News & Event

Kapan Sih Saat Tepat Mengganti Ban?

Jakarta – Kadang kita hanya tahu mengemudikan kendaraan saja, tanpa pernah mau peduli dengan keadaan dan kondisi ban. Padahal, si karet bundar ini sangat vital fungsinya, terutama untuk keselamatan.

Banyak pengemudi yang mengacuhkan ban mobilnya yang sudah aus atau sudah tidak layak pakai lagi. Sebenarnya, kapan sih waktu yang tepat untuk mengganti ban?

Tips yang diberikan produsen ban nasional GT Radial, ada beberapa indikasi dan gejala yang memberi tanda kalau kita harus segera mengganti ban kendaraan. Apa-apa saja?

Setiap ban kan memiliki Tread Wear Indicator (TWI) yaitu simbol pada dinding ban berbentuk segitiga. TWI ini gunanya sebagai indikator tingkat keausan ban sehingga bisa dijadikan patokan.

Saat tapak ban sudah melampaui indikator tersebut, terlihat garis melintang antara tapak ban, yang berarti ban tersebut sudah tidak layak untuk digunakan, karena sudah gundul.

Karena ban gundul sangat berpengaruh terhadap handling serta kemampuan kendaraan untuk membuang aliran air saat menerjang genangan air. Akibatnya menjadi licin dan sulit dikendalikan.

Selanjutnya, perhatikan juga fisik ban. Apakah ada benjolan pada permukaan ban? Kalau ada, sebaiknya ganti yang baru kalau tidak ingin ban kendaraan anda pecah dijalan.

Karet ban yang sudah getas atau terlihat pecah-pecah, juga sobekan bisa juga memicu pecah ban, atau setidaknya bisa membuat ban bocor. Ini sulit diperbaiki, sehingga akan lebih baik menggantinya dengan yang baru.

Nah, sekarang sudah tahu kan kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban? Jadi jangan ditunda-tunda!

 

sumber : detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.