Tips

DIY: Tips Dan Langkah Sederhana Untuk Membersihkan Jok Mobil

Memiliki interior mobil yang senantiasa bersih adalah salah satu kenikmatan tersendiri untuk pemilik mobil. Meskipun kadang kala ruang interior ternodai olah satu dan lain hal, bukan berarti Anda hanya bisa berpasrah begitu saja. Anda tetap bisa memelihara kebersihan interior mobil Anda, semisal dengan membersihkan jok mobil.

Anda belum pernah membersihkan jok mobil? Atau, Anda terbiasa menggunakan jasa pembersih profesional namun ingin belajar tentang cara membersihkan jok mobil? Kalau begitu, Anda membaca artikel yang tepat!

Diartikel yang Kiosban tuliskan ini, akan dijelaskan tentang cara membersihkan jok mobil dengan simple, tanpa harus pergi ke bengkel. Caranya yang mudah dan relatif simple, pasti akan lebih mudah Anda praktikan. Oke, simak artikel ini hingga usai yuk! Selamat menyimak ya!

 

1. Membersihkan Jok Mobil Berbahan Tenun

Seperti yang kita tau, jok mobil banyak sekali jenis bahannya. Salah satunya, jok mobil yang berbahan tenun. Sekilas, membersihkan jok yang memiliki bahan tenun ini terlihat sulit. Namun sebenarnya, Anda bisa membersihkannya dengan cara yang mudah, dengan sedikit meluangkan waktu.

Bila Anda ingin menggunakan teknik sederhana membersihkan jok mobil ala Kiosban, cobalah untuk membuat bahan pembersih secara mandiri. Anda dapat mencampurkan cairan pencuci piring dengan air, di dalam wadah bejana yang sudah Anda siapkan. Setelah cairan pembersih siap, masukan campuran tadi kedalam botol penyemprot. Dan dengan begini, tahap persiapan sudah selesai.

Kemudian, pastikan tidak ada benda yang menghalangi Anda untuk melakukan pembersihan jok mobil. Bila keadaan sudah kondusif, semprotkan cairan ini dari jarak sekira 15-20 cm ke tempat yang ingin Anda bersihkan. Selanjutnya, gosoklah jok dengan sikat berbulu lembut, secara merata. Selesai Anda gosok dengan sikat, bilas lokasi yang Anda bersihkan tadi dengan lap bersih dan air hangat.

Setelah itu, perhatikanlah kembali kondisi jok mobil Anda secara menyeluruh. Bila noda sudah tidak terlihat, segera keringkan jok mobil dengan menggunakan kain berserat mikro yang bisa Anda beli di toko terdekat.

 

2. Membersihkan Jok Mobil Berbahan Vinil

Untuk jok berbahan Vinil, Anda dapat membuat cairan pembersih dari campuran baking soda dengan air. Setelah “pasta” ini jadi, segera balurkan ke bagian jok yang ingin Anda bersihkan. Kemudian sikat dengan sikat berbulu lembut, dan pastikan tidak ada titik yang terlewat.

Kemudian, bilaslah dengan sabun secara lembut dan juga bilas dengan air. Seusai dibilas, lap dengan kain lembut hingga bersih dan kering. Untuk membersihkan jok mobil berbahan vinil, sebaiknya hindari penggunaan bahan yang mengandung minyak. Ini dapat mengeraskan jok mobil, sehingga akan mengurangi kenyamanan Anda di kemudian hari.

 

3. Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kulit

Jok berbahan kulit adalah salah satu jok favorit untuk sebagian orang. Meskipun bahannya agak keras, jok ini cukup mudah untuk dibersihkan. Cairan pembersihnya juga mudah untuk dibuat. Anda cukup mencampurkan sabun batang dengan air hangat.

Campuran bahan pembersih tadi bisa Anda percikan ke bagian jok yang ingin Anda bersihkan. Kemudian sikat, agar noda yang ada bisa Anda lenyapkan. Selesai menggosok, bilaslah dengan air lalu keringkan dengan kain bersih hingga siap untuk Anda duduki.

 

4. Membersihkan Noda Yang Ada Di Jok Mobil

Membersihkan jok memang mudah untuk dilakukan. Namun bila Ada noda yang ada di jok mobil, agaknya Anda harus melakukan beberapa usaha ekstra seperti berikut ini:

a) Bila jok terdapat noda tinta

Jok mobil terdapat noda tinta? Segera siapkan campuran hairspray yang ditambahkan dengan air seperlunya. Bila tidak ada, obat gosok berbasis alkohol juga boleh. Setelah ini siap, semprotkan campuran ke bagian yang ternoda, dan serap cairan ini dengan kainlembab yang bersih.

Lakukan berulang-ulang hingga noda tinta menghilang. Namun patut diperhatikan, Anda harus melakukan hal ini dengan ekstra hati-hati. Lap lah dengan kain lembab yang bersih, agar tinta tidak meluas di jok mobil kesayangan Anda.

b) Bila jok mobil terdapat noda minyak ataupun bekas lemak

Untuk kasus yang seperti ini, Anda harus menyiapkan cairan pengencer cat kedalam bejana yang sudah diberikan air dalam takaran yang sama. Aduk sebentar, lalu celupkan lap katun kedalam bejana kecil tadi dan gosokan kain ke bagian jok mobil yang ternoda.

Langkah selanjutnya adalah, Anda harus menaburkan garam atau cornmeal pada noda tersebut. Membersihkan noda seperti ini memang membutuhkan waktu, sebab setelah langkah tadi dilakukan, jok mobil harus Anda biarkan semalaman. Setelah semalaman, bersihkan bagian tadi dengan penghisap debu ya!

c) Bila Jok mobil terdapat noda kopi

Jok mobil Anda ketumpahan kopi? Langkah ini harus segera Anda lakukan! Lihat sekitar Anda, dan ambilah ar dingin. Serap noda tadi dengan handuk kertas yang ada Kemudian, berikan sedikit percikan larutan pembersih kaca, kemudian diamkanlah jok selama 5 menit. Serap lagi dengan bagian handuk yang masih bersih. Cukup serap dan ulangi ya! Jangan digosok! Tujuannya, agar noda tidak malah semakin meresap ke dalam jok mobil.

d) Bila jok mobil terdapat noda muntah

Memiliki mobil yang terdapat muntahan di dalamnya, pasti tidak akan menyenangkan. Untuk itu, bila ada penumpang yang muntah di dalam kabin, sebisa mungkin harus Anda bersihkan dengan segera.

Bingung melakukan caranya? Mudah saja! Anda harus mencari air dingin, dan encerkan noda tadi dengan air dingin yang Anda temukan. Cuci wilayah yang terkena muntah tadi dengan sabun dan air hangat, kemudian gosoklah wilayah jok yang terkena muntah dengan kain lembut bersih yang sudah dicelupkan ke campuran air dan baking soda.

Lakukanlah cara ini sampai jok mobil kembali bersih dan siap untuk diduduki ya!

e) Bila jok mobil terdapat noda darah

Untuk membersihkan noda darah, jangan sekali-kali menggunakan air panas ataupun sabun. Sebaiknya, gunakanlah lap yang sudah dicelupkan dengan air dingin dan tempelkan kembali sampai noda darah bisa terangkat.

 

5. Menjaga Jok Mobil Tetap Bersih Untuk Kedepannya

Membersihkan jok mobil dengan cara sederhana yang dijelaskan oleh Kiosban memang cukup mudah dan menyenangkan. Meskipun begitu, Anda pasti lebih memilih agar jok mobil tetap bersih untuk kedepannya kan? Untuk itu, lakukanlah tips yang berikut ini!

a) Carilah penutup kursi yang bisa dibongkar pasang untuk mempermudah proses pembersihan.
b) Berikan jok mobil Anda pelapis anti noda semisal Scotchgard fabric dan Upholstery yang ada di toko peralatan rumah tangga.
c) Batasi kegiatan makan dan minum di dalam kabin, dan bersihkan mobil dari sampah seteratur mungkin.
d) Sering melakukan penghisapan debu yang ada di dalam jok mobil dengan mesin penghisap debu.

Oke, itulah tadi tips dan langkah sederhana untuk membersihkan jok mobil yang bisa kami tuliskan. Semoga cara dan teknik yang sudah kami jelaskan tadi dapat membuat Anda terbantu ya! Sampai jumpa lagi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.