News & Event

Jangan Biarkan Kebocoran Arus Terjadi Pada AKI

Aki kendaraan menjadi habis muatannya jika terdapat kebocoran arus. Hal itu dapat terjadi karena adanya korsleting atau karena sebab-sebab lain sehingga aki seolah-olah tidak dapat dimuati arus. Akibatnya mobil tidak mampu distarter atau lebih parah lagi mogok di perjalanan. Untuk mengetahui adanya kebocoran arus pada aki , Mungkin dapat Anda ketahui dengan cara sbb :

  • Matikan semua tombol-tombol listrik yang ada di mobil ke posisi off demikian juga dengan kunci kontak penyalaan putarlah ke posisi off .

  • Bukalah terminal pada pol aki yang tersambung pada badan mesin. Kemudian sentuhkanlah terminal tersebut pada pol aki tersebut.

  • Amatilah apakah terlihat adanya loncatan-loncatan listrik pada bagian-bagian yang disentuhkan. Jika ya itu berarti menunjukkan terjadinya korsleting pada aki.

  • Segera bawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki.

  • Bersihkan aki dari kotoran agar kerja aki menjadi lancar Aki yang terawat tak hanya membuat mobil Anda lancar namun dapat membantu memperpanjang usia aki. Salah satu cara untuk perawatan aki adalah membersihkannya dari kotoran sehingga kerja aki menjadi lancar. Apa saja yang harus dibersihkan ?

  • Periksalah bagian luar aki, klem aki serta pull aki. Bagian–bagian aki ini harus bersih dari kotoran minyak, debu atau sisa penguapan air aki yang mengandung asam. Kotoran ini bisa menyumbat aliran aki sehingga menyebabkan peralatan listrik mobil tidak bekerja dengan baik.

  • Perhatikan terminal aki yang bertanda + dan – apakah ada sisa oksidasi yang berwarna putih. Kotoran ini dapat mengakibatkan arus aki tidak tersalur sepenuhnya ke starter mobil.

  • Bersihkan terminal aki dengan amplas. Untuk klem aki berilah sedikit vaselin.

(can56)

One thought on “Jangan Biarkan Kebocoran Arus Terjadi Pada AKI

  1. Suharyono berkata:

    ASSALM
    MAS SEKRING SEMUA BAHKAN RILAY SDH DI LEPAS LAMPU TESPEN TETEP NYALA KIRA KIRA DI MANA TRIMAKSIH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.