News & Event

Kunci Ring, Peralatan Yang Wajib Disediakan

Hampir sama di bandingkan dengan kunci pas yang memiliki tugas untuk membuka dan mengencangkan baut. Bedanya dengan konstruksi dua belas sudut (mata), memungkinkan digunakan terhadap ruang yang terbatas. Itu sebab dindingnya yang tipis bisa digunakan pada posisi di mana kunci pas tidak dapat digunakan.

“Kunci ring terdapat banyak tipe dan ukurannya. Mulai dari kunci ring tunggal, kunci ring matric, kunci ring set maupun kunci ring bulan set. Fungsinya selain guna membuka dan mengencangkan baut pada mesin bidang otomotif, juga dalam bidang di luar otomotif,. Yang jelas, kunci ring memang lebih presisi dibanding kunci pas,” ujar Supriatna Tatang, technical supply Galaxy, Tekiro Tools.

Menurut Bebi, sapaan Supriatna, permintaan terhadap kunci ring ini terbilang sangat tinggi. Itu dikarenakan kebutuhan dalam hal itu memang besar.

Peralatan yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Boxes End Wrench ini aslinya terbuat dari bahan baja tensil tinggi. Ialah merupakan paduan logam chrome vanadium, dengan cincin yang berdimensi heksagonal atau lebih pada lubang diameter dalamnya. Yang menjadikan kunci ring ini lebih kuat dan lebih ringan dibanding kunci pas.

“Terdapat pula yang terbuat dari bahan besi biasa. Yang ini tentu memiliki kualitas lebih rendah serta harga lebih murah pula. Istilahnya ada juga yang KW atau tiruan. Tapi kalau untuk kepentingan yang lebih umum serta untuk jangka panjang, banyak yang memilih sekalian yang berkualitas. Sebab secara harga memang bervariatif,” lanjut mantan pembalap drag race ini.

Sugiman, pemilik perusahaan vendor otomotif menganjurkan agar memilih kunci ring yang asli. “Memang secara harga lebih mahal, akan tetapi lebih tahan lama. Kalau yang KW, apabila dipakai terus gampang rontok. Saya menyarankan apa bila dipakai untuk kepentingan pribadi dengan kebutuhan terbatas, silakan beli yang lebih murah. Tetapi hanya untuk dipakai sendiri dan perawatan yang baik,” ujar pria yang usahanya ada di daerah Pesing, Jakarta Barat ini.

Yang pasti, kunci ring memiliki kelebihan dalam memberikan cengkeraman pada seluruh kepala baut. Ini dimungkinkan sebab memiliki gerigi yang lebih menonjol serta lebih kuat. Selain itu juga memiliki ukuran yang sangat presisi berdasarkan mm maupun inch.

Di lihat dari ukuran, ada yang memakai inch (inchi) maupun metric (mm). Ukuran inch biasa digunakan bagi mobil-mobil Eropa seperti Mercedes-Benz, BMW maupun Volvo. Sedang ukuran metric (mm) biasa digunakan bagi mobil-mobil Jepang. Harga per satuan berkisar Rp 30 ribu bagi ukuran 6×7 mm, sedang ukuran 30 x 32 mm dengan harga 30×32 mm.

Untuk satu set dengan 8 kunci ring ukuran 6-24 dengan harga berkisar Rp 380.000,-. Sedangkan satu set dengan 12 satuan untuk ukuran 6-32 dengan harga berkisar Rp 840 ribu untuk merek Tekiro. Sedangkan untuk merek Jerman, Elora, per satuan kunci ring dengan 6×7 mm dengan harga berkisar Rp 60 ribu. Dan Rp 350 ribu untuk ukuran 30 x32 mm. Merak Jerman ini per set nya harganya bisa mencapai Rp 700 ribu hingga Rp 2 juta. 

(can32)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.