News & Event

Cara Memeriksa Minyak Rem Pada Kendaraan

Sebagai mana yang kita ketahui bahwa rem merupakan salah satu faktor penentu dari keselamatan pengendara dan bagi para penumpangnya. Maka dari itu rawatlah rem kendaraan Anda dengan melakukan pemeriksaan terhadap komponen-komponennya. Dan salah satunnya adalah minyak rem.

Kekurangan minyak rem dapat mengakibatkan rem tidak dapat bekerja dengan baik. Penyebabnya bisa saja dikarenakan oleh minyak rem memang sudah waktunya untuk diganti atau terjadi kebocoran. Maka untuk itu Anda perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah jumlah minyak rem pada mobil Anda masih cukup banyak seperti berikut :

  • Untuk melihat jumlah minyak rem dapat dilakukan dengan cara dilihat dengan membuka tutup reservoir dari silinder utama.
  • Pada permukaan minyak di dalam reservoir tersebut harus berada di antara garis-garis batas yang ada pada dinding reservoir.
  • Periksal juga keadaan minyak rem , apakah sudah dalam keadaan yang telah kotor. Caranya : celupkanlah jari Anda ke dalam minyak rem tersebut.
  • Jika ternyata minyak rem sudah berwarna hitam dan terlihat kotor artinya minyak rem sudah harus diganti.
  • Untuk mengganti minyak rem, sebaiknya hubungilah seorang montir atau pergilah ke bengkel. Jangan lupa bersihkan juga pada bagian-bagian dari silinder utama dan silinder roda serta saluran-salurannya agar minyak rem tidak mudah kotor kembali.

Dengan melakukan pemeriksan dan perawatan yang tepat, kinerja rem pada kendaraan Anda akan bekerja dengan lebih baik dengan memperhatikan kondisi dari minyak rem. Sekian sekedar tips dari kami semoga bisa menjadi panduan untuk Anda dalam merawat rem kendaraan Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.