News & Event

Beberapa Hal yang Meyebabkan Velg Menjadi Cepat Rusak

Banayak hal yang menyabakan velg  menjadi cepat rusak, biasanya penyebab kerusakan itu dikarenakan kurangnya tekanan angin  pada ban. Kurangnya takanan angin selagi menahan berat kendaraan dan penumpang membuat ban menjadi bleber ke samping sehingga ban jadi lebih mudah pecah.  Selain itu, velg juga dapat rusak jika melindas gundukan, lubang atau obyek keras lain di jalan. Benturan pada batu atau karena velg yang memang sudah berkarat juga menjadi salah satu penyebabnya.

Tekanan angin yang pas adalah sesuai dengan yang ditetapkan oleh pabrikan. Menjadi salah satu faktor yang bisa membuat ban dan velg menjadi lebih awet umurnya. Misalnya jika ban dipasang pada velg yang ukurannya satu atau dua kali lebih besar dari velg standar ban itu, maka akan membuat kerja dinding ban menjadi lebih berat. Hal ini tentu membuat sudut dinding ban menjadi menyempit dan mudah retak dan pecah atau benjol.

Jika kendaraan pernah terguling dan terjadi benturan keras pada velg, biasanya sisi luar velg akan berubah bentuk. Dari kondisi seperti itu, velg akan sulit dibalans dan jika diputar akan terlihat meliuk-liuk. Sedangkan untuk velg yang sudah lama digunakan biasanya akan menjadi berkarat dan berlubang. Jika lubang-lubang tersebut diperbaiki dengan cara dilas maka akan berubah bentuk. Sisi dekat bagian baut roda tidak bisa rata lagi.

Apabila velg telah mengalami kerusakan, biasanya pemilik cenderung untuk mengganti velg mobilnya dengan velg yang baru atau juga velg bekas yang masih layak pakai. Namun jika budget terbatas, mau tidak mau harus mengakalinya dengan cara mencari tempat perbaikan velg. Untuk mencari tempat perbaikan velg juga tidak terlalu sulit, sebab hampir disetiap toko yang menjual velg biasanya menyediakan jasa perbaikan velg.

Cara perbaikan velg juga tidak terlalu sulit sebab sekarang sudah banyak alat pres velg. Jadi untuk velg yang bermasalah, sebelum masuk mesin pres akan dilihat terlebih dahulu kondisi kerusakannya. Waktu perbaikan juga bisa dibilang tidak terlalu lama, namun itu juga tergantung dari kondisi dari velg tersebut. Untuk kondisi yang tidak terlalu parah, waktu yang dibutuhkan hanya 2-3 hari, namun jika kondisi velg tersebut sudah parah, seperti palangnya patah,  waktunya bisa lebih lama lagi kira-kira sebulan.

Untuk ongkos perbaikan biasanya mulai dari 150 ribu, tapi itu juaga tergantung dari kondisi velgnya. Stelah velg diperbaiki, biasanya ada juga konsumen yang meminta agar velgnya dicat kembali biar terlihat seperti baru lagi. Biasanya untuk perbaikan velg minor atau non penyok atau patah dan pengecatan, untuk velg R15 dihargai 550 ribu, R16 dihargai 600 ribu dan R17 dihargai 650 ribu.

Nah, bagi Anda yang mempunyai velg yang sudah agak rusak, namun masih bisa diperbaiki, Anda bisa mendatangi tempat-tempat perbaikan velg. Sebab siapa tau velg-velg yang tadinya bermasalah bisa diperbaiki dan juga dipergunakan lagi. (suk.040)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.