News & Event

Jika Pedal Gas Mobil Anda Macet

Ketika Anda hendak mendahului kendaraan yang berada di depan mobil Anda, tiba-tiba pedal gas mobil Anda macet, apa yang perlu dilakukan? Nah pernahkah Anda mengalami kejadian seperti ini, pada saat hendak mendahului kendaraan lain, pedal gas diinjak penuh, tapi saat pedal gas dilepas kembali, pedal gas tidak dapat kembali sesuai dengan kedudukan telapak kaki. Sehingga kendaraan tetap bergerak dengan kecepatan tinggi. Karena gugup terpaksa pedal rem menjadi salah satu alternativ untuk diinjak dengan cepat. Apa yang harus dilakukan jika pedal gas macet dan apa penyebabnya ?

Pada kondisi darurat tersebut, usahakan agar gas kendaraan dapat berhenti. Matikanlah mesin dengan memutar kunci kontak penyalaan dan saat itu pula pijak pedal rem. Gangguan pedal gas yang macet sering terjadi disebabkan oleh kerusakan pada katup gas. Pegas tarik dari pedal gas terlepas sehingga pada saat gas di injak tidak dan ketika dilepas tidak ada lagi daya tarik dari pegas.

Periksalah batang-batang penghubung pada pedal gas dengan karburator serta pegas-pegas yang ada. Kemungkinan terjadi kerusakan atau terdapat karat pada bagian batang-batang atau pegas-pegas tersebut. Caranya terlebih dahulu bukalah kap mesin dan start mesin. Kemudian gerakkan batang-batang penghubung yang ada di dalam mesin.

Jika pegas tarik dari batang-batang tersebut terlepas, kembalikan posisinya pada tempat semula, namun jika hilang atau rusak untuk sementara waktu anda dapat menggantinya dengan karet. Dan yang paling tepat adalah jika Anda segera membawa mobil Anda kebengkel-bengkel terdekat disekitar Anda, karena teknisi bengkel lebih tau dan mengerti mengenai masalah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.