FYI

Mari Berkenalan Dengan Jenis-Jenis Wiper Mobil Yang Ada Di Pasaran

Jenis Wiper Mobil

Sebagai pengguna mobil, Anda pasti tau tentang apa fungsi wiper mobil. Ya, alat yang biasa terpasang di kaca depan mobil ini memang biasa dimanfaatkan para pengendara saat mereka harus berhadapan dengan kondisi cuaca hujan di tengah perjalanan. Meskipun bentuknya mini dan terkesan sepele, benda yang satu ini diakui cukup membawa manfaat kepada performa mengemudi pengendara disaat turun hujan.

Tanpa adanya wiper mobil, mungkin Anda akan kesulitan mengemudikan mobil karena jarak pandang yang amat terbatas. Bahkan, bisa saja Anda malah terlibat dalam kecelakaan lalu lintas karena buramnya pandangan yang ditampilkan oleh kaca depan mobil, karena guyuran air hujan.

Pada dasarnya, tiap benda memiliki umurnya masing-masing. Dan adalah sebuah keharusan untuk pemilik mobil melakukan perawatan terhadap mobilnya, termasuk hingga ke bagian wiper mobil. Di beberapa kondisi, wiper tersebut mungkin cukup diperiksa kelayakannya. Namun saat sudah mulai menunjukan tanda-tanda bahwa ia sudah mulai tidak layak digunakan, Anda harus bersiap untuk melakukan penggantian wiper ya!

Tapi sebelum bersiap mengganti wiper, Anda sudah tahu belum sih tentang jenis-jenis wiper mobil yang ada di pasaran? Daripada bingung saat memilih wiper untuk mobil kesayangan nanti, lebih baik bil Anda menyempatkan waktu untuk menyimak artikel singkat kami yang satu ini yuk! Selamat menyimak artikel berikut ini ya!

1. Wiper Jenis Konvensional

Untuk Anda yang memiliki mobil keluaran lama, Anda mungkin sering menjumpai jenis wiper yang satu ini. Wiper yang terdiri atas braket dan karet ini memang akan sulit ditemukan di mobil keluaran zaman sekarang. Meskipun begitu, mencari wiper ini masih terbilang mudah loh! Kan zaman sudah canggih.

2. Wiper Jenis Full Frame

Sering memperhatikan mobil keluarga yang sering Anda pakai sehari-hari? Bila iya, pasti Anda sudah sering melihat jenis wiper mobil yang satu ini.

Wiper yang satu ini memang memiliki daya tahan yang lebih kuat karena memiliki gagang besi yang cukup kokoh. Saking kokohnya, ia mampu membantu wiper dalam membersihkan kotoran yang ada di dalam kaca, meskipun disisi lain gagang ini juga dapat membahayakan kaca depan mobil bilamana karet wiper sudah mulai menipis.

3. Wiper Jenis Flat-Blade

Wiper yang satu ini terbilang simple dan cukup ringan. Pasalnya, penyangga dari Wiper jenis Flat Blade hanya disokong oleh penyanggah kecil di bagian tengah wiper. Untuk komponennya, sebagian besar materialnya berbahan dasar karet. Ia memiliki besi pipih yang dijadikan material selipan, yang mampu mempertangguh kekuatan sapuan yang ia miliki.

4. Wiper Jenis Refill

Menyukai segala sesuatu yang bersifat refill? Mungkin Anda akan cocok dengan wiper yang satu ini. Seperti namanya, Anda dapat merefill wiper mobil dengan mengganti ban karetnya, saat kondisinya sudah mulai tak layak guna. Namun jangan lupa, Anda harus selalu memperhatikan ukuran karet agar tetap sesuai dengan standard kerangkanya.

5. Wiper Jenis Hibrida

Wiper yang satu ini bisa dibilang adalah suatu hasil produk yang memadukan wiper konvensional, serta wiper flat-blade. Dengan komponen braket dan holder plastik yang dimilikinya, Anda akan mendapatkan hasil pembersihan kaca yang optimal. Bila sudah begini, segala kotoran yang menghalangi di kaca mobil depan Anda akan mudah untuk dihilangkan.


6. Wiper Frame-Less

Tipe Wiper yang satu ini dilengkapi dengan bingkai yang berbahan baku plastik, dan karet yang teksturnya amat lembut. Bila di tipe full frame kaca mobil memiliki resiko lecet saat harus bersentuhan dengan bagian bingkai besi, wiper yang satu ini tak akan membuat kaca depan Anda menjadi lecet.

Meskipun begitu Anda harus tetap memperhatikan kondisi karet. Penyebabnya adalah karena, wiper ini tak dapat diisi ulang, sehingga Anda memerlukan budget lebih untuk melakukan penggantian wiper untuk mobil kesayangan.


Oke, itulah tadi artikel singkat tentang jenis-jenis wiper yang bisa Kiosban tuliskan. Meskipun jenisnya banyak, Anda tak perlu bingung dalam menentukan pilihan wiper yang terbaik. Asalkan sesuai dengan standar bawaan mobil kesayangan, kualitas wiper tersebut sudah cukup baik kok!

Namun bilamana Anda membutuhkan wiper baru untuk mobil Anda, sah-sah saja sih untuk membeli wiper mobil yang tersedia di kios ban. Harganya cukup terjangkau kok! Selain itu, kualitasnya juga oke punya!

Membutuhkan bantuan? Atau ingin mengajukan pertanyaan? Hubungi Customer Support kami ya! Apapun pertanyaan yang Anda ajukan, kami siap membantu Anda semaksimal yang kami bisa. Baik, cukup sekian dulu ya! Sampai jumpa lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.