News & Event

Langkah Tepat Ganti Ban

Terkadang  diri kita dibingungkan dalam menentukan pilihan, ban mana yang tepat dengan mobil kita. Memasangkan ban yang tidak tepat dapat mendatangkan kerugian bagi yang menggunakannya. Selain itu konstruksinya yang tidak sesuai, juga bisa merusak bagian dari mobil. Umur pakai menjadi lebih pendek serta sering dapat menghilangkan kenyamanan.

Biasanya kita jumpai terdapat 2 jenis ban di pasaran, yakni jenis ban radial dan  bukan radial (bias). Secara sepintas kedua jenis ban ini Tidaklah beda, akan tetapi sebenarnya kedua ban ini tentu tidak sama konstruksinya. Perbedaan konstruksi ban ini sangat erat hubungannya terhadap  jenis mobil apa ban tersebut dapat dipergunakan seperti :

6.00-14 6PR

Angka 6.00 merupakan angka yang menunjukkan lebar penampang ban tersebut dalam satuan inchi (lk 153 mm). 14 merupakan diameter dari ring (velg) juga pada satuan inchi. 4PR atau 4 Ply Rating menunjukkan berlapis lapisnya ply-cord, bukan hanya 4 lapis tetapi PR digunakan dalam menunjukkan suatu ban dengan beban maksimum yang diizinkan. Ban dengan ukuran ini mampu menerima beban maksimum 615 kg setiap ban, pada tekanan angin 47 psi.

185/70 SR 13 dan 185/60 HR14

Ban dengan huruf R ini menunjukkan bahwa jenis ban ini merupakan radial yang khusus digunakan pada mobil penumpang sedan. Huruf S dengan diameter velk 13 inchi menandakan bahwa kecepatan maksimal ban ini ialah 175 km/jam, sedangkan huruf H sampai 210 km/jam dan V untuk kecepatan di atas 210 km/jam. Tekanan angin antara 28  hingga 30 psi dan beban maksimum yang bisa diterima 400 kg/tiap hari. Angka 70 serta60 merupakan aspek rasio dari ban (tinggi berbanding lebar penampang ban), sedangkan 185  merupakan lebar penampang ban dalam millimeter.

175 R 13 6PR (LT – COMMERCIAl)

Ban ini sangat cocok bagi kendaraan minibus karena sifatnya radial yang memberikan kenyamanan, namun demikian tidak mengabaikan stabilitas sesuai dengan permintaan pabrik pembuat mobil. Karena daya dukung terhadap beban keseluruhan mobil bisa mencapai 2.100 kg. Disamping itu permintaan pabrik bahwa tekanan ban depan 28 psi dan belakang 49 psi dapat dipenuhi (2Kg/CM2 dan 3,5 Kg/CM2). Tulisan 6PR menunjukkan tekanan angin yang diizinkan sampai 50 psi serta beban yang dapat diterima oleh setiap ban 525 kg. Sedangkan LT adalah singkatan dari Light Truck.

(can23)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.