Tips

Cara Memasang Alat Peredam Guncangan Mobil Yang Efisien

Mengendarai mobil yang nyaman adalah dambaan semua orang. Bagaimana dengan Anda? Pasti menginginkan hal yang serupa bukan? Oleh karenanya, Anda harus memberikan perhatian ekstra kepada mobil pribadi kesayangan Anda. Perhatian ini bisa dengan melakukan service, hingga memasangkan Alat Peredam Guncangan Mobil yang mampu membuat mobil tetap terasa nyaman kapanpun juga.

Disebagian mobil, aspek guncangan memang tak begitu terasa. Hal ini wajar. Mengingat, sudah banyak mobil pribadi jaman sekarang yang memiliki suspensi yang kualitasnya sudah tak perlu diragukan. Namun untuk mobil pabrikan Korea semisal Kia, Hyundai dan sebagainya, sistem suspensi mungkin harus diberikan polesan agar guncangan tidak dapat Anda rasakan saat saat berada di perjalanan.

Polesan yang kami maksud sebenarnya sederhana saja. Anda cukup memasangkan Alat Peredam Guncangan Mobil kedalam sistem suspensi Anda. Sepintas memang terdengar sulit, namun dengan niat dan tekad, Anda pasti bisa melakukannya.

Tapi sebelum kita mempelajari cara memasang Alat Peredam Guncangan Mobil yang efisien, sebenarnya apa sih fungsi dari Alat Peredam Guncangan Mobil ini? Bila belum tau, berikut ulasannya:

1. Memaksimalkan Daya Angkut Beban Dari Sebuah Kendaraan Pribadi Yang Dipakai Sehari-Hari

Umumnya, mobil pribadi memiliki standarisasi suspensi yang sudah dibuat sedemikian rupa oleh pabrikannya. Namun pada perjalanannya, tentu kebutuhan pengguna berbeda-beda. Memang, banyak mobil yang sudah memiliki sistem suspensi yang cukup nyaman. Namun bila ternyata kendaraan terasa memiliki kelebihan guncangan? Tentu tak bisa dihiraukan begitu saja bukan?

Hal ini memang cukup wajar terjadi. Terlebih bila sang pemilik kendaraan pribadi memiliki kebiasaan unik, semisal hobi modifikasi. Meskipun mobil hanya membawa penumpang dalam jumlah yang normal, namun bila mobil memiliki box audio berbobot ekstra, tentu faktor daya suspensi mobil juga harus disesuaikan oleh pemiliknya.

2. Meredam Bantingan Sekaligus Memperpanjang Usia Shockbreaker Mobil Kesayangan

Sebuah sistem bila terus menerus dipaksakan diluar ambang batas keandalannya, pasti akan cenderung lebih cepat rusak. Hal ini wajar, dan bisa saja terjadi pada sistem suspensi mobil yang Anda sayangi. Coba perhatikan, bila sistem shockbreaker Anda yang semestinya mampu bertahan antara 2 sampai 3 tahun dalam penggunaan normal tapi ternyata hanya bisa bertahan tak sampai 2 tahunan, pasti ada yang salah dengan sistem suspensi tersebut.

Tak ingin ambil pusing, biasanya orang awam hanya mengangguk saja saat diharuskan mengganti shockbreakernya ketika memperbaiki mobil ke bengkel. Padahal, ketimbang Anda harus boros dalam menggunakan shockbreaker, Anda bisa loh “memperpanjang” usia shockbreaker dengan memasangkan Alat Peredam Guncangan Mobil ke sistem suspensi Anda.

Selain dapat memperpanjang usia shockbreaker, kerasnya bantingan juga bisa Anda redam secara maksimal loh! Bermanfaat sekali kan!

3. Bisa Membantu Mengurangi Resiko yang Tidak Diinginkan Saat Harus Berhadapan Dengan Medan Jalan Yang Memiliki Banyak Tikungan

Tak ada gading yang tak retak. Tak ada pula medan yang hanya lurus-lurus saja. Sesekali, pasti Anda pernah harus menempuh jalanan yang banyak memiliki tikungan. Mulai dari tikungan yang biasa sampai tikungan yang tajam, pasti dapat Anda lewati dengan kondisi mobil yang mumpuni.

Namun pertanyaannya, apakah mobil Anda bisa selamanya diandalkan? Jawabannya, tentu saja tidak! Selain membutuhkan teknik mengemudi yang tepat, kondisi mobil juga harus senantiasa diperhatikan. Untuk melintasi tikungan, tentu amat diperlukan stabilitas yang baik. Oleh karenannya, kondisi shockbreaker juga mesti Anda perhatikan dengan seksama.

Ingin merawat shockbreaker dan menjadikan mobil Anda lebih stabil di jalan yang menikung? Pasangkan saja peredam guncangan ke sistem suspensi Anda. Baik itu SCD Spring Buffer ataupun Hurricane Spring Damper Shockbreaker, keduanya sama baiknya kok!


Kemudian, setelah tadi mengetahui tentang apa saja manfaat yang bisa didapat dari Alat Peredam Guncangan Mobil, kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui tentang cara memasang alat peredam guncangan yang efisien. Ingin tau lebih jelasnya? Simak sampai usai yuk!

1. Perhatikan Kondisi Mobil Dan Spesifikasi Shockbreaker Yang Anda Miliki

Hal Ini penting untuk dilakukan. Mengingat, ukuran dari peredam haruslah sesuai dengan shockbreaker yang Anda miliki. Untuk data spesifikasinya, tercantum di tabel berikut ini ya!


2. Siapkan Peredam Guncangan Yang Anda Sukai, dan alat-alat yang diperlukan


Boleh SCD Spring Buffer ataupun Hurricane Spring Damper Shockbreaker. Yang penting ukurannya sesuai dan cocok untuk dipakaikan ke kendaraan Anda. Lalu, siapkanlah pula air, dongkrak, dan sarung tangan untuk mempermudah Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.


3. Angkat bagian chasis mobil dengan menggunakan bantuan dongkrak

Bagian pengangkatan ini harus dilkakukan secara teliti. Tidak boleh sembarangan, namun cukup sampai mobil sekedar terangkat sedikit saja.


4. Semprot-semprotkan air ke daeeah shockbreaker dan ke Alat Peredam Guncangan Mobil

Ini bertujuan untuk membersihkan area yang disemprotkan, sekaligus menjadi pelumas untuk mempermudah Anda dalam melakukan pemasangan.


5. Pasangkan alat peredam ke shockbreaker secara perlahan

Setelah dibasahi air, pasangkan alat peredam ke shockbreaker secara perlahan. Untuk memudahkan, mulailah dari bagian atas ke bagian bawah. Kemudian, pastikan bahwa pemasangan benar-benar rapih dan pas.


6. Ikat Alat Peredam Guncangan Mobil dengan menggunakan shockbreaker

Ini dilakukan agar Alat Peredam Guncangan Mobil terpasang dengan baik, dan tidak mudah lepas. Kemudian, pastikan pula agar sisa potongan kabel tis tersebut masuk ke dalam lubang alat peredam mobil yang sudah disediakan. Bila sudah dirasa rapih, test drive sudah dapat Anda lakukan.


Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang cara memasang Alat Peredam Guncangan Mobil yang efisien. Terimakasih telah menyimak artikel kami, dan segera hubungi Kiosban bila ingin melakukan pemesanan Alat Peredam Guncangan Mobil ya! Terimakasih banyak, sampai jumpa lagi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *