News & Event

Faktor Penyebab Getaran Mesin Terasa Ke Kabin

Getaran pada mobil biasanya akan terjadi ketika mobil hidup, tapi jika getaran pada mesin sudah di rasa hingga ke dalam kabin tentunya hal ini dapat mengganggu kenyamanan ketika berkendara, dan hal ini dapat membuat kepala menjadi pusing karena getarannya menimbulkan suara dengung yang mengganggu. Hal seperti ini umumnya terjadi pada saat putaran mesin rendah dan besar kemungkinan mulai dirasakan pada mobil yang umurnya sudah diatas sepuluh tahun. Mungkin anda termasuk satu dari beberapa pemilik mobil yang merasakan dan mengeluhkan hal ini.

Terjadinya getaran mesin mobil yang terlalu besar hingga dirasakan sampai ke dalam kabin dapat disebabkan beberapa faktor, hal ini akibat :

  • Settingan mesin tidak tepat : Settingan mesin jelas sangat berpengaruh terhadap cara kerja mesin, sebab itu settingan atau setelan mesin mobil, dari mulai timing pengapian, stasioner, katup dilakukan harus secara tepat dan akurat. Sebab jika tidak akurat bisa membuat putaran mesin berjalan tidak stabil yang ditandai dengan naik turunnya jarum RPM sehingga tidak dapat langsam. Jika hal tersebut terjadi otomatis getaran mesin akan di rasa lebih besar.
  • Busi rusak dan suplai bensin tidak lancar : Busi yang sudah rusak dapat mengakibatkan pengapian tidak sempurna ataupun pincang dan suplai bensin yang tidak lancar juga menyebabkan mesin tersendat sendat, akibat dari kedua hal tersebut getaran mesin juga akan jadi lebih besar. 
  • Kampas kopling dan silinder mesin mulai aus : Kampas kopling yang aus menyebabkan penyaluran tenaga mesin tidak maksimal karena terjadi kopling selip. Akibat dari ini getaran pada gear box jadi lebih besar dan membuat getaran mesin yang sangat besar hingga ke dalam kabin. Di samping kopling, silinder atau piston yang mulai aus juga membuat mesin tidak bertenaga dan bergetar akibat piston yang sudah goyang. 
  • Mounting mesin dan bantalannya bermasalah : Hal ini yang paling banyak menyebabkan getaran mesin mobil terasa hingga ke dalam kabin. Karena perannya dalam meredam getaran mesin agar tidak masuk ke kabin sangat besar. Biasanya getaran mesin yang masuk dalam kabin terjadi dikarenakan baut mounting mesin ke sasis kendur atau bantalannya yang terbuat dari karet sudah pecah, sehingga guncangan dari mesin yang menyala tidak terkontrol dan teredam dengan baik.

Jadi, untuk mengatasi masalah getaran mesin yang  di rasakan hingga kekabin, anda harus segera memeriksa bagian bagian yang dapat menjadi penyebabnya, setelah anda tahu apa penyebabnya segera perbaiki atau mengganti komponen yang rusak atau memang sudah saatnya harus diganti. Tune Up mesin mobil dengan teratur juga ampuh untuk menghindari terjadinya getaran mesin yang berlebih akibat kerusakan komponen mesin. Sebagai tambahan dalam meredam bising suara mesin, anda juga bisa menambahkan peredam tambahan terutama mobil yang biasanya terbuat dari bahan aspalt.

(can22)

4 thoughts on “Faktor Penyebab Getaran Mesin Terasa Ke Kabin

  1. Alexs berkata:

    Apa penyebab mobil dina/dotru overhed?mlai radiator smpai yg lain udah di per baiki tpi mesin tetap overhed.tllong di bantu saran dri klian.

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, kalo sudah melakukan banyak pergantian sparepart, kami sarankan untuk mengunjungi bengkel rekanan kami dulu untuk melakukan pengecekan. Karena kita tidak bisa memberikan solusi jika kami tidak melihat kondisi mobilnya.

  2. Nedi m nur berkata:

    Saya sangat terbantu dgn adanya pengetahuan yg di berikan , dan saya ingin menanyakan merek dari kampaa kopling original apa dan saya tunggu balasannya ke email saya nedimnur60@gmail.com.

    1. Guruh Ediana berkata:

      Selamat pagi, boleh di infokan untuk mobil apa ?

      Setelah itu akan kami berikan informasi harga via email 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *