Artikel

Fungsi Spooring dan Gejala Akibat Mobil Jarang Spooring

Fungsi Spooring dan Gejala Yang Timbul Akibat Jarang Spooring – Berbicara mengenai ban mobil, ban mobil sendiri merupakan salah satu komponen terpenting pada kendaraan, setuju? Bukan hanya penting untuk kenyamanan, ban mobil juga sangat berpengaruh terhadap keamanan berkendara dan juga performa kendaraan itu sendiri.

Performa kendaraan tidak akan prima jika ban mobil yang digunakannya dalam kondisi kurang layak atau sudah aus. Maka dari itu, periksa selalu kondisi ban mobil anda sebelum melakukan perjalanan.

Promo Gratis Spooring

Setelah memeriksa kondisi ban mobil, apa yang anda dapatkan? Apakah ban mobil anda memiliki pattern yang aus secara tidak merata antara ban satu dengan ban mobil lainnya? Jika hal ini terjadi kepada anda, anda bisa melakukan Rotasi Ban Mobil untuk membuat ban mobil anda memiliki keausan yang merata.

Bukan Om James, ban mobil saya memiliki keausan yang tidak merata antara sisi bagian luar dengan sisi bagian dalamnya, itu bagaimana ya om?

Nah, jika pada umumnya ban mobil memiliki keausan yang tidak merata antara ban depan dengan ban belakangnya. Namun, pada beberapa kasus sering juga ditemukan bahwa ban mobil yang digunakan memiliki keausan yang tidak merata antara sisi bagian luar dengan sisi bagian dalam ban mobil nya.

Untuk permasalahan seperti ini, Om James sarankan kalian untuk melakukan spooring secara rutin. Ban mobil yang memiliki keausan tidak merata antara sisi bagian luar dengan bagian dalamnya, biasanya disebabkan oleh service spooring yang jarang sekali dilakukan oleh pemilik kendaraan.

Fungsi Spooring Adalah

Sebenarnya apasih fungsi Spooring itu? Fungsi Spooring sendiri yaitu untuk meluruskan posisi keempat ban mobil atau roda mobil. Meluruskan disini berarti mengembalikan kembali posisi keempat ban mobil keposisi semula atau kembali kepada posisi standardnya.

Hal ini dapat terjadi karena roda mobil atau ban mobil merupakan salah satu komponen yang tidak fix dan dapat dengan sangat mudah berubah berkat penggunaannya sehari-hari. Lalu apa gejala – gejala yang timbul akibat mobil jarang spooring.

Gejala – Gejala Yang Timbul Akibat Mobil Jarang di Spooring

Fungsi Spooring kendaraan Adalah dan gejala yang timbul akibat jarang melakukan spooring

Selain keausan ban mobil yang tidak merata antara sisi luar dengan sisi bagian dalamnya, kurang melakukan spooring juga dapat dirasakan dengan timbulnya beberapa gejala. Gejala – gejala yang timbul akibat mobil kurang melakukan spooring seperti :

  1. Gejala awam yang sering ditemui kepada mobil – mobil yang kurang melakukan spooring yaitu, stir mobil terasa sangat bergetar ketika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi.
  2. Gejala berikutnya yaitu mobil atau kendaraan terasa seperti membuang ke satu arah atau selalu bergerak ke satu arah secara terus menerus. Jika anda ingin mengetahui apakah mobil anda mengalami gejala seperti ini, cobalah untuk mencari jalan lurus yang aman (sepi), kemudian pacu mobil anda dengan kecepatan pelan saja agar aman, dan cobalah lepas stir mobil anda.  Jika mobil anda perlahan berbelok ke arah tertentu, maka itulah salah satu gejala bahwa kendaraan anda membutuhkan spooring.
  3. Gejala yang ketiga yaitu stir mobil berasa sangat berat, berbeda dari biasanya. Kemudian, ketika anda membelokan kemudi, kemudi tersebut tidak mau kembali lurus ke posisi semula.
  4. Nah untuk gejala yang terakhir yaitu gejala yang sudah Om James sebutkan diatas, gejala ini adalah ban mobil yang memiliki keausan tidak merata antara sisi bagian luar dengan sisi baian dalamnya.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Spooring

Fungsi Spooring kendaraan Adalah dan gejala yang timbul akibat jarang melakukan spooring

Sudah paham betapa pentingnya spooring untuk kendaraan anda? Nah, jika sudah paham betapa pentingnya, selanjutnya Om James akan memberikan tips lanjutan mengenai “kapan sih waktu yang tepat untuk spooring kendaraan”

Melakukan spooring merupakan hal yang tidak sulit, anda hanya perlu datang 6 bulan sekali ke bengkel rekanan terdekat, terpercaya dan tentunya menyediakan jasa spooring untuk melakukan spooring.

Ban Mobil GT Champiro BXT Pro

Atau jika dihitung menggunakan jarak, sebaiknya bawa kendaraan anda ke bengkel untuk melakukan spooring setelah menempuh jarak 10.000km.

Segitu dulu tipsdari Om James, semoga dapat membantu .. Jika ada salah kata mohon untuk dikoreksi, dan jika ada pertanyaan bisa tulis saja di kolom komentar, nanti akan Om James jawab. Atau jika ingin menanyakan hal lain seputar otomotif, bisa juga langsung menghubungi customer service kiosban di sini.

2 thoughts on “Fungsi Spooring dan Gejala Akibat Mobil Jarang Spooring

  1. Jusuf berkata:

    Semua yang baca dalam artikel di kiosban ini sangat membantu dan saya jadi mengerti karena dalam mengendarai mobil itu keselamatan paling nomer satu terima kasih kiosban semoga maju terus dalam segala informasi bravo.

    1. Guruh Ediana berkata:

      Terima kasih banyak Bapak. Jangan lupa spooring ya 🙂 Murah ko, kedatangan di hari rabu, kamis dan minggu akan mendapatkan promo spooring 3D hanya 50rb khusus mobil tertentu. Hubungi customer service kiosban sekarang! hehe 0857 – 1111 – 1475

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.