News & Event

Langkah Perbaiki Handling Mobil Anda

Memodifikasi mobil dengan mengganti velg dan ban dengan ukuran yang lebih besar memang bisa memperbaiki pengendalian (Handling) mobil anda. Akan tetapi  tidak hanya itu saja, sebab masih banyak hal yang harus diperhatikan. Dan berikut ini adalah beberpa langkah-langkah untuk mendapatkan pengendalian (handling) yang sempurna.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengganti ban.  Untuk meningkatkan pengendalian adalah mengganti ban dengan diameter yang lebih besar. Inilah cara yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Pilihlah kombinasi ban dan velg yang paling optimal atau sesuai. Sebab setiap pengantian ban dan velg akan mempengaruhi tingkat pengendalian pada kendaraan.

Mengganti shock. Jika tidak puas hanya dengan memperbesar ukuran ban, langkah kedua yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti shock dan spring dengan ukuran yang lebih pendek. Prinsipnya, semakin rendah kendaraan, semakin baik pengendaliannya. Bisa dengan menggunakan racing spring yang umumnya lebih pendek dan lebih kuat. Supaya mendapatkan hasi yang lebih sempurna lagi, gabungkan dengan performance shock yang bisa diatur tinggi rendahnya serta kualitas peredamnya.

Pemasangan anti-roll bars. Masih ada kebanyakan orang yang masih belum puas hanya dengan mengganti ban dan shock saja. Langkah selanjutnya yang akan di lakukannya adalah memasang anti-roll bar. Prinsip kerja alat yang dipasang di sistem suspensi roda depan ini, adalah menyeimbangkan perbedaan beban disalah satu ban ketika mobil menikung. Manfaatnya memperkecil resiko mobil terguling dan penumpang tidak akan merasa terlempar ketika mobil menikung dalam kecepatan tinggi. Perangkat ini banyak tersedia di pasar dengan berbagai model dan harga. Akan sangat bermanfaat bagi mereka yang gemar menekan pedal gas-nya dalam-dalam.

Mengganti Bushing. Bagi golongan orang yang menuntut pengendalian sempurna, maka penggantian seluruh komponen suspensi mutlak dilakukan termasuk mengganti bushing. Bushing adalah komponen vital pada sistem suspensi. Biasanya terbuat dari karet. jika terlalu lama bisa menjadi terlalu lentur dan akan mengurangi tingkat pengendalian.

Sebagai pengganti karet yang terlalu lentur, kini dijual bushing yang terbuat dari polyurethane, bahan sintetis yang mempunyai sifat mirip karet namun lebih tahan lama. Bushing ini banyak dijual dipasaran. Penggantian bushing pada seluruh sistem suspensi akan memperbaiki tingkat pengendalian mobil dan mengurangi kemungkinan resiko mobil terguling. (suk.025)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.