzuki karimun kotak 2001. Velg sudah diganti dengan velg suzuki baleno 2000. Sekarang pakai ban 185/55/r14, saya ingin mengganti dengan yang lebih kecil tapaknya 175 atau 165. Apakah ini aman? Atau ada suggest terbaik? Pakai ban ini kalo full ban belakang agak gesrot dan ban depan kalo belok juga gesrot. Terima kasih

    1. selamat siang, kalo untuk amannya diukuran 175 saja ya kak

  20. Tri Kurniadi berkata:

    Mobil saya innova venturer diesel. Per dan kaki2 standar. Ukuran ban mau saya ganti rencanya, Depan 225/60/R17 dan Belakang 235/55/R17 dan velg tetap standar venturer yang mana lebar velgnya 6.5 inch.
    Harapannya agar kolong ban terlihat lebih padat dan berisi.
    Pertanyaannya apakah ukuran tersebut aman dari gasruk dan pengaruhnya terhadap kenyamanan berkendara.
    Terikasih sebelumnya atas jawabannya.

    1. selamat siang, klo untuk lebar velgnya 6.5 inch ukuran standarnya adalah 185/195 ya kak, jadi untuk ukuran tersebut tidak aman kan kak dan akan mengakibatkan gasruk ya kak

  21. Irvan saputra berkata:

    Selamat sore, mobil saya kijang super, pertama beli ban ukuran 175 ring 13, ini saya ganti ban 205/65 ring 15, kalau mau di kecilin sedikit, ganti ban ukuran berapa yang ring 15???
    Terimakasih

    1. Selamat Siang, kalo untuk dikecilin lagi ukurannya paling 195/65 R15 ya kak

  22. Tio berkata:

    Mau tanya min, untuk yaris sportivo 2013 ukuran standart R15 185/60,mau ganti ke R15 185/55 apakah masih aman,, makasih

    1. Selamat pagi, iya masih aman kok kak…

  23. Abdi berkata:

    ijin bertanya om,
    Mobil sy Rush 2011 ban standart dunlop H/T 235/60/16
    rencana mau sy ganti menjadi ban Dueler A/T 215/70/16
    diganti karena Ban A/t ukuran standart gak ada.

    kira2 lebar Velg nya aman om ?
    atau ada saran lain..

  24. Burhan berkata:

    Bos kalau ban 175/70R16.diganti sama ban 175/70R17 bisa masukkah dipelek nya

    1. Hai Burhan! Tidak bisa ya kak, Untuk velg ukurannya harus sama ya kak

  25. imanuel berkata:

    salam, kalo untuk veloz dengan velg standar.. apa bisa menggunakan ban 195/60 R15? standarnya kan 185/65 R15.. tujuannya untuk mendapatkan lebar sedikit

    1. Hai imanuel, bisa ya kak..

  26. Septitan berkata:

    Tanya om saya pakai x trail 2002 ban standar 215/65R16. Mau ganti ban ukuran lebih kecil 205/55 bisa gak?

    1. Hai Septian, selamat Pagi…bisa kak tapi kami sarankan untuk tetap memakai ukuran 215/65R16 ya kak..

  27. Herklan berkata:

    Mobil Swift ring 15
    Ban belakang mau saya naikan dari 185/65/15 menjadi 195/65/15 aatau 205/60/15 apakah masih aman?

    1. isga berkata:

      Halo! Kalau dinaikan 195/65/15 bisa kak kalo dinaikan ke 205 dikhawatirkan mentok kak..

  28. Suprianto berkata:

    Klo ban ukuran 155/80 R13 mau pakai Pelk Ayla R14 cukup gak atau bisa tidak

    1. isga berkata:

      Ngak bisa ya kak, ukuran ban dan ring velg harus sesuai kak

  29. Alif syahfiar nurfaizi berkata:

    Selamat siang saya mau nanya dong. Saya punya mobil avanza pake velg r16 185/55 pengen ganti sama yg agak tinggi 60 kira2 make ukuran berapa ya pak. Terima kasih

  30. Hananta berkata:

    Tanya donk om… Ban bawaan 205/55/16…. kalau naik ke 215/60/16 apakah masih aman?
    Atau sebaiknya tetap di tinggi yang sama aja 215/55/16

    1. sebaiknya 215/55 R16 kak, khawatir akan mentok nanti ya

  31. Defan sanders berkata:

    Pak,,mobil saya innova reborn..
    Ban bawaan nya 205.65.R16
    Depan mau saya ganti sama 215.65.R16
    Apakah itu ada pengaruh nya pak

    1. bisa gan dan ngak berpengaruh kok..

  32. Jodi Gunawan berkata:

    Om, mobil saya grandmax velg masih standar bawaan 165/80r13, kebetulan sepupu ada velg kaleng terios r16, kalo di pasangkan ke grandmax cocoknya pake ban ukuran berapa?

    1. Hai Jodi Gunawan…kami sarankan untuk ttp memakai ukuran yang standard ya gan takutnya nanti mentok…

  33. Hendra Randa berkata:

    Mobil Outlender 2012 dgn ukuran ban 215/60R17 apakah masih boleh diganti dgn ban 215/55R17 .

    1. Hai Hendra Randa, bisa kak…jika berminat langsung WA ya kak http://wa.me/6282111662688

  34. Edoard berkata:

    Selamat Sore:
    Mobil sy Chevrolet Captiva , utk uk ban standardnya R17/60/235.
    Jika di ganti uk ban menjadi R17/65/235
    1. apakah msh dlm range toleransi
    2. bgm Aspek Rationya dan
    3. apakah sangat berpengaruh kpd Performansi mobil.
    Mhn pennelasannya

  35. Ojak berkata:

    Halo mau tanya velg setandar jazz rs uk ban 185 x55 r16
    Apa bila di pasangin ban uk 195 x50 r16 apakah bisa

    1. isga berkata:

      seharusnya masih bisa pak, tapi untuk memastikan bisa coba di fitting saja di bengkel rekanan kami pak.

  36. Padi Aja berkata:

    Izin tanya :
    Innova 2004, gak tau velg dan ukuran standard nya brp, krn waktu beli, velg+ban udh bukan standard.. saya ganti pakai velg HRV dan pakai ukuran ban 215/60R17. Ideal gak ya..? mohon pencerahan.. terima kasih

    1. isga berkata:

      Untuk standar nya 205/65r15 pak OEM nya Innova.. bisa kalau mau pakai 215/60r17 hanya saja jika ingin ideal bisa pakai ukuran 215/55r17

  37. agung berkata:

    mau tanya kalo ban depan ukuran 175/65 ban belakang bisa 165/70?

    1. isga berkata:

      bisa infokan lebih untuk merk mobilnya pak

  38. Andik prasetyo berkata:

    Selamat sore gan.. Mau tanya rencana mau ganti velk R13x6inch… Ban yg sesuai/ideal dengn velk tersebut ukuran brp ya.. Sekalian recomendasi ukuran yg ngedonat tapi yg masih aman2
    Thanks gan atas jawabannya
    Nb,.mobil carry station

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat sore, untuk lebar 6inch idealnya pakai 175 – 185 pak untuk lebarnya. Jika ingin terlihat donat lebarnya harus di kecilkan.

  39. Willy novarizal berkata:

    Saya pakai brio dan menggunakan velg ring 15 ban belakang yg ideal suupaya bannya donat pakai ukuran berapa

    1. Guruh Ediana berkata:

      Jika ingin bannya terlihat donat (narik). Bisa di infokan lebarnya berapa?

  40. Dwie77 berkata:

    Om mau tanya, saya pake brio satya e 2015, ban standard 175/65 R14, kalo ingin ganti ban agar keliatan sedikit lebar dengan GC tetap sesuai standard tanpa mengganti velg bawaan, harus diganti ke ukuran berapa? ada yang ngasi saran ganti ke ukuran 185/60 R14. mohon pencerahannya Om

    1. Guruh Ediana berkata:

      untuk iniformasi lebih lengkap bisa menghubungi cs kami di 0857 – 1111 – 1475 ya pak ..

  41. Anto berkata:

    Malam om,
    Mobil saya grand innova mo pake velg juke ring 17 225/55 agar terlihat lebih gagah apakah mempengaruhi performa dg ukuran ban tersebut ? Tks

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat siang, khawatir jika pakai ukuran tersebut mentok pak 🙂

  42. Diky berkata:

    Selamat malam pak. Sy mau tanya velg ukuran 7-8 ring 15 di Genio rekomendasinya pakai ban ukuran berapa ya ?

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, idealnya velg 7inch itu 195 – 205. sedangkan 8 inch itu 215 – 225 pak..

      1. Ahmadi berkata:

        Kalau velg 6 inci pakai ban 225/50 R16 bisa gak om..sy rencana masih mau pke velg oem yaris sy..sebelumnya menggunakan turanza 195/50 R16

  43. RIFA berkata:

    Gan mau tanya, mobil saya kia picanto, sekarang saya pakai ban 185/60/R14. Kalo saya mau ganti velg ke R15 ganti ban ukuran 195/50 atau 185/60 aman ga ya ?

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi pak, untuk KIA PICANTO R15 bisa pakai ukuran 185/60r15 pak 🙂

  44. Anto berkata:

    Selamat siang,

    kalo saya ingin ganti ban saja yang agak lebar dikit tanpa ganti pelek untuk Ayla M yang velg-nya R13 (bawaan) apakah bisa?
    bisa kasih saran?

    terima kasih

    1. Guruh Ediana berkata:

      Jika ukuran standarnya 155/80r13. Bisa menaikan ukuran ke 165/80r13. Harusnya sih masih aman.

      Informasi lebih lengkap bisa menghubungi cs kami di 0857 – 1111 – 1475

      1. Exand berkata:

        Kalau saya naikin dr R13 ke R14 buat ayla M yang amannya ban ukuran brpa y pak biar ga perlu modif kaki² dan ga ngaruh ke speedometer

  45. Adi berkata:

    Kalau saya punya velg ukuran 9″ supaya ngedonat tapi gampang ganti ban soalnya saya pernah mau ganti ban pakeukuran 165/60 r13 gak bisa udah di akalin pake bom gak bisa

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, memang sangat jauh kalo dipakaikan 165 pak.
      Ukuran 9″ itu standarnya pakai ukuran 245 – 255

      Jika dipakaikan 165. Sangat jauh.

  46. Alex berkata:

    Mau tanya, kan ukuran ban bawaan xpander cross itu 205/55 r17, nah kalo yang diganti bannya saja tpi dengan ukuran 225/55 r17 bisa tidak ya?

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, bisa menghubungi cs kami via whatsapp di 0857 – 1111 – 1475 ya pak.

  47. Fatir berkata:

    Om…
    165/70 R13 klo d ganti 185/70 R13 valg nya tdk di ganti apakah bisa…..
    Mazda mr

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, bisa menghubungi cs kami via whatsapp di 0857 – 1111 – 1475 ya pak.

  48. Agiantra berkata:

    Mau tanya dong, ignis kan ban standar nya 175/65 dgn velg R15 lebar 5, klo saya masih tetep pake velg standar tp ganti ban ke 195/60 masih bisa ga? Jd donut ga kira2 ban nya?

    1. Guruh Ediana berkata:

      Mohon maaf pak, untuk velg standar spacenya sedikit. Kemudian yang di maksudnya dengan donut itu posisi dimana velg lebih lebar dibandingkan dengan ban mobil.

  49. fey berkata:

    Mobil saya Yaris Bakpao, menggunakan velg ukuran 7-9 inci. Kalau saya mau pakai ban ukuran 185/55 atau 185/60 apakah cocok?

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, velg dengan lebar 7inch itu idealnya pakai lebar 195-205| Sedangkan untuk lebar 9inch idealnya paki 245-255.

      Yang terpasang saat ini ukurannya berapa?

  50. Dodi berkata:

    Hai Pak Guru

    Mobil saya suzuki karimun wagon r dangan ban dan velg standar bawaan, ingin saya ganti ban saja dahulu yg agak lebar kira2 bagusnya apa ya, dan bisa berikan rekanan kios ban tuk wilayah tangerang pak

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat sore, mohon maaf untuk daerah tangerang belum ada. Kemudian untuk Suzuki Karimun Wagon R bisa pakai 175/65r14. Banyak pilihannya untuk ban ukuran tersebut. Bisa lihat di link berikut : http://kiosban.com/promo/harga-ban-mobil-special-discount-up-to-52-off/

  51. Sumantra berkata:

    Mobil saya toyota viios standar 185/55 r 15 maw pake velg r 17 lebar 8,5-9,5 enakan pakai ban ukuran berapa ya yang empuk??
    Terima kasih sebelumnya

    1. Guruh Ediana berkata:

      Lebarnya 8.5 – 9.5? Kami hawatir mentok gan, soalnya lebar banget. Kalo 185 itu paling lebarnya 6.5 – 7inch

  52. jhon berkata:

    Izin tanya mas, saya punya pickup espas 93..
    Standar velg 5.50-13..
    Rencana mau buat kedaerah lumpur..
    Kalau saya naikkan ganti velg paling maksimal ukuran brapa ya?
    Atau kalau harus round per juga maksimal masuk ukuran brapa ya?
    Mohon pencerahannya mas.

    1. Guruh Ediana berkata:

      Kalo untuk modifikasi yang ekstreme kami belum bisa memastikan gan. Informasi lengkapnya bisa menghubungi cs kami di 0857 – 1111 – 1475

  53. Jimmy berkata:

    Velg saya r17 lebar 8.5-10in yg pas kira2 pake ban ukuran brp y om ? Thanks respons nya om

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, mobilnya apa gan?

  54. Ismail berkata:

    Om.sy pake velg R15 lebar 6.5 ET 25 untuk kijang kapsul.ban pake 195/60/r15.
    Biar keliatan lbh gagah,keliatan penuh di spartbor,klo ban sy ganti 205/60/r15 gmna om?

    1. Guruh Ediana berkata:

      Kalo velgnya lebar 6.5 itu bagusnya pakai 195 gan. Kalo pakai 205 kami belum pernah coba. Bisa menghubungi cs kami di 0857 – 1111 – 1475

      1. Jimmy berkata:

        Sy pake velgbr17 lebar 8.5-10 in yg ideal pake ban ukuran brp om

        1. Guruh Ediana berkata:

          Selamat pagi, mobilnya apa gan?

      2. sukirno berkata:

        om mau tanya,, utk kijang LGX velg standarnya kn R14 klo saya ganti R15 lebar 6 offset 40 sebaiknya ukuran ban nya brp om biar nyaman dan ga gasruk spartbor,, mksh

        1. Guruh Ediana berkata:

          Lebar 6 itu idealnya pakai 175 – 185 pak. informasi lebih lanjut bisa menghubungi cs kami di 0851 – 0094 – 3278

  55. Burhanudin Saefullah berkata:

    Gan, mobil saya Honda Brio Satya 2019, velg R14 ukuran ban 175/65.
    Saya mau ganti yang agak lebaran, tetep velg R14 tapi ukuran bannya 185/55
    Apa bisa gan..?

    1. Guruh Ediana berkata:

      Kalo mau yang agak lebar bisa pakai 185/60r14 atau yang extremenya 185/70r14 (ban avanza).

      1. andy berkata:

        kalau ban standar brio R14 lebar 175/65 , di perlebar lagi 185/65 , maka hasilnya lebih DONUT untuk ban.
        apa dampak dari lebih menDONUT ?
        terima kasih .

        1. Guruh Ediana berkata:

          Kalo diperlebar tidak jadi DONAT pak, kalau lebarnya di kecilkan atau mengganti lebar ukuran velg itu baru bisa terlihat DONAT

  56. Adi berkata:

    Selamat malam om,,mau tanya.klu ban suzuki jimni di pakai ban ukuran 33 apa pengaruh terhadap mobil tersebut

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, mohon maaf Pak, yang Bapak maksudnya Suzuki Jimny yang baru atau yang lama ya?

  57. Priyo Pompi berkata:

    Gan, untuk innova reborn dari standar 205/65 R. 16, lebih cocok diubah 215/60 R16 atau 215/65 R16? Mohon pencerahan. Terima kasih

    1. Guruh Ediana berkata:

      Mohon maaf sebelumnya, sebelum merubah ukuran ban, kami pasti selalu bertanya, “Ada masalah apa dengan ban bawaannya?” Agar kami tidak salah me-rekomendasikan ukuran yang benar.

      Apakah dari segi tampilan atau performa mobil?

      1. Priyo Pompi berkata:

        Halo Pak Guruh, Yang sekarang cenderung bumpy dan dari tampilan sedikit cungkring. Jadi pengin lebih gagah dan secara performanya juga lebih baik.

      2. Veria Utama berkata:

        Sama dg pertanyaannya pak priyo, mau ganti ban innova reborn juga. mohon pencerahan dari segi tampilan dan performa mobil. Trims

        1. Guruh Ediana berkata:

          Selamat pagi, untuk merubah ukuran ban mobil tanpa merubah velg mobil, bisa pakai ukuran 215/65r16. Dari segi tampilan agak lebar sedikit, dan dari performa masih aman.

  58. Ali berkata:

    Bang… Kl mobil kijang super G thn 94 Kf50, cocoknya pake velag ukuran brp yah..? Kl r13 ada pa gak yg tapak lebar ban nya..? Misal 195 dst dgn ukuran ban type besar macam offroad2 gt…
    Terima kasih,

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, kalo mau pakai lebar yang 195. Ukuran velgnya bisa pakai R14. Nanti ukuran bannya 195/70r14. Lebar velgnya harus 6.5 – 7 inch

  59. Agus j berkata:

    Ban standar fortuner trd 165/65 R17. Untuk.lebih lincah dan mengurangi limbung. Bisakah diganti ukuran lebih ramping. 245/75R17.

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, mungkin maksudnya 265/65r17. Kalau diganti dengan ukuran 245/75r17 dikhawatirkan:

      1. Ukuran jadi lebih kecil namun tinggi.
      2. Speed rating dan index beban tidak sesuai.
      3. Pilihan bannya sangat jarang.
      4. Tidak mengurangi gejala limbung.

      Kenapa tidak mengurangi gejala limbung? Karena, untuk mobil Ladder Frame seperti fortuner, memang karakteristiknya itu mampu menopang beban berat, namun sangat buruk di pengendalian. Berbeda dengan mobil – mobil Monokok. Mobil – mobil monokok biasanya tidak bisa menopang beban berat, namun baik di pengendalian.

      Seperti itu kira – kira pembahasan secara singkatnya.

  60. Agung priyo berkata:

    Maap gan..mobil saya kia pride ukuran ban 185/65 R14 klo mau kliatan lbih gedean ban nya pake ukuran berapa ya tapi ttep aman..mkc gan

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, untuk KIA Pride kami belum pernah naikan ukuran bannya gan, paling kalo mau bisa pakai ban avanza yaitu 185/70r14. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi customer service kiosban di 0857 – 1111 – 1475

  61. Indra P berkata:

    Mau tanya om, sy pake Veloz 2017 ban standar 185/65/15. Kalau sy mau ganti bannya agak lebar & agak tinggi dgn velg standar R15 tetapi tetap aman, nyaman, tdk mengurangi performa mesin & tdk merusak penampilan, maksimal pake ukuran brp ya ?
    Terimakasih atas responnya

    1. Guruh Ediana berkata:

      Hallo gan, kami belum pernah coba menaikan ukuran Avanza Veloz. Estimasi mungkin bisa pakai ukuran 195/65r15 namun harus di coba dulu. Jika ingin mengatur jadwal kedatangan untuk uji coba silahkan menghubungi cs kami di 0857 – 1111 – 1475

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *