News & Event

Deteksi Kondisi Mesin Dari Warna Asap Kendaraan

Sekarang rata-rata mobil sudah menggunakan mesin dengan siklus kerja empat langkah. Perbadaannya dengan mobil-mobil tipe dua siklus adalah kerja atau dua langkah tidak adanya asap yang keluar dari knalpot.

Apa bila dari knalpot mobil-mobil empat siklus kerja tersebut keluar asap, maka berarti hal tersebut menandakan bahwa ada kelainan yang terjadi pada jeroan mesin mobil anda.

Pada umumnya gangguan yang menyebabkan pengasapan pada knalpot dapat dilihat dari warna asap yang keluar dari knalpot mobil. Jika asap yang dikeluarkan itu berwarna hitam keabuan, maka bisa dipastikan bahwa hal tersebut akibat dari karburator yang banjir.

Kondisi gangguan sepert ini biasa disebabkan oleh salah setting karbu. APabila gejala ini dibiarkan maka akan merembet pada busi. Nah, untuk mengatasinya maslah ini maka atur ulang setelan karburator di bengkel mobil sehingga didapatkan komposisi campuran bahan bakar dan udara yang pas dan efesien.

Sedangkan pada mesin injeksi, coba lakukan pemeriksaan terhadap filter udara yang kemungkinan kotor, atau melakukan penyesuaian pada peranti ECU (electronic control unit) yang bertugas mengatur besaran pembakaran pada mesin. Untuk yang satu ini, tidak semua bengkel bisa melakukan setting ECU. Pilih bengkel yang mempunyai kemampuan khusus untuk menangani setting tersebut untuk hasil yang memuaskan.

Jika asap yang dikeluarkan berwarna putih, hal tersebut diakibatkan oleh masuknya oli ke dalam ruang pembakaran. Keadaan ini bisa disebabkan ausnya ring seher yang berfungsi menahan oli agar tidak masuk ke ruang pembakaran.

Masalah seperti ini harus ditangani dengan cara mengganti ring seher yang bisa kita dapatkan di toko onderdil mobil. Nmun jika kerusakannya lebih parah, maka yang perlu dilakukan adalah mengganti piston dengan ukuran yang lebih besar atau dengan istilah oversize di bengkel bubut yang menangani oversize mesin untuk hasil yang maksimal. (suk.017)

One thought on “Deteksi Kondisi Mesin Dari Warna Asap Kendaraan

  1. indro pranyoto berkata:

    Mau tanya bila oli keluar dari filter udara apa masalahnya pak dan gmn solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.