Artikel

Cara Agar Melewati Tikungan Dengan Aman

Bukan hanya hubungan aja ditikung nih, tapi disetiap perjalanan pasti akan ada juga jalanan menikung. Menikung merupakan salah satu cara skill pengemudi mobil yang harus di upgrade. Karena Jika tidak memahami cara melewatinya dengan aman, maka risiko terjadi kecelakaannya pun akan meningkat. Dalam hal menikung, memang sering menjadi titik rawan kecelakaan. Terlebih lagi jika kondisi jalan licin karena keberadaan air di permukaan jalan. Saat jalan basah, daya cengkeram ban memang bisa berkurang, sehingga kemungkinan selip bisa terjadi. Saat itu, aneka gangguan seperti oversteer maupun understeer akan berpotensi dialami.

Oleh karena itu, pengemudi wajib menguasai teknik melewati tikungan dengan aman. Ingin tahu caranya? Berikut ini langkah-langkah yang bisa diambil.

Turunkan Kecepatan

Inilah prinsip utama dalam melewati tikungan supaya aman. Segera turunkan kecepatan kendaraan ketika hendak menikung. Hal ini penting karena dibutuhkan traksi yang baik agar laju mobil tetap terkendali. Tidak ada batas kecepatan pasti yang diharuskan. Pengemudi hanya perlu menakar kemampuan pengendalian kendaran sendiri. Jika merasa lebih sulit mengendalikan mobil di batas kecepatan tertentu, segera turunkan lajunya. Ini akan mempermudah kontrol kendaraan. Namun, jangan menginjak pedal rem terlalu dalam. Hal ini malah bisa mengurangi traksi kendaraan. Lebih baik untuk mengerem sewajarnya. Bersamaan dengan itu, pengemudi tetap bersiap-siap. Langkah tersebut merupakan antisipasi ketika ada kondisi yang mengharuskan pengemudi menurunkan kecepatan seperti ada kendaraan di depan atau berpapasan dari arah berlawanan. Lalu, setelah kecepatan turun, barulah injak pedal gas ketika mobil hendak keluar dari tikungan. Mobil akan melewati tikungan dengan aman.

Ambilah Ancang-ancang Dengan Baik dan Bijak

Pastikan pula untuk mengambil ancang-ancang dengan baik sebelum melewati tikungan. Jika melihat ada tikungan ke depan, pengemudi hendaknya bersiap diri dengan memposisikan mobil agar siap menikung. Lantas, bagaimana persiapannya? Prinsip out to out bisa dijadikan pegangan dalam membuat ancang-ancang yang benar. Adapun pelaksanaannya ialah dengan memposisikan mobil sedikit ke arah berlawanan dari tikungan. Misalnya jika ingin menikung ke kiri, maka sebelum masuk ke tikungan, mobil harus diposisikan agak ke kanan. Setelah itu, mobil baru bergerak ke arah kiri dengan kecepatan yang diturunkan. Sesudah melewati tikungan, baru kecepatan ditingkatkan. Prinsip serupa bisa diterapkan ketika hendak menikung ke kanan. Hal tersebut akan memastikan mobil berada di posisi yang tepat saat melewati tikungan.

Kendalikan Setir Mobil

Lengkapi semuanya dengan pengendalian setir mobil yang baik. Kontrol setir dengan maksimal. Arahkan mobil agar tetap berada di jalur yang tepat ketika menikung. Seberapa besar putaran setir yang dilakukan sangat tergantung dengan kondisi tikungan. Jadi, tidak ada ukuran yang bisa dijadikan patokan pasti. Pengemudi hanya perlu memperkirakannya seperti saat mengendalikan mobil dalam situasi normal. Jika setir terkendali, maka proses melewati tikungan akan mulus. Keamanan akan diperoleh.

Tingkatkan Kewaspadaan Saat Jalan Basah

Untuk melewati tikungan dengan aman, kewaspadaan tinggi mutlak diperlukan. Namun, saat melewati jalan yang basah, levelnya harus ditingkatkan. Hal ini dikarenakan jalan yang tergenang air rawan memicu aquaplaning. Saat ada air permukaan jalan, ban tidak menapak dengan maksimal. Oleh sebab itu, ban memiliki desain tapak khusus untuk membuang air sehingga permukaan ban bersentuhan dengan jalan. Jika kondisi ban buruk, maka proses tersebut tidak terjadi. Aquaplaning bisa terjadi. Terlebih lagi di tikungan yang basah. Maka dari itu, kewaspadaan perlu ditingkatkan di kondisi jalanan yang tergenang air. Itulah aneka kiat untuk melewati tikungan dengan aman. Pengemudi harus menerapkannya setiap kali menikung. Namun, perhatikan juga kondisi ban agar keamanan kian bertambah. Kondisi ban yang buruk seperti gundul dan sobek akan mengurangi kemampuan ban menapak di jalan. Traksi yang penting untuk melewati tikungan dengan aman tidak akan didapatkan. Oleh sebab itu, ganti ban dengan ban baru jika sudah menipis. Keamanan berkendara bakal bertambah, termasuk ketika melewati tikungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *