News & Event

Bersihkan Ruang Mesin, Lindungi Komponen Kelistrikan

Mencuci mesin mobil selain dengan engine degreaser, mencuci ruang mesin pakai sabun colek (atau bahan deterjen lainnya) dan air adalah hal yang sah-sah saja bagi mesin. Akan tetapi hanya dengan catatan air jangan diguyurkan dan jangan disemprot. Cukup dengan hanya mengusap atau langsung menyikat perlahan bagian di dalam kompartemen mesin yang hendak dibersihkan saja.

Apabila menggunakan air dan detergen untuk membersihkan mesin, maka tutup semua sumber kelistrikan seperti tempat sekering, busi ataupun modul-modul elektronik dengan menggunakan plastik ataupun karet. Hal ini ditujukan untuk menghindari kemungkinan kerusakan atau hubungan arus pendek pada komponen elektronik.

Alat-alat yang digunakan untuk membersihkan mesin mobil usahakan yang masih ‘fresh’. Paling tidak bukan bekas pakai membersihkan komponen lain. Kontaminasi antar bahan, potensial meninggalkan noda yang sulit dihilangkan pada mesin.

Penggunaan cairan engine degreaser berbahan dasar solvent dan acid, hanya untuk beberapa bagian mesin yang berbahan metal, bukan untuk yang plastik atau pun karet sebab jika digunakan untuk bahan ini dikhawatirkan akan merusak pada komponen tersebut.

Permukaan yang berbahan logam tidak perlu lama-lama untuk dipoles. Cukup hanya sekali saja, sebab noda cairan pembersih yang tertinggal bisa jadi kusam karena kontaminasi cairan atau dalam waktu yang lama. Nah demikianlah beberapa tips, semoga bisa membantu dalam membersihkan mesin mobil Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.