News & Event

Cakram mobil balap bukan untuk Mobil Harian

 

 

 

 

Sering kali para modifikator mobil, melakukan modifikasi pada mobilnya sedemikan rupa, untuk mendapatkan hasil yang bagus. Mulai dari velg, body, mesin mobil, warna mobil, serta khusus pada aksesoris mobil. Pada bagian aksesoris mobil, khususnya pemasangan rem cakram. Para modifikator mobil memasang cakram tersebut bertujuan untuk membuat mobil lebih cepat berhenti saat mobil dipacu denga nkecepatan yang tinggi.. selain  itu juga penampilan cakram balap tersebut mempunyai nilai plus pada penampilannya. Sehingga kebanyakan para modifikator sering menjadikan cakram balap mobilnya.

Memang banyak jenis-jenis velg cakram balap yang sering dipakai pada mobil sehari-hari. Dari sekian banyak jenis cakram tersebut, maka didapat cakram balap bernama Drilled Rotors. Untuk sedar info maka ada hal yang harus kita ketahui yaitu Fakta yang Penting Mengenai Drilled Rotors. Drilled Rotors didesain dan hanya untuk dipergunakan pada mobil-mobil balap, karena membutuhkan pendinginan extra saat mobil direm dikecepatan tinggi sehingga menimbulkan gesekan yang menghasilkan panas berlebih diarea rem, untuk mengantisipasi panas berlebih maka dibuatlah lubang-lubang yang bertujuan untuk melepaskan panas akibat gesekan tersebut.

Lubang-lubang pada rotor dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan microfracture (mengakibatkan retak) pada rotor, Pada mobil-mobil balap hal ini jelas bukan masalah karena rotor akan diganti setelah balapan selesai, jadi pemakaiannya singkat,. bukan untuk dipakai harian seperti halnya mobil-mobil produksi masal dan jenis mobil itu lah yan kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Sebaliknya Bila drilled rotors digunakan pada mobil harian maka rotor dapat retak dan jelas akan membahayakan keselamatan Anda.

Banyak supplier part racing menjual kepada para modifikator mobil yang akan membeli drilled rotors tanpa memberikan informasi penting ini. Bagi Anda yang sudah memasang drilled rotors atau cakram yang berventilasi, sebaiknya rajin memeriksakan kondisi cakramnya secara rutin, bila terlihat ada retak, maka segera anda harus menggantinya sebelum membahayakan kesematan anda.

Jadi Untuk para modifikator mobil yang ingin memasang drilled rotors di mobil hariannya, mak sebaiknya anda  berpikir dua kali. Sebab bila mengabaikan apa yang telah menjadi penjelasan tadi, maka bukan keindahan mobil yang didapat melainkan bahaya yang didapat. (ryo24)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *