Artikel

Jangan Sampai Salah! Simak Perbedaan Antara Polishing, Waxing, Dan Coating

Sebagai pemilik mobil, kamu tentunya pasti menginginkan mobil yang senantiasa bersih dan mengilap, kan? Untuk dapat melakukannya pun tentu harus ada usaha yang harus dilakukan. Diantaranya terdapat 3 istilah yang sering didengar, yaitu polishing, waxing, dan coating. Eits, Serupa tapi tak sama ya guys. Banyak yang bingung dengan perbedaan ketiga istilah tersebut. Tahukah kamu apa perbedaan diantara ketiga istilah tersebut? Simak penjelasan berikut ini ya!

  1. Polishing

Poles atau polishing jika terjadi baret halus dan bercak jamur yang muncul di permukaan cat mobil. Untuk menghilangkan baret halus dan bercak jamur tersebut salah satu cara mengatasinya adalah dengan melakukan polishing atau poles cat mobil. Polishing adalah proses mengembalikan kilap mobil yang telah kusam menjadi seperti baru lagi.

2. Waxing

Waxing adalah salah satu tahap perawatan bodi mobil yang dilakukan untuk melindungi lapisan clear coat dan mengembalikan kembali kilap cat mobil. Waxing dilakukan dengan mengaplikasikan produk wax ke bodi mobil dengan lap microfiber atau sejenis sponge. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan warna dan kilau cat mobil sehingga tidak menjadi kusam. Cat pada bodi mobil akan dilapisi dengan lapisan tipis wax yang menggunakan bahan sintetis. Dengan demikian, kilau yang kamu dapatkan dari proses waxing pun dapat terjaga dengan lebih lama.

3. Coating

Sedangkan coating yaitu proses memperkuat pelapisan menggunakan bahan/produk pada bagian badan mobil. Nano coating merupakan bahannya yang digunakan ketika proses pelapisan perlindungan cat body mobil. Tujuan dari coating sendiri untuk memberikan perlindungan berupa lapisan yang melindungi cat mobil. Manfaat coating mobil lainnya adalah membuat cat mobil selalu terlihat mengkilap.

Jadi Intinya guys perbedaannya itu adalah :

  • Polishing atau poles itu mengikis lapisan pernis,
  • Waxing menutup celah pernis,
  • Dan coating memperkuat lapisan pernis.
  • Jika dilakukan secara bertahap, maka : polishing sebagai tahap pertama, setelah itu waxing, yang terakhir adalah coating.

Jadi jangan sampai salah lagi ya guys atau kalian keliru untuk melakukan tahapan prosesnya!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *