News & Event

Bahaya Banjir Dapat Merusak Mesin Kendaraan

Mesin mobil bisa saja tiba-tiba mati mendadak dan tidak mau di-starter lagi ketika melintasi genangan air atau banjir, hal ini bisa disebabkan oleh percikan air. Sebab percikan air tersebut nantinya akan menyebabkan hubungan pendek antar kabel kelistrikan menjadi terhambat.

Seringkali dalam perjalanan kendaraan tiba-tiba mati atau mogok. Bahkan terkadang bisa juga air merembes ke kepala busi sehingga daya hantar listrik menjadi berkurang. Percikan air dari kolong bawah saat kendaraan melaju cepat di jalanan saat banjir bisa jadi salah satu penyebabnya.

Dan untuk itulah kali ini kiosban.com ingin berbagi tips untuk Anda bagai mana cara mengatasi hal tersebut seperti yang terangkum di bawah ini. Berikut adalah cara mengatasinya :

  • Pertama, lepaskan tutup distributor, tandai setiap kabel ke busi sesuai nomor silinder supaya mempermudah dan tidak terjadi kekeliruan saat waktu pemasangannya lagi.
  • Kedua bukalah tutup distributor, kendurkan sekrupnya dengan obeng kembang. Copot rotor yang menonjol keluar dari badan distributor. Bersihkan terminal-terminal pada tutup dengan lap, sensor sinyal dan rotor. Bersihkan pula lubang-lubang terminal kabel busi dan distributor dengan kain lap yang bersih.
  • Ketiga, terminal pada kabel busi yang ke busi juga perlu untuk dibersihkan dan dikeringkan caranya sama saja dengan cara membersihkan distributor.
  • Keempat, kabel kepala distributor dan kabel busi boleh untuk Anda jemur beberapa saat sampai kering, sebelum Anda memasangnya kembali. Pada saat dipasang, rotor harus masuk ke poros distributor dengan baik dan benar.
  • Kelima pasang tutup distributor, beserta kabel busi sesuai dengan tempatnya masing-masing atau berdasarkan tanda yang diberikan tadi.
  • Dan yang terakhir sebelum sekrup tutup distributor dikencangkan, ujilah dengan men-starter mesin untuk menentukan bahwa gangguan telah berhasil Anda atasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.