News & Event

Fungsi Shockbreaker Pada Kendaraan

Pada sebuah kendaraan shockbreaker adalah salah satu perangkat vital. Merawatnya dengan baik adalah kunci untuk memberikan kenyamanan bagi si pengendara dan penumpang. Berikut ini, tips yang perlu anda ketahui dalam merawat bagian dari suspensi tersebut.

Sering dilupakan bagi kebanyakan pemilik mobil baru mereka menilai mobil mereka sudah nyaman. Meski dikemudikan melewati berbagai kondisi jalan namun penumpang tetap merasa nyaman. Disadri atau tidak kinerja suspensi ada batasnya, bila tidak dijaga dengan baik. Ini sebabnya, pemilik kendaraan perlu mengetahui kelemahan dan kelebihan shockbreaker .

shockbreaker atau peredam kejut -seperti namanya-. Alat ini terbuat dari bahan logam baja. Penggunaan logam baja sebagai bahan dasar memiliki tujuan agar shockbreaker memiliki daya tahan yang cukup lama. Fungsinya sebagai peredam goncangan sehingga bodi tidak bergoyang berlebihan akibat melewati jalan bergelombang.

Apa bila pengemudi mengenai gundukan atau medan, melintas di jalan berlubang, perangkat ini berperan untuk meredam gerakan saat per keongnya bergerak keatas-bawah. Prinsip kerjanya, shockbreaker menekan pegas melalui minyak sehingga dapat mengembangkan gesekan hydrolic yang diperlukan. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan gerakan suspensi yang berlebihan.

Dua cara peredam kejut menjaga ,ada 2 cara shockbreaker itu bekerja, pertama sebagai kompresi atau gerakan menutup. Dan kedua, rebound atau dikenal dengan istilah gerakan membuka.

Perlu diketahui, shokbreker bekerja pada masing-masing ban Ia membantu pegas  dalam meredam getaran. Semakin sering shockbreaker terkena guncangan dengan beban berlebihan, daya tahannya pun akan semakin berkurang. Akibatnya, shockbreaker mobil menjadi lemah yang mengakibatkan body kendaraan terasa melayang saat melaju. (suk.014)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *