News & Event

Fungsi Memanaskan Mobil Sebelum Berkendara

Manfaat Memanaskan mesin mobil sebelum melakukan perjalanan

Fungsi memanaskan mobil sebelum berkendara – Sebagian besar pemilik kendaraan beranggapan jika mesin kendaraan yang baru pertama kali di nyalakan harus lah di panaskan terlebih dahulu. Banyak orang yang beranggapan itu benar, mesin mobil masih perlu dipanasin sebelum jalan, Benarkah pernyataan tersebut..??

Benarkah Memanaskan Mobil Sebelum Berkendara Itu Harus ?

Manfaat Memanaskan mesin mobil sebelum melakukan perjalanan

Dasarnya iklim yang terdapat di Indonesia merupakan iklim tropis (panas) walaupun belakangan ini sering terjadi hujan dan kebanjiran, namun tetap saja Indonesia berada di kawasan iklim yang tropis. Sebaiknya kita melakukan kegiatan rutin memanaskan mesin sebelum jalan.

Iklan: Toko Online Otomotif Murah dan Terpercaya hubungi 0821-25555-882

Hal ini dilakukan dengan tujuan memberikan kesempatan pada oli yang masih berada dibawah untuk naik dan melumasi komponen mesin. Walau banyak pabrikan oli mengklaim bahwa oli mereka dapat dengan mudah menjangkau area yang butuh pelumasan dengan cepat tapi biasanya harganya cukup tinggi, Tapi buat anda yang tidak punya cukup uang dan hanya mengandalkan oli harian yang pas dengan ukuran kantong anda, langkah memanaskan mesin sebelum jalan adalah jalan terbaik. Untuk menghindari terjadi keausan mesin. Berikut cara yang pas untuk memanaskan mesin dipagi hari :

  • Periksa kondisi air radiator satu kali semingguNyalakan mesin (mainkan pedal gas 2-3 kali untuk mesin yang masih pake carburetor, atau tarik tuas choke
  • Biarkan mesin anda menyala hingga temperature naik 1/3
  • Saat menunggu temperature naik, anda dapat mengecek kondisi ban sebelum berangkat. Cukup dengan melihatnya dan beri sedikit tendangan pada ban guna memastikan tekanan ban pas.

Jika sudah tercapai suhu yang ideal anda bisa berangkat untuk melanjutkan aktifitas. Perlu dicatat juga mesin yang bekerja pada temperature yang ideal dapat menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan anda.

Baca Juga :

  • Memaksimalkan Fungsi Mobil Anda
  • Mengenal Lebih Rinci Apa Itu VIN (Vehicle Identification Number)
  • Fungsi Odometer Pada Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.