Artikel, Info Otomotif, Review Ban

Apakah Aman untuk Memakai Ban Produksi Tahun lama? Apa Kelebihannya?

Banyak yang beranggapan bahwa tahun ban adalah elemen penting untuk dipertimbangkan dalam memilih ketika membeli ban, banyak orang yang menganggap bahwa ban memiliki masa kedaluwarsa seperti makanan. Benarkah? Jawabannya tentu tidak benar, ban tidak memiliki masa kadaluarsa. Ban itu bukan seperti makanan yang memiliki masa kadaluarsa. Akan tetapi ban itu seberapa besar mereka deformasi, atau berubah dari struktur kimia karetnya, kompon, sama daya cengkeram bannya, dan kepadatan ban tersebut.

Berbeda tahun ban bukan berarti berbeda kualitas. Setelah membaca artikel ini, kamu ngak perlu lagi khawatir untuk membeli ban yang produksinya di tahun yang sebelumnya. Om james akan memberikan sedikit edukasi mengenai ban dengan produksi ditahun yang lama. Mari kita simak penjelasan berikut ini :

Acapkali pengguna mobil menginginkan tahun produksi ban yang sama dengan tahun mereka membelinya. Sebenarnya, tahun ban pada pada kode produksi ban tidak perlu dipermasalahkan karena kualitasnya tentu sama. Tahun ban pada kode produksi ban digunakan sebagai tanda untuk kepentingan internal perusahaan dan juga untuk informasi konsumen. Kepentingan internal perusahaan seperti quality control dan informasi konsumen untuk mengetahui kapan masa garansi habis.

Menurut Manager Proving Ground Bridgestone Zulpata Zainal, kode produksi tersebut tidak ada kaitanya dengan kedaluwarsa ban. Hal itu hanya berfungsi sebagai tanda produksi untuk kepentingan internal perusahaan. Perlu diketahui bahwa kode produksi ban adalah syarat untuk lulus SNI. Kode ini mempermudah perusahaan atau pihak yang berkepentingan dalam mengecek ban. Biasanya, garansi produk berakhir 5 tahun setelah masa produksi ban. Sebagai contoh, pada kode produksi ban tertera angka 3620. Berarti, ban tersebut diproduksi pada Minggu ke-36 pada tahun 2020. Masa garansi ban akan berakhir pada Minggu ke-36 tahun 2025. Tahun tersebut bukan berarti tahun kadaluarsa ban. Meski masa berlaku garansi ban sudah habis, tapi ban masih layak pakai, hal tersebut tidak akan menjadi masalah.

Kondisi baik atau buruk ban tergantung dengan pemakaian. Apakah sering digunakan pada jalanan berlubang, berlumpur atau tidak. Selama ban itu masih baik dalam hal kondisi, maka tidak masalah meski masa jaminanya habis. Tidak ada masa kedaluwarsa pada ban, tapi bukan berarti bisa digunakan selamanya, ban juga bisa rusak seiring penggunaan dan minimnya perawatan.

Jadi, Apa yang membedakan? Yang membedakan adalah jika produksi ban sudah lebih dari 6 tahun terhitung pada tahun saat membeli ban. Ketika produksi ban sudah lebih dari 6 tahun, maka karet pada ban menjadi keras.

Jadi Kesimpulannya adalah :

  • Ban baru produksi tahun sebelumnya masih aman untuk digunakan,
  • Jika ingin membeli ban produksi tahun lama sebaiknya
    terhitung dari 6 tahun pada tahun sekarang.
  • Ban baru produksi tahun sebelumnya kualitasnya masih sama.
  • Selama kondisi ban baik karena penyimpanan di toko atau di gudang, tidak ada masalah dengan kualitas ban.
  • Yang penting ban tidak pernah terkena air hujan dan tidak terkena suhu panas atau kena sinar matahari, masih aman untuk dipakai

Sekarang, kamu sudah tahu kan apakah aman untuk memakai ban produksi tahun sebelumnya? Berbeda tahun tapi masih dengan kualitas yang sama ya gan. Jadi, Agan ngak perlu khawatir lagi untuk membeli ban dengan tahun yang sebelumnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *