Artikel

Datsun Cross Resmi Diluncurkan, Ini Dia Spesifikasinya

Datsun Cross resmi diluncurkan, begini spesifikasinya

Datsun Cross Resmi Diluncurkan, Ini Dia Spesifikasinya – Yah mungkin sebagian dari kalain sudah mendengar Datsun akhirnya mengeluarkan produk baru mereka yaitu Datsun Cross yang bukan termaksu LCGC (Low Cost Green Car).

Datsun Cross Mobil Baru dari Datsun

Seperti biasa, sebelum masuk kedalam pembahasan, saya akan membahas sejarah tentang Datsun terlebih dahulu.

Datsun pertama kali diperkenalkan di Jepang dengan nama DAT-Go yang berarti “mobil DAT” pada 1914 silam. Kata Dat di sini bermakna “secepat sambaran petir” atau “secepat kilat” dalam bahasa Jepang.

Meski demikian, nama DAT ini juga sebenarnya adalah singkatan dari tiga orang penyokong usaha itu alias pendirinya yaitu Kenjiro Den, Rokuro Aoyama, dan Meitaro Takeuchi. Nama DAT diambil dari akronim nama keluarga ketiga orang tadi: Den, Aoyama, Takeuchi.

Pada tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, kemudian mengambil alih usaha itu dengan visi “mobilitas untuk semua”.

Rupanya ia ingin agar mobil yang diproduksinya itu dapat dirasakan manfaatnya oleh lebih banyak orang. Seiring dengan visinya tersebut, maka diperkenalkanlah mobil yang berbobot ringan, ekonomis, namun memiliki fleksibilitas yang tinggi.

Perusahan ini dari awal nya pasar itulah kemudian lahir nama “son of DAT” atau anak laki-laki DAT (DAT son) yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal kemudian mewujudkan impian pendirinya.

Lalu semenjak 1980 an Datsun dimatikan oleh Nissan dan lalu dihidupkan kambali pada tahun  2012 untuk mobil murah mereka. Lalu masuk ke Indonesia pada tahun 2013.


Spesifikasi Datsun Cross

Tampilan eksterior Datsun Cross

Ok kita balik lagi ke Datsun Cross. Datsun Cross sendiri pernah di tampilkan Concept nya pada GIIAS 2016 yang dulu bernama Datsun Go Cross Concept, yang tampilan nya sanagat bagus.

Tapi klo kita lihat dari segi Extreior mobil Datsun Cross ini tidak jauh beda dengan versi Concept nya.

Coba kita lihat dulu perbedaan dari Produksi masal nya dan Concept nya.


Tampilan Depan Datsun Cross

Tampilan Depan Datsun Cross

Tampak dari depan mobil ini mobil ini memiliki bagian Foglamp nya sama dengan di versi Concept nya yaitu di bagian deket headlamp nya.

Tapi sayang nya lampu kabut (Fog lamp) dari mobil ini tidak menggunakan Xenon seperti Concept nya, melainkan hanya menggunakan bohlam biasa.

Nah Klo kita perhatikan gril nya sekarang membaik dari pada Datsun go dan go+ panca karna sekarang sudah lebih modern, dan memang hampir gril nya sama seperti Concept nya.


Tampilan Belakang Datsun Cross

Tampilan Belakang Datsun Cross

Mungkin dari kalian besar akan bilang mobil ini tidak mirip dari belakang nya. Malahan Datsun cross ini cendrung seperti Datsun go dan go+ panca yang di beri accersoris yang heboh.

Tapi jika kalian lihat dibagian bemper memiliki kesaman di bagian air hole, dan di bagian itu ada motif motif serat karbon palsu.

Ok mari kita lihat aja bagian samping nya.


Tampilan Samping Datsun Cross

Tampilan eksterior Datsun Cross

Dari samping sama lagi seperti yang tadi saya ucapkan ini hampir tidak sama dengan  Datsun GO+ panca.


Setelah mengetahui dimensi dan juga desain eksterior Datsun Cross, selanjutnya Om James akan menjelaskan sedikit ukuran ban mobil yang digunakan oleh Datsun Cross. Simak ulasan lengkapnya dibawah:

Ukuran Ban Mobil Datsun Cross

ukuran ban mobil yang cocok untuk datsun cross

Seperti yang sudah kita bahas diatas, mobil ini memiliki desain serta bagian – bagian yang sangat berbeda dibandingkan dengan mobil terdahulunya yaitu Datsun GO+ Panca. Dengan perbedaan yang cukup signifikan ini, Datsun pun harus menyesuaikan ukuran body mobilnya dengan ukuran ban mobilnya.

Berbeda dengan Dastun Go+ Panca yang mengaplikasikan ban mobil dengan ukuran ring 13 inci, Datsun Cross ini mengaplikasikan velg yang lebih tinggi yaitu 15 Inci. Dengan begitu, ukuran ban mobil yang membalut velg tersebut pun harus menyesuaikan.

Nah, agar performa dari mobil terbaru Datsun ini keluar secara maksimal, maka Datsun mengaplikasikan ukuran 175/65R15 yang memiliki profile cukup bagus dan juga lebar tapak ban yang tidak terlalu lebar, agar stabilitas mobil menjadi lebih bagus, dan juga mobil bisa dengan mudah dikendalikan.

Berikut ini pilihan ban mobil yang cocok untuk Datsun Cross :

Continental Conti SSR(EU) Sport Contact 5 245/40 R17 91W FR

Rp 4.917.853 Rp 3.835.925
Berat 10 kg
Aspek Rasio

Ring/Diameter

Lebar Ban

GT LT MTR 700-15 6

Rp 1.333.000
Berat 25 kg
Aspek Rasio

Ring/Diameter

Lebar Ban

Setelah mengetahui tipe – tipe dan merk ban mobil yang cocok untuk Datsun Cross, selanjutnya Om James akan memberikan penjelasan singkat mengenai performa dari masing – masing ban mobil tersebut.

Pilihan Ban Mobil Yang Cocok Untuk Datsun Cross lainnya >>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *