Artikel, Review Ban

Dibuat dari Bahan Alami dan Ramah Lingkungan, Inilah Bahan Yang Digunakan Goodyear Untuk Memproduksi Ban Mobil

Goodyear tidak hanya dalam menciptakan produk saja dengan performa yang baik tapi juga mereka peduli terhadap kelestarian lingkungan. Contohnya mereka membuat ban mobil dengan menggunakan potensi bahan baku dari alam. Goodyear didirikan pertama kali oleh Frank A. Seiberling, awal mulanya adalah sebuah pabrik triplek di pinggir sungai Little Cuyahoga di Timur Akron, Ohio, Amerika Serikat. Perusahaan itu dinamakan dengan menghormati Charles Goodyear, yang menemukan proses vulkanisasi karet di tahun 1839. Perusahaan ini memproduksi bantalan telapak kuda, sepeda dan ban pedati, menjual klem untuk kaleng, selang pemadam dan bahkan badam karet poker. Kemudian dari tahun ketahun goodyear semakin berkembang dan berinovasi sehingga masuk ke Indonesia. Mau tau apa saja yang digunakan Goodyear untuk memproduksi Ban Mobil? Check It Out!

A. Dibuat dari Sekam Padi

Sekam padi ini dipergunakan untuk menghasilkan abu pembakaran seperti halnya dilakukan dengan berbasis pasir secara tradisional. Abu silika dari sekam padi membantu memberikan kinerja yang serupa tetapi dengan dampak lingkungan yang lebih kecil karena penggunaan sumber yang terbarukan. Selain ini sekam padi juga dapat membantu mengurangi resistensi perputaran roda, sekaligus meningkatkan daya cengkram pada lintasan yang dilalui. Terutama pada permukaan jlintasan yang basah. Harga bahan dari sekam padi juga relatif lebih murah. Sebab, limbah ini mudah diperoleh.

B. Dari Minyak Kedelai

Hah? Yang benar dari kedelai? Kan biasanya Kedelai untuk bahan pembuatan tempe, tahu, susu, atau kecap? Om James ngak salah kok guys! Minyak kedelai ini dipakai untuk campuran kompon ban. Itulah inovasi yang dilakukan Goodyear dengan klaim untuk mengurangi penggunaan bahan dasar berbasis minyak bumi. Bahan baku alternatif yang dapat diperbaharui untuk itu juga dipakai demi mengurangi efek emisi gas karbon. Minyak kedelai ini dimanfaatkan sebagai senyawa di dalam tapak ban Goodyear Assurance WeatherReady, Eagle Enforcer All Weather, Eagle Exhilarate and Assurance ComfortDrive™. Bahan ini juga Ramah lingkungan sekaligus meningkatkan efisiensi, mengurangi konsumsi energi, serta dapat meningkatkan kelenturan ban, meningkatkan traksi terutama di suhu rendah, hujan dan salju.

Penggunaan minyak kedelai didasarkan pada peningkatan efisiensi pabrik manufaktur, karena bahan tersebut mudah didapatkan secara alami, hemat biaya, mengurangi konsumsi energi, dan yang terutama merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui. Goodyear menyebutkan alternatif pemakaian minyak kedelai mengurangi penggunaan minyak bumi hingga tujuh juta galon setiap tahunnya loh!

C. Bio Isoprenetm

Biosaospaswwod apa tuh om james? Eits jangan ngawur ya guys..yang benar adalah Bio Isoprenetm adalah bahan baku yang biasa dilakukan dari proses petrokimia yang selama ini digunakan produsen ban. Karet sintetis yang dihasilkan dari proses kimia ini merupakan kerjasama atara DuPont Industrial Biosciences dan Goodyear. Tujuannya antara lain untuk menghasilkan karet sintetis berkualitas tanpa harus bergantung pada bahan baku berbasis minyak bumi, sehingga membantu mengurangi jejak karbon Goodyear. Ban Bio Isoprene ini berasal dari bahan mentah yang terbarukan, dan mewakili perkembangan yang signifikan dalam industri biochemical dan karet. Di samping karet sintetis yang dipergunakan untuk produksi ban, isoprene tradisional digunakan untuk memproduksi berbagai macam produk, seperti sarung tangan operasi, bola golf dan bahan perekat.

D. Kembang Dandelion

Dandelion yang lebih sering dianggap sebagai hama ternyata mempunyai getah yang cukup pada akarnya, yang kualitasnya setara dengan getah karet di negara-negara tropis Asia, seperti Indonesia. Getah pada akar dandelion itu mengandung partikel yang biasa digunakan pada ban kendaraan. Dalam sebuah penelitian, satu hektar dandelion bisa menyediakan karet yang jumlahnya setara dengan yang dihasilkan oleh perkebunan pohon karet di Asia. Apa lagi, tanaman dandelion tersebut bisa tumbuh di daerah subtropis seperti Eropa dan Amerika, bahkan pada tanah yang tidak begitu subur. Hal ini tentu saja lebih menguntungkan produsen mobil, karena akan mengurangi biaya impor karet dari wilayah tropis.

Well cukup mengejutkan ya guys bahan-bahan yang digunakan oleh Goodyear untuk memproduksi ban-ban mobil. Semua bahan yang digunakan merupakan bahan alami dan juga ramah lingkungan loh! Jika kamu berminat untuk membeli Ban produksi GoodYear kamu bisa langsung menghubungi Customer Services Kiosban ya!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *