News & Event

Komponen pengapian dalam menghadapi mobil mogok

 

 

 

 

 

 

Di mobilku, komponen pengapian terdiri dari distributor, platina serta busi. Terdapat satu lagi kondenser, ini mungkin untuk menyimpan tegangan dulu sebelum diberikan ke platina.

Pada sistem CDI/IDI, belum ngerti bagaimana kerja persisnya, tapi mungkin mirip. Indikasi masalah ialah putaran timing kencang (pertanda aki dan koil bagus), namun mesin tidak mau menyala, atau mau menyala namun pincang dan mati lagi.
Yang perlu dilakukan adalah:

  1. Periksa tegangan keluaran dari koil (masukan ke distributor). Buka kabel, stater mesin dan dekatkan ke massa. Bila terdapat percikan api, keluaran koil tidak terdapat masalah.

 

  1. Cek semua busi. Buka serta bersihkan atau jika perlu diamplas. Mesin pincang dapat jadi karena salah satu busi kotor atau mati. Pasang kembali serta pastikan kabel busi terpasang benar di kepala distributor .

 

  1. Buka tutup distributor serta periksa platina apakah permukaannya terdapat kotoran atau sudah aus. Bersihkan dengan amplas bila perlu. Pasang kembali jika telah bersih.

 

  1. Pastikan semua kabel-kabel yang menghubungkan distributor dengan condenser, busi-busi dan koil benar-benar terhubung dengan baik.

(rdo82)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.