News & Event

Jangan Biarkan Mobil Anda Kehilangan Pesona Karena Debu

Memiliki mobil sendiri? Atau masih menyewa sama bokap-nyokap? Jangan hanya bisa menggunakan, akan tetapi bersihin juga dong!

Debu pada dasbor dapat mengganggu pemandangan serta menjadi sumber penyakit apa bila terhirup. Jikapun terkadang debu itu tidak tampak disebabkan warna interior mobil sekarang ada yang cokelat susu, krem, beige dan sebagainya, pada saat ‘disapu’ dengan jari atau telapak tangan tetap ketahuan.

Cara membersihkan dasbor tidaklah. Terlebih dahulu persiapkan peralatannya. Sekarang kan teradapat banyak alat serta bahan pembersih dasbor yang harganya cukup murah.

Terlebih dahulu, bersihkan dasbor menggunakan lap chamois atau handuk microfiber. Lap secara menyeluruh hingga ke sudut-sudut. Pastikan debu-debu yang terlihat menempel telah hilang dengan mengusapkan jari.

Sehabis itu, semprotkan vinyl protectant kemudian ratakan dengan handuk microfiber atau kain bersih, terutama pada yang berbahan satin. Vinyl protectant merupakan produk yang melindungi serta mempercantik interior dan eksterior mobil, dengan formula yang mengandung anti UV serta silicone guna melindungi dari sinar UV matahari membuat dasbor menjadi mengkilap. Kamu dapat memilih yang low gloss atau yang high gloss jika ingin dasbor kamu mengkilap betul.

Vinyl protectant bisa digunakan terhadap semua permukaan vinyl, karet, serta kulit pada interior serta eksterior mobil, seperti dasbor, bumper, lis body, karet pintu, jok kulit, hingga ke ban mobil. Fungsinya dalam melindungi dari retak dan kusam akibat pengaruh panas dan sinar UV matahari.

Jika ingin lebih rata dan menyeluruh, terdapat busa aplikator khusus untuk cairan vinyl protectant. Dengan busa ini, cairan vinyl protectant tidak dapat menggumpal atau merembes karena penyemprotan berlebih. Cara menggunakannya ialah dengan mencelupkan busa ke cairan vinyl selama 3 hingga 5 menit sehingga menyerap sempurna, setelah itu usapkan di permukaan dasbor dengan tekanan ringan. Jika selesai, keringkan dengan handuk microfiber.

Lalu bagaimana dengan grill atau ventilasi AC? Pada bagian-bagian ini terdapat peralatan khususnya. Yang paling mudah digunakan ialah sikat dan penyemprot udara bertekanan. Alternatifnya, kamu dapat menggunakan vacuum cleaner yang diset untuk menyembur, bukan menyedot.

Seringkali terdapat endapan debu di ventilasi. Kamu dapat menggunakan cotton bud atau busa yang cukup tipis dalam mengangkat kotorannya, baru gunakan udara bertekanan terhadap debu yang tersisa. Ini wajib untuk mencegah debu pada ventilasi tertiup AC serta terhirup oleh kita. Juga menjaga suara speaker tetap jernih.

Dalam perawatan bagian-bagian kecil seperti ini, terdapat cairan pembersih khusus dalam bentuk aerosol. Cairan seperti ini memiliki formula khusus yang dapat menembus serta mengisi pori-pori bahan hingga menjadikan lebih awet serta terlindungi. Tinggal disemprot saja menuju celah-celah sempit seperti grill serta ventilasi, atau celah diantara konsol dasbor. Umumnya semprotan seperti ini dilengkapi dengan semacam sedotan kecil khusus terhadap celah sempit dan dalam yang sulit dijangkau. Kemudian apabila terdapat debu yang hinggap lagi tinggal di bersihkan menggunakan kemoceng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.