News & Event

Atasi Masalah Alarm Mobil Bunyi Terus

Mungkin Anda pernah menemukan ketika mobil sedang berada di area parkiran baik mall atau pun perkantoran, alarmnya terus berbunyi. Pemiliknya tentu tidak menyadari jika alarm mobilnya sedang menyala. Akibatnya tentu sja aki bisa tekor sebab alarm yang terus menyala akan memakan listrik yang banyak.

Alarm yang terus menyala, padahal tidak ada seseorang pun yang sedang berusaha mencongkel mobilnya, biasanya pada kasus seperti ini bisa terjadi karena menggunakan sensor getar alarm. Sensor getar ini berguna untuk membunyikan alarm ketika ada getaran di dekat mobil.

Merupakan salah satu kekurangannya, ada sensor getar yang disetting sangat sensitif dan akibatnya ada getaran seperti motor lewat atau suara petir akan memicu berbunyinya alarm. Hal ini tergantung pada kepekaan sensor getar yang menangkap getaran dengan frekuensi rendah.

Biasanya modul remote mobil yang dilengkapi sensor getar, memiliki bagian untuk mengatur kepekaan sensor, baik terpisah atau ada di bagian dalam modul remote. Namun ada juga masalah setelan kepekaan sensor getar ini sudah di level minimal, hanya kepekaan tidak berubah.

Untuk itu ada baiknya dicek terlebih dulu model remote tersebut, apabila ternyata sudah berada di level minimal namun kepekaan tidak berkurang, ada beberapa solusi untuk mengatasinya :

  • Ganti modul remote baru, tapi nomor part-nya harus sama. Hal ini dimaksudkan supaya tidak mengubah jalur kabel alarm.
  • Ganti modul remote yang banyak dijual di tempat variasi mobil. Namun solusi ini harus melakukan perubahan jalur kabel mobil.
  • Dan yang terakhir , cara yang paling banyak diambil adalah menon-aktifkan sensor getar, sedangkan fungsi alarm tetap bekerja. Selamat Mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.