Artikel

Fungsi Penting Filter Udara Mobil, Wajib Tau!

Setiap komponen kendaraan pasti punya fungsi penting. Tidak terkecuali filter udara mobil yang sering disepelekan. Apa saja fungsinya? Yuk simak postingan berikut!

Sebagai Penyaring Kotoran

Keberadaan filter udara bermanfaat menyaring partikel kotoran dan debu masuk ke ruang mesin. Berkat itu, udara yang diisap ke ruang bakar melalui air intake akan selalu bersih. Jika itu terjadi, pembakaran yang terjadi akan optimal sehingga mesin terus berkinerja baik.

Bahaya jika tidak dibersihkan/diganti

Berbagai gangguan pada mobil potensial terjadi. Sebagai contoh, ketika filter udara kotor, pori-pori akan menyempit. Hal ini akan memicu penurunan performa mesin berupa tenaga yang turun. Sebaliknya konsumsi bahan bakar tidak efisien lagi, bahkan cenderung boros. Bukan hanya itu, filter udara yang kotor bisa merusak sensor-sensor di air intake. Kalau itu terjadi pada mesin injeksi, kotoran pada filter udara bisa mengganggu fungsi idle speed control. Sementara itu, pada mesin EFi, air flow sensor dan air intake temperature sensor dapat terganggu. Kalau dibiarkan berlarut-larut, gangguan-gangguan itu bisa memicu masalah yang lebih serius. Bisa-bisa lama-kelamaan biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki mobil rusak akan membengkak.

Cara membersihkan filter udara

Cara membersihkan filter udara mobil cukup dengan disedot penyedot debu atau ditiup dengan udara bertekanan. Sedot atau tiup kotoran yang ada hingga bersih. Namun, pastikan proses itu tidak sampai sampai mendorong kotoran masuk ke dalam filter. Jika sudah bersih, pasang lagi filter udara ke tempatnya. Pastikan pula untuk membersihkan bagian dalam kotak air collector. Jaga jangan sampai ada kotoran yang masuk ke dalam saluran air intake saat dibersihkan. Namun, jika setelah dibersihkan tetap kotor, maka tidak ada jalan lain, filter udara harus sudah diganti dengan yang baru. Hal ini demi menjaga agar kebersihan area mesin supaya kinerja optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *